Ticker

6/recent/ticker-posts

Kanwil Kemenkumham Jawa Barat Uji Verifikasi 4 Pemohon Pewarganegaraan




Bandung, NUANSA POST

Tim Evaluasi Terpadu Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Barat laksanakan Sidang terhadap 4 Pemohon Pewarganegaraan. Hari ini, Jumat (19/08/22) yang bertempat di Ruang Romli Atmasasmita.

Tampak hadir Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Heriyanto, Kepala Divisi Keimigrasian Yayan Indriana, Kepala Bidang Pelayanan Hukum Ahmad Kapi Sutisna, Kepala Subbidang Pelayanan Administrasi Hukum Umum Deden Firmansyah, Kanit III Subdit Kamneg Dit Intelkam Polda Jawa Barat Ade Hikmat Subarkah, Kepala Seksi Identitas Penduduk Dinas Kependudukan & Catatan Sipil Kota Bandung Yan Raspati dan Kepala Seksi Kerjasama & Humas Dirjen Pajak Jabar Sintayawati Wisnigraha yang tergabung dalam Tim Evaluasi Terpadu.

Tim pun memeriksa berkas permohonan dan mewawancarai pemohon yang terbagi menjadi 2 sesi yaitu :

1. Sidang Pemeriksaan dan Penelitian Permohonan Pewarganegaraan pasal 3A untuk 3 orang pemohon a.n. Richard Zauhan Gibson (Warga Negara Selandia Baru), Sarah Alana Gibson (Warga Negara Selandia Baru/Selebgram), Felicia Liana Adema (Warna Negara Belanda);

2. Sidang Pemeriksaan dan Penelitian Permohonan Penegasan Status Kewarganegaraan 1 orang an. Jennifer Merrylin S. Wullschleger.

Pada sesi pertama, ketiga pemohon tersebut telah melewati umur 21 tahun namun belum mendaftar ataupun sudah mendaftar tetapi belum memilih kewarganegaraan seharusnya pemohon masuk ke naturalisasi. Tetapi dengan adanya Peraturan Pemerintah yang terbaru Nomor 21 Tahun 2022 yang berlakunya mulai 31 Mei 2012 (peraturan yang berlaku untuk 2 tahun ke depan sampai 31 Mei 2024) berlakunya untuk anak yang telat memilih dan anak yang mendaftar maupun belum mendaftar tapi belum memilih kewarganegaraan. Pemohon pun memperoleh keringanan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP), yang semula dikenakan Rp. 50.000.000,00- namun sekarang hanya Rp. 5.000.000,00-.

Pada sesi kedua, pemohon yang pada mulanya tidak mempunyai data kewarganegaraan melalui proses sidang ini, pemohon terverifikasi dan bersedia melalui persyaratan yang ketat untuk memilih menjadi Warga Negara Indonesia.(IRWAN)

 

Posting Komentar

0 Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA