Ticker

6/recent/ticker-posts

Wakil Bupati Pangandaran : “Deklarasi ODF Sebagai Upaya Untuk Mewujudkan Perilaku Hidup Sehat”


Pangandaran, NUANSA POST

Wakil Bupati Pangandaran H. Ujang Endin Indrawan menghadiri acara Deklarasi ODF (Open Defecation Free) di Aula Desa Cintaratu, Kecamatan Parigi, yang merupkan wilayah kerja Puskesmas Selasari, Jum'at (24/6/2022).Hadir pada acara ini Ketua TP PKK Kabupaten Pangandaran sekaligus Ketua Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Pangandaran Hj. Ida Nurlaela Wiradinata, Perwakilan Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPUTRPRKP), Kepala BLUD Puskesmas Selasari, Camat Parigi Nana Sukarna, S.IP., Kepala Desa Cintaratu Hernayadi, S.Pd., Ketua TP PKK Kecamatan Parigi dan Para Kepala Desa Se-Kecamatan Parigi.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Pangandaran H. Ujang Endin Indrawan menyampaikan bahwa Deklarasi ODF (Open Defecation Free) adalah sebagian upaya menjaga kebersihan.

Selain itu, beliau juga menuturkan bahwa kesehatan menjadi salahsatu faktor penting dalam kesejahteraan dan kemajuan suatu daerah, yang dimana Deklarasi ODF ini merupakan perwujudan dari perilaku hidup sehat.


"Kesejahteraan dan kemajuan suatu daerah atau suatu kabupaten termasuk desa dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya adalah faktor pendidikan dan faktor kesehatan. Faktor kesehatan tidak lepas dari perilaku hidup masyarakat yaitu kita harus berperilaku hidup sehat, termasuk diantaranya tadi yang sudah di deklarasikan, mendeklarasikan diri bahwa masyarakat Desa Cintaratu akan menjaga kesehatan dengan tidak buang air besar sembarangan, karena dapat merugikan diri sendiri tapi juga masyarakat" tuturnya.

Wakil Bupati Pangandaran pun menegaskan bahwa Pangandaran sebagai salahsatu daerah tujuan wisata harus memperhatikan kebersihan dan kesehatan."Pangandaran visinya adalah sebagai tujuan wisata berkelas dunia (World Class Destination). Pariwisata itu identik dengan kebersihan dan kesehatan. Apalagi Desa Cintaratu merupakan salahsatu daerah tujuan wisata, ada destinasi wisata salahsatunya Jojogan" ungkapnya.

Beliau juga berpesan agar komitmen masyarakat Desa Cintaratu dengan adanya Deklarasi ODF (Open Defecation Free) ini dapat dipertahankan demi kebaikan bersama dan akan dievaluasi kembali setelah 3 bulan.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Pangandaran sekaligus Ketua Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Pangandaran Hj. Ida Nurlaela Wiradinata menuturkan perlunya ODF ini bukan hanya untuk pemerintah tapi juga untuk kebaikan masyarakat.

"Adanya ODF ini diantaranya karena Pangandaran mempunyai visi untuk menjadi World Class Destination. Saya sebagai Ketua Forum Kabupaten Sehat, deklarasi ini sebenarnya merupakan salahsatu indikator penilaian untuk mendapat penghargaan sebagai Kabupaten Sehat, yang dimana salahsatu syaratnya yaitu 90% desanya harus sudah ODF" tuturnya.

Beliau menambahkan bahwa pada tahun 2019, Kabupaten Pangandaran merupakan salahsatu kabupaten/kota yang mendapatkan penghargaan Swasti Saba tingkat Padapa dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (SUNAR)****

 

 

Posting Komentar

0 Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA