Ticker

6/recent/ticker-posts

Pemkab OKU Selatan

Bupati Bengkalis Kasmarni, S.Sos, M.Mp, Serahkan SK. Langsung Kepada 50 Giat/Penyuluh Agama Islam Desa/Kelurahan Serta Koordinator Kecamatan Rayon Rupat - Rupat Utara


RUPAT, NUANSAPOST.

Kepada pegiat dan penyuluhan Agama Islam, baik di Desa/Kelurahan, juga koordinator Kecamatan di dua Kecamatan baik Rayon Rupat maupun Rupat Utara, Pemerintah Kabupaten Bengkalis Bersama para Mubaligh Rayon III Dan Penyerahan Surat Keputusan Bupati Bengkalis Tentang Penggiat/Penyuluh Agama Islam (DA'I) Rayon Kecamatan Rupat dan Rupat Utara Kab.Bengkalis thn 2022 oleh Bupati Bengkalis, Rabu di aula Pertemuan Kantor Camat Rupat, 26/10/2022, pkl. 09.00 wib hingga selesai.

Acara tersebut dihadiri Forkopimda Kab.Bengkalis dan yang mewakili, Ketua Mui,Ketua Adat,Tokoh Agama, Forkopimcam Rupat-Rupat Utara dan yang mewakili, tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Ketua Mui, Ketua adat Lamr Rupat, para Lurah,para Kepala Desa, dan tamu undangan Lainnya.

Kata pembukaan secara langsung oleh protokol pembawa acara "Heri Budiman,S.Ag",

Pembacaan Ayat Suci Alqur'an oleh Ustadzah Rahmas S.Ud, dengan suara nya yang terkesan mengharukan, sebutan dari bacaan itu terdengar Paseh dan bermakna.Kemudian dilanjutkan dengan

Doa, oleh H.Khaidir dari Kemenag Kabupaten Bengkalis.

Heri Budiman,S.Ag menyampaikan permohonan pada peserta agar semua hadirin dimohonkan berdiri sementara dan dimulainya menyanyikan persiapan Lagu Indonesia Raya,tampak dipimpin dari  seorang pemandu.

Selanjutnya kata sambutan oleh ibu Bupati, Kasmarni,S.Sos M.MP.

Dalam Sambutan ibu Bupati, Alhamdulillah irabbill'alamin, Ashaduallailahaillallah,Waashaduannamuhammadarasulullah.Yang saya hormati Forum Koordinasi Daerah Kab.Bengkalis, atau mewakilinya, Ketua Mui, Kakan Kemenag, Camat Rupat - Dan Rupat Utara, rekan-rekan Forum Koordinasi Kec.Rupat,Lurah dan Kepala Desa,para mubaligh serta pegiat Aagama Islam dan para orang Tua Kami, Tokoh Agama,Tokoh Adat, dan Tokoh Masyarakat,Alim Ulama Cerdik Pandai, Rekan Media,para undangan  yang berbahagia.Bersyukur kehadirat Allah serta Rahmat dan  Nikmatnya kita berkesempatan hadir dalam kegiatan silaturrahmi Pemerintah Kabupaten Bengkalis, pada para Mubaligh penyerahan SK bagi para pegiat penyuluh Agama Islam Kec.Rupat-Rupat Utara tahun 2022.

Dengan wasilah, kita sampaikan kepada junjungan Alam Baginda Muhammad SAW, Allahumma Solli'ala syaidina Muhammad Wa'ala alihisyaidinamuhammad, semoga kita mendapat syafaatnya diyaumil akhir nanti, ucap Bupati Kasmarni.

Bupati Kasmarni melanjutkan, Ucapan terimakasih kepada para pegiat Agama Islam,kepada Masyarakat dan Informasi informasi pembangunan kepada masyarakat sehingga masyarakat memiliki pengetahuan sekaligus dapat memantapkan keimanan dan takwanya dalam mendukung tercapainya Kabupaten Bengkalis bermarwah maju dan Sejahtera.

Para Mubaligh dan undandangan yang kami muliakan,kami memang memiliki wewenang dan harapan cita -cita besar untuk mewujudkan Kab.Bengkalis Bermarwah Maju dan Sejahtera yang telah kami Canangkan tiga dimensi program unggulan pembangunan serta target pembangunan daerah kedepannya.

Namun pelaksanaannya tentu kami tidak bisa bekerja sendiri. Perlu sinergi dan keterampilan serta merta Bapak/Ibu Se Kabupaten Bengkalis yang terdiri sepuluh (10) Kecamatan.Oleh karenanya agenda silaturrahmi kita pagi ini kami ingin memperkuat sinergi kolaborasi dan komunikasi tersebut agar kedepannya kita dapat bersama- sama membangun daerah dan masyarakat ini,artinya kami sangat berharap peran bapak ibu sebagai usaha di masyarakat maupun fungsi kegiatan yang dilakukan Pemerintah sehingga sampai ke seluruh pelosok Negeri ini, guna mensejahterakan kehidupan masyarakat baik lahir maupun batin.

Pada pagi ini, kami akan menyerahkan SK kepada lima puluh(50) orang pegiat/penyuluh Agama Islam Desa maupun Kelurahan serta Koordinator Kecamatan dalam Wilayah Kec. Rupat - Rupat Utara.

Kegiatan ini merupakan wujud dari plementasi dari salah satu kegiatan "BERMASA" yakni pembinaan Ummat untuk satu Desa satu penyuluh ke Agamaan, dengan harapan penyuluh agama inilah nanti yang akan menjadi sumber Informatif,sumber edukatif, sumber advokatif, sumber konsultatif masyarakat sekaligus sebagai sumber corong informasi pembangunan Pemerintah kepada masyarakat sehingga semua informasi tersebut tersampaikan dan teraplikasi secara baik ditengah tengah masyarakat. Yang menerima SK kami ucapkan selamat bertugas, Ungkapnya.

Tentunya: Kata Kasmarni,setelah SK Ibu/ Bapak terima ada konsekwensinya harus dijalankan dan dipertanggungjawabkan.Selaku dinamikator penggerak keagamaan di Desa/Kelurahan dan Kecamatan. Oleh karennya kepada bapak/ ibu hanya dapat menjalani tanggung jawab ini dengan baik,profesional, berkualitas, berakhlak mulia, mencakup komitmen serta pengalaman agar bapak/ ibu dapat membantu kami Pemerintah Daerah dalam mempercepat terwujudnya Kabupaten Bengkalis Bermarwah Maju dan Sejahtera.

Pesan kami kepada Bapak/Ibu dalam pelaksanaan tugas: bekerjalah sesuai aturan per undang - undangan yang berlaku, bekerjalah dengan sepenuh hati. Hati -hati, jangan sekehendak hati,timpalnya.

Bangun terus koordinasi sinergi, kolaborasi dan harmonisasi semua pihak yang ada di Desa/Kelurahan dan di Kecamatan serta oftimalkan kinerja bapak/ibu sebagai penyuluh Agama Islam. Saya berharap bapak/ibu harus melihat masyarakat sebagai Subjek yang perlu diberikan pencerahan dalam banyak asfek yang tak kala pentingnya bapak/ibu juga hendaknya dapat berperan aktif dalam meredam/ menyelesaikan setiap permasalahan Ummat termasuk peredam konflik,isu-isu miring bahkan berita hoak yang dapat meruntuhkan tali Uquwah  dasar persatuan dan kesatuan Ummat dan menerapkan kehidupan bertoleransi dan moderensi ditengah -tengah masyarakat.

Beberapa hal perlu kami sampaikan, bapak/ibu penyuluh Agama sebagai penyambung lidah Pemerintah Daerah ke masyarakat perlu digali secara mendalam konsepsi Visi- Misi serta program Unggulan Daerah sehingga dapat dimengerti dan mudah untuk disampaikan nantinya. Saya mengingatkan" jangan mengambil keputusan sendiri, kalau kurang faham atau tidak jelas apa yang ditanyakan kepada bapak/ibu silahkan konsultasi ke Koordinator Kecamatan.Kalau Koordinator Tidak mampu menjelaskan koordinasi kepada kami Pemerintah Kab.Bengkalis, jangan memberikan jawaban yang membingungkan masyarakat sehingga apa yang dimaksud dan kami niatkan nanti tidak tersampaikan kepada masyarakat hingga masyarakat bingung terhadap jawaban yang bapkk/ibu samapaikan nantinya.

Ingat juga,bahwa Evaluasi kinerja sebagai penggiat penyuluh Agama tetap kami pantau secara berjenjang dan berkelanjutan, ungkap Bupati Bengkalis Kasmarni, S.Sos,MMP.

Kilasnya berpantun: Dari Terkul ke Puteri Sembilan, Bawakan Pancing ke Pantai Pesona,Peran Mubaligh dan Penyuluh Agama Kami harapkan, Wujudkan Plementasi Program Bermasa.

Sekapur Sirih Enak di makan, kalau tak adat Negeri Bermarwah, Pengembangan Daerah kita Sinergikan,Menjadikan Negeri Informasi dan Pembangunan Daerah, (pantun Kasmarni Bupati Bengkalis)

Diruang yang sama, diacara sambungan sesi lanjutan, Kata sambutan Kakan Kemenag Kab.Bengkalis" H.Khaidir" menyebutkan Bahwa membuat  baik dan manfaatkan fungsi kita sebaik baiknya sebagai ilmu keagamaan dan substansinya adalah akhlak mulia.Aman tentram, damai itulah artinya sejahtera. Juga itulah namanya hati yang Damai. Dalam pantauan awak media, Kehadiran Kakan Kemenag dalam penyerahan Surat Kerja(SK) kepada 50 orang pegiat/Penyuluh Agama Desa/Kelurahan dan Koordinator Kecamatan sekaligus menjadi Nara Sumber untuk Da'i/ Mubaligh di Kec.Rupat, dalam acara tersebut.

H.Khaidir menyambuat baik serta memberi Atensinya dengan menjadi nara sumber bagi Da'i/ mubaligh yang sudah menerima SK dari Bupati Bengkalis. (M syopri)

Posting Komentar

0 Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA