Ticker

6/recent/ticker-posts

Pemkab OKU Selatan

PUMK PTPN IV Kembali Adakan Sosialisasi dan Pelatihan Kepada UMKM Tentang Pencegahan PMK Pada Hewan Ternak


ASAHAN, NUANSA POST.

PTPN IV melalui Program Pendanaan Usaha Mikro & Usaha Kecil (PUMK) kembali mengadakan kegiatan sosialisasi dan pelatihan kepada para UMKM disekitar lingkungan kerja PTPN IV, khususnya Kebun Air Batu dan Pulu Raja yang diselenggarakan di Wisma Parinari PTPN IV Kebun Air Batu, Kamis (10/11/2022).

Kegiatan ini bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara dan didukung oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Asahan, dengan tema Merangkul usaha mikro kecil bidang peternakan sapi sekitar kebun air batu dan kebun pulu raja dalam meminimalisir sapi yang berkeliaran, dengan efisiensi mengandangkan sapi dan subtitusi pakan ternak sapi.

Acara ini dihadiri oleh Komisaris Independen PTPN IV Atas Wijayanto, selaku Majelis Pertimbangan Wilayah Dewan UKM Sumatera Utara, perwakilan General Manajer Distrik II, Manajer Kebun Air Batu Erwin Juliawan Nasution, Manajer Kebun Pulu Raja Yudhi Hari Prabowo, Kasubag Rensus Al Irwin Manova, Staf Subbag PUMK Zulyadi Nasution, Karyawan Pimpinan Kebun Air Batu dan Kebun Pulu Raja.

Turut hadir Ketua Umum Dewan UKM Indonesia Sumatera Utara Dewi Budiati Teruna Jasa Said, perwakilan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Asahan, Konsultan Pakan Ternak Andi Tarigan, Narasumber dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provsu, perwakilan Camat Air Batu, Kepala Desa (Desa Pinanggripan, Desa Sijabut Teratai, Desa Sei Alim Ulu, Aek Loba Pekan, Desa Baru, Desa Manis), Mitra Binaan, Kelompok Tani, dan Pelaku UKM.

Program PUMK sebagai Sub Bagian Sekretariat Perusahaan PTPN IV, ingin membangun hubungan yang harmonis antara Unit Usaha/ Kebun dan masyarakat sekitar kebun para pelaku UKM Peternakan melalui kegiatan sosialisasi dan pelatihan.

Kegiatan Program PUMK PTPN IV ini diapresiasi oleh SEVP Operation II PTPN IV Joni Raja Siregar dan Kepala Bagian Sekretariat Perusahaan Riza Fahlevi Naim.

Komisaris Independen PTPN IV Atas Wijayanto, mengatakan bahwa usaha peternakan ini adalah usaha yang cukup menjanjikan secara ekonomi bagi masyarakat.

Saat ini PTPN IV telah melakukan terobosan yang mampu mengatasi permasalahan tentang ternak antara PTPN IV dengan masyarakat selaku peternak sapi.

Sementara, Kepala Bagian Sekretariat Perusahaan PTPN IV, Riza Fahlevi Naim menyebutkan, PTPN IV memberikan secara gratis 50 kg pakan ternak complete feed segar tersebut kepada masing-masing 60 peserta dari masyarakat sekitar Kebun Laras sebagai bentuk kepedulian serta Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PTPN IV kepada masyarakat sekitar Kebun.

Selanjutnya, Ketua Umum Dewan UKM Sumut, Dewi Budiati Teruna Jasa Said mengajak masyarakat untuk membuka mindset dan menerima perkembangan teknologi agar pelaku UKM dapat bersaing di pasar Internasional.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Asahan, yang diwakili oleh Hardiansyah Siregar, mengucapkan apresiasi kepada PTPN IV karena program ini merupakan wujud integrasi peternakan dan perkebunan yang dalam hal ini integrasi sapi sawit.

Program ini sangat diharapkan untuk mewujudkan sinergitas antara PTPN IV, masyarakat peternak sapi dan juga Pemerintah Kabupaten Asahan. Karena hal ini bisa meningkatkan produksi dan populasi sapi.

Drh. Rachmad Wahyudi selaku narasumber, menyampaikan dalam paparannya tentang pengenalan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak.

Dalam sosialisasi terkait hewan ternak ini, PTPN IV juga memberikan penyuluhan pakan ternak Complete Feed segar yang berkualitas dan terjangkau bagi pelaku UKM Peternakan oleh Konsultan Pakan Ternak Andi Tarigan dari Bagian Perencanaan & Sustainability PTPN IV. (Tim)

Posting Komentar

0 Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA