Ticker

6/recent/ticker-posts

Ridwan Kamil Siap Bantu Desain Produk Pelaku Usaha Kulit Garut


Garut – NUANSA POST

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil siap membantu mendesain dan memasarkan produk pelaku usaha dan perajin kulit yang berada di daerah kabuparen Garut. Hal itu disampaikan gubernur dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Garut, Kamis (6/1/2022).

Pada kesempatan itu gubernur bertemu dengan para pelaku usaha kulit di Sukaregang kabupaten Garut, sekaligus menyerap aspirasi dan curhatan para pedagang yang rata-rata mengeluhkan kurangnya penjualan yang turun drastis di masa pandemi COVID-19.

Di hadapan sejumlah pelaku usaha fesyen itu, Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil menawarkan diri untuk membantu membuatkan desain produk, baik berupa jaket, sepatu, tas, hingga dompet.

Menurutnya, salah satu persoalan yang ada saat ini adalah penjualan adalah produk yang kurang di minati oleh pasar pada saat ini. "Saya tawarkan kalau ada pengusaha kulit yang mau berkolaborasi memproduksi desain Ridwan Kamil, saya tunggu," katanya.

Kang Emil menegaskan, dirinya tak akan memungut biaya sepeser pun bagi pelaku usaha kulit yang ingin produknya ia desain. "Kalau mau silakan, saya minta daftarnya berapa toko yang mau memproduksi barang yang saya buat desainnya mulai dari dompet, tas wanita, sepatu, jaket yang semuanya berbahan dasar kulit garut," ujarnya.

Tak hanya itu, Kang Emil yang jumlah pengikutnya di media sosial sampai saat ini sekitar 15 juta orang juga siap mempromosikan produk kulit yang ia desain. "Saya juga siap untuk memasarkan produknya, tapi tentunya produk itu harus sesuai dengan selera pasar. Nanti saya posting, pengikut saya sudah ada 15 juta orang," kata Kang Emil.

Upaya memajukan industri kecil menengah dengan mendesain ulang produk dan pola pemasaran seperti ini sudah Kang Emil lakukan pada pelaku usaha batik di Cirebon.

Hasilnya, produk tersebut laku dijual hingga ke mancanegara. Desain batik Kang Emil yang mendunia salah satunya dinamakan Garuda Kujang Kencana. "Batik Cirebon yang saya desain itu juga laku dijual sampai Korea Selatan dipakai artis K-Pop," tuturnya.

Kang Emil menuturkan, salah satu tugas pemimpin adalah meringankan beban masyarakat dan mencari solusi dalam hal apapun.

Bagi para pelaku industri kecil menengah ia meminta agar selalu beradaptasi dengan dunia yang terus berubah dengan masuk dalam ekosistem digital. "Dunia sudah berubah.  Mari beradaptasi, jangan berada di zona nyaman," pintanya.

Pada kesempatan itu Kang Emil juga menyampaikan pemikiran untuk mendirikan semacam lembaga pengembangan desain yang  akan memprediksi tren konsumen/selera pasar. (WAHYU/JIMAR/HENDRA)***

 

 

Posting Komentar

0 Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA