Ticker

6/recent/ticker-posts

Menilai Pergeseran Perkembangan Usaha di Era Modern, Diskoperindag Kab.Mesuji Laksanakan Pelatihan Digitalisasi Revolusi Industri



Mesuji – NUANSA POST

Guna Meningkatkan Sumber Daya Manusia dalam memahami Pengetahuan Perkoperasian serta memberikan perhatian prioritas kepada para pengurus koperasi dalam hal penyusunan, perencanaan, pelaksanaan operasional kegiatan di Era modern.

Dinas Koperasi dan Perindustrian Perdagangan (Diskoperindag) mesuji melaksanakan kegiatan pelatihan Digitalisasi Koperasi seiring Era Revolusi Industri 4.0 ( Four Point O ) untuk meningkatkan kompetensi pengurus koperasi dalam konsep berbasis digital. yang dilaksanakan di Gedung PLUT KUMKM kabupaten mesuji Senin,27/06/2022.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung Kepala Dinas Koperindag, Ibu Elvita Krisnawati, S.E, M.M didampingi Sekretaris Dinas Koperindag Sayyid Nasir S,IP, M.AP. dan dihadiri Narasumber Pejabat Fungsional Pengawas Koperasi Ahli Muda Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Lampung,  Gunawan, S.E.  Narasumber Pelatihan Koperasi, Muhammad Iskandar S.E dari Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan Kabupaten Mesuji, dan Deden Cahyono, S.E Konsultan Pemasaran Koperasi dan UMKM dan Ibu Astrid S.E, M.M,  dari Konsultan Pembiayaan Koperasi dan UMKM dariPusat Unit Layanan Terpadu Kabupaten Mesuji .

Dalam sambutannya, Kadis Diskoperindag mesuji, Elvita Krisnawati menyampaikan kegiatan pelatihan ini dilakukan demi kepentingan para pelaku usaha agar dapat mengetahui dan memanfaatkan proses perkembangan teknologi sebagai solusi kemudahan dalam usaha yang dikembangkan.

"Pelatihan ini merupakan  Upaya Mendorong Digitalisasi Koperasi yang saat ini menjadi salah satu agenda prioritas dari Kementerian Koperasi dan UKM,  antara lain melalui peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia, perbaikan proses bisnis dan perluasan akses pasar.

Untuk itu Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan melalui Pelatihan Digitalisasi Koperasi ini juga sebagai bentuk ikut serta dalam Program Kementerian Koperasi dan UKM memperbanyak Koperasi Modern yang hadir dalam ekosistem digital dan memanfaatkan solusi teknologi digital dalam proses usahanya. "Ungkap Elvita.

Dimana masih dikatannya, Pelatihan Digitalisasi Koperasi ini merupakan salah satu bentuk upaya mendukung dan mengoptimalkan Penerapan platform digital pada pengelolaan koperasi di Kabupaten Mesuji, sehingga koperasi mampu bangkit dan naik kelas untuk semakin menggerakkan kegiatan ekonomi masyarakat, guna mendukung pemulihan ekonomi nasional, yang diharapkan bersama, sebagai bentuk berkontribusi nyata dalam mendorong digitalisasi koperasi di daerah menuju koperasi modern, yang mampu beradaptasi dan tidak tergerus oleh perkembangan zaman.

Untuk itu  masih katanya,  kami berharap kepada seluruh peserta pelatihan agar memperhatikan dan mengikuti pelatihan ini dengan seksama, agar apa yang dipelajari tentang Digitalisasi Koperasi menjadi sarana bagi koperasi untuk dapat semakin optimal berperan membantu pelaku usaha maupun masyarakat dalam memperoleh akses modal dan pelatihan pengembangan usaha yang baik Agar dapat mengoptimalkan peran strategis koperasi untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman."Tegasnya.

Kemudian ditempat yang sama, saat diwawancarai media, Hal Senada juga disampaikan "Aroma Bella Pidadana S.S.,M.M. selaku Kepala Bidang Koperasi UKM, Perindustrian,

dan Perdagangan Kabupaten Mesuji.

Kegiatan pelatihan tersebut diadakan sebagai langkah yang harus dilakukan mengingat masa sulit usaha ditengah Pandemi, itu pula merupakan ketentuan Dasar pelaksanaan Pelatihan Koperasi, sesuai dengan undang-undang yang wajib diberlakukan.

"Pelatihan Digitalisasi saat ini adalah sesuatu yang wajib di lakukan dan dipelajari, yang mana kegiatan ekonomi dituntut bergeser dari metode

konvensional menjadi lebih modern melalui digitalisasi, terlebih lagi Digitalisasi seharusnya telah menjadi solusi bagi para pelaku Koperasi untuk bertahan dan tumbuh di tengah Pandemi COVID-19.

Sebab, tentu kita rasakan dampak Pandemi Covid-19 juga turut mengakselerasi pergeseran tersebut, dimana kegiatan usaha dan

ekonomi berubah yang semula offline menjadi online serta penggunaan teknologi digital yang lebih masif. "Kata Bella Sapaan akrabnya.

Selain itu, ditambahkan nya, pelatihan ini merupakan Kegiatan Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Mesuji. Sebagai  salah satu rangkaian dan

kegiatan yang dilakukan dalam rangka memberi dukungan khususnya Koperasi Binaan Kabupaten Mesuji.

Berkenaan Berdasarkan pelaksanaan Pelatihan Koperasi, sesuai dengan Undang-undang no 25 Tahun 1992 dan Permenkop no 18 Tahun 2015.Yaitu,  Maksud dan tujuan untuk Meningkatkan Sumber Pengetahuan tentang Perkoperasian serta memberikan perhatian prioritas kepada para

Pengurus Koperasi dalam hal penyusunan, perencanaan, pelaksanaan operasional kegiatan, baik dibidang fungsi kontrol (pengawasan), sehingga mampu membawa nilai usaha ke arah yang lebih berkembang, kuat mandiri profesional serta mampu bersaing dengan Badan Usaha atau pelaku ekonomi lainnya."Jelasnya. (RANDI)

 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA