Ticker

6/recent/ticker-posts

Pemkab OKU Selatan

Pemkab OKU Selatan
Pemkab OKU Selatan

Program Bermasa Bupati Bengkalis, Pemdes Sungai Cingam Melaui Bumdes Adakan Festival Pantai Ketapang Beach

Rupat, NUANSAPOST.

Berbagai kegiatan di Pantai Ketapang Beach Desa Sungai Cingam, melalui pengelolaan BUMdes Cingam Jaya untuk Pemberdayaan masyarakat Program Bermasa Bupati Bengkalis, Kasmarni, S.Sos,M.MP dan Bagus Santoso tahun 2022, bidang olah raga seni Budaya Pemerintah Desa Sungai Cingam Kec. Rupat melaksanakan Festival Jong layar, Voly Pantai dan Gasing Sebagai Seni Budaya se-Riau, Tournament berlangsung selama ±5 hari, dibuka secara resmi oleh Kadis Parbudpora Kab. Bengkalis,” Edi Sakura, S.Pd,M.Pd,Senin (26/12)pkl 10:15 wib.

Berbagai kegiatan pada hari permulaan itu,seperti tarian tarian bernuasa melayu serta hiburan lainnya diadakan pada pembukaan Festival Jong Layar, Voly Pantai dan Gasing yang sebelumnya diadakan pendaftaran melalui langsung dan juga brosur sebagai promosi.

Tampak hadir dari berbagai unsur, sebagaimana kata pembukaan oleh Kepala Desa Sungai Cingam “Jamil,S.Pd.I dalam kata sambutannya, syukur Kepada Allah swt, (Tuhan Yang Maha Esa) dan solawat serta salam kepada Nabi Besar Muhammad SAW, semoga dihari kemudian kita mendapat safaatnya, Aamiin, yang terhormat “Ibu Bupati Bengkalis yang diwakili Bapak Kadis Parbudpora “Edi Sakura, S.Pd,M.Pd” dan rombongan, Lembaga Adat Melayu Sei. Cingam dan Anggota, Camat Rupat yang diwakili Sekcam” M.Zaki Nasrul Haq, S.STP, Camat Rupat Utara, Kapolsek Rupat dan Anggota, Dan Ramil O4 Rupat dan Anggota, para Rekan Kades yang hadir, ibu TP PKK Sei. Cingam dan anggota, Ketua BPD dan Anggota, Kadus, RT/RW, dan seluruh Lembaga yang hadir dan tak lupa bapak ibu pendamping Desa yang hadir, Panitia yang terlibat dalam kegiatan ini hingga pagi ini, sebut Kades.

Kami ucapkan terimakasih kehadiran langsung Bapak Kadisparbudpora “Edi Sakura” ke pantai Ketapang ini, inilah Pantai kami pak, kata Jamil selaku Kades.

Terkait kegiatan yang kami buat saat ini kami laksanakan dari anggaran Dana Bermasa. Kami mengucapkan ribuan terimakasih kepada Bupati Bengkalis ” Ibu Kasmarni”atas diluncurkannya Dana anggaran satu Desa 1miliar, satu Kelurahan 1miliar, dan satu Kecamatan 1miliar, saya selaku Pemdes Sungai Cingam, seluruh masyarakat Desa kami terbantu adanya program ini kami bisa melaksanakan berbagai kegiatan, baik fisik maupun pemberdayaan masyarakat. Beri aplus kepada ibu Bupati Bengkalis, ucap Kades Jamil, S.Pd.I.

Lanjut Kades Jamil, dengan keadaan Pantai Ketapang, kami disini selalu bersinergi pada program Ibu Bupati ini bagaimana di Pulau Rupat ini biar terkenal, jadi hari ini “PERMULA”, mudah-mudahan tahun depan bisa lebih meriah lagi.  Yang kami harap untuk tahun depan Ibu Bupati langsung yang akan meresmikan di sini, harapnya.

Dengan banyaknya kekurangan kami ucap Kades,dan kami banyak usulan untuk kami sampaikan, hari ini selamat datang pak Dewan Provinsi “Misliadi”, terkait batu pemecah gelombang di Pantai Ketapang ini, perlu kami sampaikan kepada Bupati, kami risau juga apakah kegiatan kami buat ini bisa dilaksanakan atau tidak? Alhamdulillah bisa, sebap air pasang mulai mengecil.

Lanjutnya, batu gelombang yang sangat kami harapkan, dan akses jalan ke Pantai ini masih keadaan tanah, cuma minta bangunan 1,5 Km saja pak “Dewan” sapa nya ke salah anggota DPRD Provinsi yang baru sampai ke ruang tamu undangan itu.

Pantai Ketapang ini aset Rupat, kami Di desa bersinergi bagaimana Desa kami dipandang Desa-Desa lain biar dikenal diseluruh wisatawan manapun berada, sebut Jamil, S.Pd.I.

Kata sambutan Camat Rupat diwakili M.Zaki Nasrul Haq, S.STP, Salam Bermasa, mantap3X sambut peserta hadirin dengan semangat. Dengan mengutamakan kata kehormatan Segala Puji kepada Allah SWT, Nabi besar kita Muhammad SAW, kita ketahui bersama Kecamatan Rupat merupakan satu wilayah kawasan strategis kawasan wisata Nasional yaitu Kec. Rupat Kab. Bengkalis, Namun hingga kini belum ada anggaran turun dari daerah Provinsi ataupun pusat, kami mohon pak kades bahwa ada surga di Kec. Rupat di Pantai Ketapang, marilah sama- sama kita kelola, bukan Rupat Utara saja, terang M. Zaki mewakili Camat Rupat itu.

Lanjut M. Zaki, kami mohon dana bermasa di Canangkan ibu Bupati Kasmarni Kab. Bengkalis, 1M satu Desa, Satu Kelurahan, dan satu Kecamatan, kami dari Kecamatan, dari pihak Desa sungai Cingam khususnya sudah ke lapangan kolaborasi, insya Allah tahun depan bisa kita anggarkan untuk Festival, untuk lebih meriah lagi, kita dari Pemerintah berusaha memperluas lapangan Ketapang Beach ini, adakah lapangannya ? “Tutur Pak Camat yang diwakili oleh M. Zaki”

Selanjutnya sambutan Kadisparbudpora “Edi Sakura, S.Pd. M.Pd, Apresiasi kami berikan kepada Pemerintah Desa dan masyarakat Desa Sungai Cingam maupun pihak pihak terlibat dalam pelaksanaan Ketapang Beach Festival tahun 2022 ini. Semoga Festival ini dapat kita jadikan sebagai media untuk mempromosikan Potensi Destinasi Wisata yang ada di Desa Sungai Cingam ini.

Kami tentunya berharap, kata Edi Sakura, dengan potensi Wisata disini, Desa Sungai Cingam kelak bisa memproklamirkan dirinya menjadi Desa Wisata di Kabupaten Bengkalis bahkan Mendunia. Namun perlu diingat, pengembangan Desa Wisata tidak bisa dilakukan secara instan, hanya dengan membuat sebuah Objek Wisata atau menyelenggarakan Event Wisata di Desa.

Lebih dari pada itu, lanjut Kadisparbudpora, konsep pengembangan Desa Wisata itu harus bisa memenuhi sejumlah unsur penting yang tidak lepas dari peran Komunitas atau masyarakat sebagai pelaku utamanya, sama juga hal ini harus menyiapkan dirinya sebagai Tuan Rumah yang baik bagi para Wisatawan ketika berkunjung di Objek Wisata yang ada di Desa ini, selain harus memberdayakan ekonomi masyarakat dengan mendayagunakan Aset dan Potensi yang dimiliki.

Saat ini Pariwisata adalah salah satu industri yang bisa kita andalkan guna menopang pergerakan ekonomi Desa dan Daerah.

Melalui Ketapang Beach Festival ini kami sambut baik,mengingat, industri pariwisata memiliki Komponen Utama yang dapat memberikan Multiplier Effeck yang tinggi, berupa Destinasi, Atraksi Wisata dan Kuliner Daerah. Begitu juga dengan Transportasi, Penginapan, Perbankan, dan lain sebagainya, sehingga Pariwisata menjadi lahan yang sangat menjanjikan, Terangnya.

Kami Pemkab Bengkalis terus bergeliat untuk memajukan serta mengembangkan industri Pariwisata yang ada di Daerah ini, meliputi Pariwisata Pantai, Alam, Pariwisata Riligi, Kuliner dan lainnya.

Kami juga memberikan Bantuan Keuangan Khusus Desa Bermasa (BKK) yang telah kami Gelontorkan 1 M satu Desa, dengan melaksanakan kegiatan positif dan bermanfaat seperti ini. Apa yang telah kami laksanakan sejalan dengan tujuan dari program unggulan Bantuan keuangan bermasa tersebut, yakni agar Desa dapat melaksanakan Kegiatan Kehidupan masyarakat, termasuk percepatan Infrastruktur serta penguatan Sumber Daya Kegiatan masyarakat yang berskala kecil dapat dilakukan secara langsung oleh Desa dalam upaya mendukung terwujudnya Kabupaten Bengkalis Bermarwah, Maju dan Sejahtera, ungkap Bupati Kasmarni melalui Kadisparbudpora.

Untuk itu kepada masyarakat, mohon bersinergi, kerjasama serta dukungannya, agar kegiatan ini berjalan sukses, sehingga berdampak dalam pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Kami juga mengharapkan dukungan dari masyarakat Desa Sungai Cingam Kecamatan Rupat, agar kami terus melaksanakan serta menganggarkan Dana Bermasa ini, dalam upaya kita bersama untuk membangun Desa Agar lebih maju dan mandiri berakselerasi pula dalam upaya mewujudkan kehidupan masyarakat yang lebih sejahtera, baik jasmani maupun rohani.

Segala Potensi yang ada di Desa kita ini melalui perencanaan yang terstruktur dan terarah, termasuk Pantai Ketapang ini agar bisa kita berdayakan dalam pengembangan Pariwisata yang berakselerasi pula dalam peningkatan ekonomi masyarakat, timpal Edi Sakura mewakili Bupati.

Terakhir, kepada masyarakat yang ikut memeriahkan kegiatan Pantai Ketapang Beach Festival tahun 2022 ini kami ucapkan selamat berlomba, selamat berkompetisi, selamat bersenang-senang, dan yang terpenting jaga keselamatan, keamanan dan ketertiban serta kebersihan pantai kita ini. Beri dukungan secara baik dan bermanfaat, sehingga Festival ini dapat berjalan sesuai harapan, ungkap dan pesan Ibu Bupati Melalui Kadisparbudpora Edi Sakura.

Dalam acara tersebut, Misliadi selaku Dewan Provinsi turut bersuara dalam kata sambutannya itu menyebutkan Hari ini Pemerintah Desa Luar biasa akomodir Hobby beberapa massa club, tepuk tangan dulu buat pak Kades, kata Misliadi dalam kesempatan itu.

Kalau masalah batu pemecah gelombang disebut pak Kades tadi, tahun lalu sudah dianggarkan tapi masih ada permasalahan yang tadi sudah disebut pak Edi Sakura, event event itu jika tidak didukung sepenuhnya oleh masyarakat itu sendiri maka tidak akan berjalan, dan tahun 2023 nanti Ketapang ini sudah masuk anggaran kalau tak salah saya Rp 6 miliar untuk batu beronjol atau batu pemecah gelombang semoga pihak pengusaha batu dari tempat penyediaan batu tersebut juga tidak lagi bermasalah soal perizinan mereka.

Pantai Ketapang baru ini saya tahu bahwa tidak ada lahan negara di sini, cuma lahan masyarakat, padahal saya anak Rupat, ini saya baru tahu,” kata Misliadi agak Kesal”.

Misliadi melanjutkan Kalau demikian sebaiknya pak Kades menambahkan lapangan lagi” dari masyarakat disini bisa memberi hibah tanahnya, semoga untuk ini saya siap untuk tahun 2024 melaksanakan Indonesia open di Pantai Ketapang ini, tuturnya.

Menarik sekali, Pantai Ketapang pada pasir putih yang menarik pandangan pada kesempatan Tournament Volley ball diadakan Khusus Rupat-Rupat Utara. Bagi Peminat Volley ball mendaftarkan Club nya sejak 16-24 Desember 2022, dengan harapan Hadiah Juara1: Rp 1.000.000, + Trophy + Piagam, Juara 2: Rp 800.000, + Trophy + Piagam, Juara 3: Rp 700.000, +Trophy + Piagam, dan Juara 4: Rp 400.000, + Trophy + Piagam. Tournamen Volly Ball pembukaan di pantai Ketapang Beach 27/12/2022.

Jong Layar (Jong Layo) adalah perlombaan sampan layar di perairan pantai Ketapang Beach yang selalu ramai kunjungan dari berbagai daerah. Semula dilakukan pendaftaran sejak 19-24 Desember 2022, pembukaan dimulai Senin 26-27 Desember Kategori Sedang dengan hadiah,Juara 1: Rp 2.000.000, + Trophy + Piagam, Juara 2: Rp 1.500.000, + Trophy + Piagam, Juara 3: Rp 1.000.000, + Trophy + Piagam, Juara 4: Rp 300.000, + Piagam, dan Juara 5: Rp 300.000, +  Piagam.

Diwaktu yang seiring perlombaan Seni Budaya Gasing se-Riau Desa Sungai Cingam Kec.Rupat Kab.Bengkalis, diadakan sebelumnya pendaftaran sebesar Rp 250.000/CLUB, batas waktu berakhir Rabu (28/12) dan Turnamen Seni Gasing di lapangan Gasing Cakar Elang dan pembukaan dimulai, Jum’at 30/12 /2022.

Turnamen Seni Budaya Gasing berhadiah, Juara 1: Rp 6.000.000, + Trophy+ Piagam, Juara 2: Rp 4.000.000, + Trophy + Piagam, Juara 3: Rp 3.000.000, + Trophy + Piagam dan Juara 4: 1.500.000, + Trophy + Piagam, kategori juara Pemain terbaik adalah Gasing Terlinyak pada kata lain (gasing lebih lama berputar dengan tenang. (M Syopri)

Posting Komentar

0 Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA