Ticker

6/recent/ticker-posts

PLH Ketua TP. PKK OKU Sebagai Penasehat DWP OKU Bersama Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten OKU Menghadiri Peringatan Hari Kartini Tahun 2022 DWP Kemendagri


Baturaja,NUANSA POST

PLH Ketua TP. PKK OKU Sebagai Penasehat DWP OKU Bersama Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten OKU Menghadiri Peringatan Hari Kartini Tahun 2022 DWP Kemendagri Secara Daring, Bertempat di Ruang Vidcon Pemkab OKU. (Selasa, 26/04/2022).

Ketua panitia Ninuk Triyanti Zudan., Menyampaikan peringatan Hari Kartini tahun 2022 ini dirangkaikan dengan kegiatan pada bulan suci Ramadhan 1443 H diisi dengan bhakti sosial pembagian paket sembako dan puncak peringatan hari Kartini dirangkai dengan webinar yang mengambil tema peran perempuan dalam gerakan Indonesia sadar administrasi kependudukan untuk mewujudkan keluarga yang bahagia, menampilkan nara sumber Dirjen Binmas Islam Kemenag Pof. DR. Kamarudin Amin, M.A., dan Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Prof. DR. Zudan Arif Fakhrullah, S.H., M.H.,

Sementara itu, Ketua Umum DWP Pusat Erni Kuntarti Tjahjo Kumolo., mengatakan hari Kartini begitu pentingnya untuk diperingati karena dalam SK Presiden No. 108 tanggal 2 Mei 1964 seorang wanita Indonesia ditetapkan menjadi pahlawan kemerdekaan nasional. Dalam usia yang sangat relatif muda RA Kartini sudah dapat menuangkan buah fikirannya melalui bahasa Belanda dalam bentuk surat.

Pada tahun 1911, tujuh tahun setelah wafat, seorang berkebangsaan Belanda memilih 106 sari surat-surat Kartini yang diambil, dikumpulkan dan diterbitkan dalam buku yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang.

Jika dikaji dan dipelajari, makna dari surat-surat tersebut, banyak diantaranya yang bernilai tinggi hingga kini masih relevan.

Pandangan Kartini bahwa pentingnya pendidikan bagi perempuan Indonesia, sehingga perempuan Indonesia mendapat keahlian yang membuat maju dan mandiri serta membuatnya mampu mengambil keputusan.

Pendidikan tidak berati harus terus menerus duduk di bangku sekolah tetapi pendidikan dapat diserap dalam setiap kegiatan organinsasi, khususnya di DWP.

Dalam rangka memperingati Hari Kartini dan mewujudkan visi misi DWP yang sekaligus mendukung pencapaian rencana pembangunan jangka menengah nasional 2019-2024 telah disusun kegiatan rencana strategis DWP 2020-2024 diantaranya adalah optimalisasi gerakan Indonesia sadar administrasi kependudukan yang lebih dikenal dengan GISA.

Tertib administrasi kependudukan merupakan hal fundamental dalam tata kelola kehidupan bernegara yang patut dipenuhi. Kesadaran masyarakat untuk memilki dokumen kependudukan dan mengurus sendiri, sedari awal diharapkan meningkat termasuk dicanangkannya gerakan Indonesia sadar administrasi kependudukan.

GISA adalah sebuah gerakan untuk membangun ekosistem pemerintahan yang sadar akan pentingnya administrasi kependudukan. Sampai saat ini kesadaran tertib administrasi kependudukan masih belum merata. Untuk itu, Erni berharap ciptakan budaya tertib administrasi kependudukan mulai dari diri sendiri.. (ASN)

 

Posting Komentar

0 Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA