Ticker

6/recent/ticker-posts

Pemkab OKU Selatan

Pemkab OKU Selatan
Pemkab OKU Selatan

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab. Ciamis Gelar Pangan Murah


Kabupaten Ciamis,NUANSA POST

Upaya Pemerintah Kabupaten Ciamis dalam mengendalikan inflasi daerah saat bulan Ramadhan, melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Ciamis menggelar Pangan Murah menjelang Idul Fitri 1444 Hijriyah di halaman kantor DPKP Kabupaten Ciamis. Rabu, 12/04/23.

Gelar Pangan Murah tersebut dilakukan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis atas fasilitasinya dari Pemprov Jabar khususnya Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat.

Selain dari pada itu, DPKP Kab. Ciamis juga berkolaborasi bersama Dinas Peternakan dan Perikanan Kab. Ciamis dan pelaku usaha komoditi sektor pertanian, peternakan dan perikanan dan Bulog Ciamis.

Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis Slamet Budi Wibowo dalam sambutannya mengatakan, “Pada kesempatan yang berbahagia ini, terlebih dahulu saya menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat khususnya Dinas Ketahan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat yang telah memfasilitasi terselenggaranya kegiatan Gelar Pangan Murah di Kabupaten Ciamis.” Ucapnya.

Selanjutnya, Budi juga menginformasikan dalam kegiatan Gelar Pangan Murah tersebut pihaknya mengikutsertakan 11 pelaku usaha dari berbagai komiditi dan pelaku UMKM dengan berbagai macam kebutuhan pokok.“Yang dijajakan dalam kegiatan ini beraneka ragam mulai dari sayur mayur, beras SPHP, telur ayam, daging ayam, minyak goreng, terigu, gula pasir, daging sapi beku, Produk UMKM dan berbagai macam olahan kue-kue lebaran.” bebernya.

Budi menjelaskan, tujuan diadakannya Gelar Pangan Murah tersebut bahwa sesuai dengan arahan presiden bahwa dalam menyikapi kondisi inflasi saat ini perlu adanya sinergi dalam pengendalian inflasi baik dari sisi suplai dan distribusi guna mendukung stabilisasi harga dan menjaga ketahanan pangan.

“Tujuan dari kegiatan Gelar Pangan Murah ini yaitu menyediakan bahan pangan pokok dengan harga yang wajar dan berkualitas, memfasilitasi penyediaan dan penyaluran komoditas pangan dari pemasok/produsen/ pelaku usaha/ petani serta mengurangi dampak kenaikan harga pangan di Bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H.” Jelasnya.

“Naiknya harga berbagai kebutuhan pokok di pasaran, diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat meringankan masyarakat khususnya di Kabupaten Ciamis, sehingga kemudian akan terkendalinya inflasi,” Tambah Budi.

Lebih lanjut, Budi memaparkan dari berbagai stand yang diikutsertakan terdapat sejumlah komoditas dengan harga subsidi dibawah harga pasar seperti telur ayam dijual dengan harga Rp 26 ribu per Kg, kemudian minyak goreng seharga Rp 28 ribu per 2 liter atau Rp 17,5 ribu per 1 liter, terigu Rp 11 ribu per Kg, gula pasir Rp 13,5 per Kg, daging sapi beku Rp 90 ribu per Kg dan berbagai jenis sayur mayur dengan harga serba Rp 5 ribu. Terangnya.

“Dikarenakan Gelar Pangan Murah ini diselenggarakan hanya 1 hari, alhamdulillah antusias warga cukup banyak. Seperti yang kita ketahui pada pagi tadi sejumlah warga sudah menunggu untuk mendapatkan kebutuhan pokok yang murah ini, hingga siang hari pun sejumlah warga terus berdatangan”. pungkasnya.(HENDRA NOOR/PROKOPIM)****

 

 

Posting Komentar

0 Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA