Ticker

6/recent/ticker-posts

Pemkab OKU Selatan

PTPN IV Siapkan Bantuan Rp504 Juta untuk 10 Ribu Pekerja Rentan


Asahan, NUANSA POST

PT Perkebunan Nusantara IV (PTPN IV) kembali berpartisipasi dalam program Gerakan Nasional Peduli Pekerja Rentan (GN Lingkaran).

Melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), PTPN IV akan menyerahkan bantuan perlindungan Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian.

Bantuan ini ditujukan bagi para pekerja rentan bukan karyawan, honor dan buruh lepas. Tak tanggung-tanggung, PTPN IV mengalokasikan bantuan senilai Rp504.000.000 kepada 10.000 pekerja rentan secara bertahap.

Menurut Senior Executive Vice President (SEVP) Business Support PTPN IV Budi Susanto, ada beberapa faktor yang mendorong tekad perusahaan berpartisipasi dalam program GN Lingkaran kali ini.

"Harus kita akui bahwa tidak semua orang memiliki kemampuan untuk jaminan sosial yang layak. Alhamdulillah kami di PTPN IV secara normatif mudah-mudahan bisa kami penuhi," ujar Budi, Kamis (10/11/2022).

PTPN IV memiliki areal perkebunan seluas 175.735 hektare yang tersebar di sembilan kabupaten dan kota di Sumatera Utara. Mayoritas lahan operasional PTPN IV berdampingan dengan masyarakat. "Tentu ini menjadi tantangan dan tanggung jawab kami. Bagaimana agar PTPN IV tidak hanya memikirkan internal, tapi kami ingin berperan dan bermanfaat lebih untuk masyarakat," tutur Budi.

Budi menjelaskan, penyaluran bantuan program GN Lingkaran tahun 2022 dilakukan secara bertahap. Pada tahap pertama, PTPN IV akan menyalurkan Rp100.800.000 kepada 2.000 pekerja. Sedangkan sisanya akan disalurkan untuk 8.000 pekerja pada tahap kedua.

Demi mengoptimalkan penyaluran, PTPN IV menggandeng Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Kalangan pekerja rentan yang akan memperoleh bantuan ini bergerak dalam sektor informal dengan tingkat kesejahteraan di bawah rata-rata.

Contohnya sopir angkutan, pengemudi ojek, guru mengaji, bilal masjid dan mayat, nelayan kecil, pedagang kaki lima dan lain sebagainya.

PTPN IV akan memprioritaskan para pekerja rentan yang selama ini menggantungkan mata pencaharian di sekitar area perusahaan, khususnya di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Sebelumnya, kata Budi, PTPN IV juga sudah pernah berpartisipasi dalam program GN Lingkaran pada tahun 2018 lalu. "Sebenarnya sudah banyak yang dilakukan PTPN IV. Baik dalam bentuk kemitraan, bina lingkungan, termasuk CSR (Corporate social responsibility). Kalau dilihat nilainya, tiap tahun itu cukup fantastis," ujar Budi.

Menurut Kepala Bagian Sekretariat Perusahaan PTPN IV Riza Fahlevi Naim, GN Lingkaran merupakan bentuk keseriusan PTPN IV dalam berbakti kepada negara.

Riza mengharap dukungan dan doa semua pihak agar PTPN IV dapat terus berpartisipasi dalam program yang sama pada tahun-tahun mendatang."Kami berharap bantuan ini bermanfaat lebih dan berdampak positif bagi pekerja rentan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Sehingga mereka dapat bekerja dengan tenang dan nyaman," ujar Riza.

Pada akhir pekan lalu, PTPN IV bersama BPJS Ketenagakerjaan menggelar focus group discussion sekaligus sosialisasi program jaminan sosial ketenagakerjaan.

Pada kesempatan ini, BPJS Ketenagakerjaan turut menyerahkan piagam CSR kepada PTPN IV berkat sumbangsihnya kepada masyarakat.

Acara yang berlangsung di Hotel Harper Kuta, Kabupaten Badung, Bali itu turut dihadiri sejumlah unsur di jajaran PTPN IV. Antara lain SEVP Operation II PTPN IV Joni Raja Siregar, Kepala Bagian Tanaman, Kepala Bagian Teknik dan Pengolahan.

Kemudian Kepala Bagian Sumber Daya Manusia, General Manajer Distrik III serta sejumlah manajer kebun serta pabrik kelapa sawit (PKS) PTPN IV."Kami sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada PTPN IV atas komitmennya membantu para pekerja rentan," ujar Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sumatera Bagian Utara Hengky Roesidin, yang didampingi Kepala BPJS Ketenagakerjaan Pematang Siantar Inggrid Maya Sari.(TIM)

 

Posting Komentar

0 Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA