Ticker

6/recent/ticker-posts

Wabup Garut Resmikan Rumah Sakit Malangbong

 

 


Garut,  NUANSA POST

Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman meresmikan Gedung Rumah Sakit Malangbong yang berlokasi di Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, Selasa (8/2/2022).

Wabup Garut menuturkan, Rumah Sakit Malangbong merupakan salah satu fasilitas kesehatan (faskes) yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Malangbong, dikarenakan jarak antara Kecamatan Malangbong ke rumah sakit umum daerah cukup jauh.

“Jadi masyarakat Malangbong ini kalau ke Garut itu itu jaraknya cukup jauh, kalau dihitung dengan jam bisa sampai 2 jam ya kemudian juga ongkosnya juga ya relatif cukup mahal ya,” ungkapnya.

Menurut Wabup, masyarakat sangat antusias dengan adanya Rumah Sakit Malangbong ini, meskipun fasilitas serta tenaga kesehatannya masih terbatas. Ia memaparkan, sampai saat ini sudah banyak masyarakat yang dirawat di Rumah Sakit Malangbong.

“Dengan adanya kehadiran rumah sakit ini walaupun masih harus banyak dilengkapi ya, ini antusias semua masyarakat luar biasa terbukti baru aja beberapa hari sudah 7 orang yang melahirkan,” kata Wabup.

Ia menambahkan, pihaknya berencana untuk menempatkan 4 dokter spesialis antara lain dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis anak, dokter spesialis obgyn, dan dokter spesialis gigi.

dr. Helmi menyampaikan, di tahun ini pihaknya akan segera melengkapi beberapa fasilitas seperti 50 buah bed (tempat tidur pasien), rontgen, peralatan ICU, serta peralatan ICU.“Ya jadi bisa dipakai dulu ya dengan fasilitas yang ada, fasilitas yang ada nanti kan akan berkurang, kurang apa lengkapi ya, jadi kita (akan) terus kita lengkapi (fasilitas),” lanjutnya.

Ia berharap, masyarakat dapat memanfaatkan Rumah Sakit Malangbong dengan baik, meskipun saat ini fasilitasnya masih terbatas. Ia menyampaikan pihaknya akan terus melakukan langkah-langkah demi meningkatkan derajat kesehatan, khususnya bagi masyarakat Malangbong.

“Ya kepada masyarakat ini agar rumah sakit yang bisa digunakan ya, walaupun (belum lengkap) tapi kita bisa maksimal. Tapi saya mohon bersabar karena rumah sakit yang tumbuh (dan) terus berkembang ya,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Garut, dr. Maskut Farid, menyebutkan pihaknya akan segera melengkapi alat kesehatan serta menambah ruang rawat inap yang ada di Rumah Sakit Malangbong, dengan anggaran kurang lebih 1,5 miliar.

Sementara, untuk Sumber Daya Manusia (SDM)-nya sendiri, akan dibantu oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas Malangbong dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Slamet Garut.

“Operasionalisasi rumah sakit ini dibantu oleh tim puskesmas dan juga dari rumah sakit dr. Slamet Garut, sehingga mudah-mudahan terus kita kembangkan intinya mudah-mudahan menjadi rumah sakit yang refresentatif,” tandasnya.(WAHYU/HENDRA)***

Posting Komentar

0 Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA