Ticker

6/recent/ticker-posts

Pemkab OKU Selatan

Pemkab OKU Selatan
Pemkab OKU Selatan

Uji Publik Rancangan Penataan Dapil dan Alokasi Kursi DPRD Kabupaten Labuhanbatu Selatan


Labusel, Nuansa Post.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Labuhanbatu Selatan melaksanakan Tahapan Uji Publik "Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kabupaten Labuhanbatu Selatan " yang digelar di aula Hotel Grand Suma Lt 4 Blok Songo kecamatan Kotapinang pada Rabu pukul 14.00 WIB (14/12/2022)

Acara Uji Publik tersebut di hadiri oleh empat komisioner KPU Labusel yakni Iwan Dana, Eben ezer serta Novrizal Harahap dan di ketuai Plh Saipul Bahri Harahap minus ketua Efendi Pasaribu yang menurut keterangan lagi mengikuti rapat di Jakarta.

Para peserta uji publik tampak dari berbagai kalangan seperti Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Bawaslu, OKP, Ormas, pemantau pemilu dan awak media.

Dalam sambutannya Plh Saipul Bahri mengatakan kegiatan ini bagian dari tahapan menuju pemilu tahun 2024, yakni KPU bisa menyajikan data yang bisa diakses publik termasuk uji publik hari ini untuk mendapatkan tanggapan dan masukan dari peserta" ujarnya.

Lebih lanjut saipul Bahri menjelaskan penataan rancangan penataan dapil dan alokasi kursi DPRD akan di sampaikan ke KPU RI dimana termasuk tanggapan dan masukan yang telah di sampaikan oleh peserta kepada kami dalam uji publik ini.

"Dalam rancangan ini jumlah kursi di dapil ada yang bertambah dan ada yang berkurang tetapi untuk jumlah kursi DPRD Labuhanbatu Selatan tetap 35 kursi yang di bagi beberapa dapil " ungkapnya

Sementara itu Divisi teknis penyelenggara pemilu Eben Ezer menambahkan uji publik ini menawarkan 2 opsi rancangan kepada peserta,

Rancanagan pertama dapilnya sama dengan tahun 2019 yaitu 5 dapil dengan alokasi jumlah kursi yang berubah karena pertambahan penduduk dapil seperti kecamatan Kampung Rakyat.

Rancangan kedua penambahan dapil yakni 6 dapil, akibat pergeseran dua kecamatan yang dulunya digabung sekarang di pisah.

Ben Ezer menjelaskan 2 rancangan tersebut harus memenuhi 7 prinsip penataan dapil yakni kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem pemilu, proporsionalitas, integralitas wilayah, berada dalam cakupan wilayah yang sama, kohesivitas dan berkesinambungan" tandasnya. (Haris Hrp )

Posting Komentar

0 Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA