Ticker

6/recent/ticker-posts

Bupati Pangandaran Resmikan Puskesmas Sindangwangi



Pangandaran,NUANSA POST

Puskesmas Sindangwangi yang berada di Kecamatan Padaherang telah selesai dibangun, kini penggunaannya diresmikan Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata, Kamis, 23/6/2022.

Puskesmas ini melengkapi beberapa puskesmas yang telah dibangun dengan berbagai fasilitas setara hotel bintang tiga. Ada berbagai jenis pelayanan di UPTD Puskesmas Sindangwangi, meliputi Rawat Jalan (mulai senin sampai sabtu), Unit Gawat Darurat 24 jam, Poned/persalinan 24 jam, Ultra Sono Grafi (USG), Elektro Kardio Gram (EKG), Laboratorium, serta Konseling Kesehatan.

Menurut Bupati Pangandaran dengan diresmikan Puskesmas ini diharapkan pelayanan kepada masyarakat dalam bidang kesehatan semakin meningkat.

“ Alhamdulillah pembangunan puskesmas sindangwangi sudah selesai, Saya kira dengan selesainya puskesmas ini sudah 11 puskesmas dari 14 puskesmas yang ada di Pangandaran. Puskesmas yang belum dibangun yaitu Selasari, Sidamulih dan Cintakarya dan Insya Allah di tahun 2023 ini semua selesai dibangun,” Ujarnya.

Menurut Bupati sebagai kecamatan yang penduduknya paling banyak tentu pelayanan kesehatan menjadi penting, maka ia berharap puskesmas sindangwangi ini kedepanya ada rawat inap.

“ Padaherang ini penduduknya paling banyak se-Kabupaten Pangandaran, kurang lebih ada 24.000 orang, kita ingin tahun depan di puskesmas ini bukan hanya rawat jalan ada juga rawat inap,”tuturnya.

Beliaupun menuturkan puskesmas ini juga mempunyai tugas lain yaitu percepatan penanganan stunting.

“ Tadi saya baru melantik Tim Percepatan Stunting, di wilayah kerja Puskesmas Sindangwangi ada 80 orang. Untuk itu kita akan fokus disamping kita melayani kesehatan masyarakat juga percepaan penanganan stunting,”ucapnya.

Lanjutnya, ada dua hal yang harus diawasi dalam menangani stunting, yang pertama adalah memantau dan mengawasi 1.000 hari kehidupan sejak 1 bulan bayi mengandung sampai dengan 2 tahun, sehingga tidak terjadi gizi buruk yang menyebabkan stunting. Yang kedua, menangani yang stunting, dan diharapkan tahun depan stunting sudah selesai.

“ Paling lambat tahun depan stunting sudah zero, kecuali penyakit penyerta. Saya kira ini menjadi perhatian penting,”ucapnya.

Diakhir pidatoya Bupati mengharapkan agar meningkatkan disiplin dan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

“ Gedungnya sudah bagus, layani masyarakat dengan sebaik-baiknya, ini adalah tempat layanan publik yang paling utama yang paling prinsip sehingga kedisiplinan, jam kerja diatur dengan baik. Ini adalah layanan dasar kepada masyarakat, saya mohon tidak ada lagi persoalan-persoalan yang prinsip mengenai pelayanan.  Ayo kita sama-sama bangun terus Kabupaten Pangandaran yang kita cintai,” ajaknya.

Hadir pada kesempatan ini Wakil Bupati Pangandaran H. Ujang Endin Indrawan, Ketua  DPRD beserta anggota, Kepala Dinas Kesehatan, Ketua Tim Penggerak PKK, Camat Padaherang kepala Puskesmas Sindangwangi dan jajaranya.. (SUNAR)***

 


Posting Komentar

0 Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA