Ticker

6/recent/ticker-posts

Pemkab OKU Selatan

Wakil Bupati Pangandaran Hadiri “GO CLEAN OUR RIVER” di Sungai Cikiray Desa Karangjaladri


Pangandaran, NUANSA POST

Ikut serta bersama masyarakat dalam menyelamatkan sungai, Wakil Bupati Pangandaran H. Ujang Endin Indrawan menghadiri acara Go Clean Our River 2022 di Sungai Cikiray,  Desa Karangjaladri, Sabtu (1/10/2022). Sungai Cikiray sendiri mengalir melalui Desa Karangjaladri dan Desa Karangbenda.

Kegiatan Go Clean Our River ini adalah kegiatan membersihkan sungai untuk mengembalikan sungai agar bersih dan terawat kembali. Tujuan adanya kegiatan ini yaitu untuk membentuk suatu tatanan sungai, melestarikan sungai, dan mengembalikan sungai pada fungsinya serta menjaga sungai terhadap sampah.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Kelautan, Perikanan,  dan ketahanan Pangan Dedi Surachman, S.Sos., MM, Camat Parigi Nana Sukarna S.IP, Kepala Desa Karangjaladri Eris Darmawan, Kepala Desa Karangbenda Sanjaya , Basarnas Pangandaran, seluruh penggiat sungai dan masyarakat.

Kegiatan positif ini diinisiasi oleh dorongan kelompok tani yang mengeluh karena sawahnya selalu terendam banjir. Hal ini disampaikan oleh Kepala Desa Karangjaladri, Eris Darmawan.“Kegiatan ini diinisiasi karena dorongan kelompok tani, dimana para petani suka mengeluh karena sawahnya selalu terendam banjir, harapan petani tentunya ingin sawahnya kembali produktif, satu masalah utama adalah sungai cikiray, dulu sungai ini lancar tapi sekarang karena tidak ada pemeliharaan juga mungkin karena keserakahan manusia juga akhirnya sungai terjadi penyempitan dan pendangkalan, “ungkap Eris dalam sambutannya.

Dalam kesempatan ini Wakil Bupati Pangandaran menyampaikan ucapan terima ksaih kepada seluruh masyarakat dalam upaya membersihkan sungai, khususnya sungai Cikiray.“ Saya menyampaikan apresiasi yang sebesar besarnya atas terselenggaranya kegiatan Go Clean Our River 2022 ini, “ujarnya

Lebih lanjut Ia menyampaikan pentingnya menjaga dan membersihkan lingkungan, “Kebersihan itu adalah sesuatu yang mahal, karena berhubungan dengan kesehatan dan kelangsungan kehidupan lainnya, “tuturnya.

Lanjutnya, sekarang ini banyak sungai yang mengecil dan pendangkalan hal ini disebabkan tak pernah dirawat“ Solusi menjaga sungai agar selalu bersih yaitu menyediakan tempat sampah, membuang sampah pada tempatnya serta tidak boleh ada rumah membelakangi sungai ,” ucapnya

Diharapkan kegiatan ini  bukan hanya sekadar seremonial belaka. Semua masyarakat diharapkan bisa memelihara dan memanfaatkan sungai sesuai fungsinya dan pastinya perawatan dan pengawasan merupakan tugas bersama.(SUNAR)****

 

Posting Komentar

0 Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA