Ticker

6/recent/ticker-posts

Di Duga Kios pupuk Tiyuh Setia Bumi Dan Mulyo Jadi Jual Pupuk Bersubsidi Di Atas Harga (HET)

TUBABA, NUANSA POST.

Petani Di Tiyuh Mulyo Jadi dan Setia Bumi Kecamatan Gunung Terang kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) keluhkan harga penjualan Pupuk bersubsidi jenis Urea, NPK Phonska dan SP 36 di atas Harga Eceran Tertinggi (HET).

Salah satu petani dan sekaligus ketua kelompok tani di Tiyuh Mulyo Jadi kecamatan Gunung Terang kabupaten Tubaba Berinisial DS ketika di konfirmasi oleh awak media di kediamannya mengatakan, "Disini menebus pupuk bersubsidi di tengkulak (Kios) milik Edi harga nya sangat mahal dan mutu pupuk nya tidak berkualitas, sangat mengecewakan buat kami para petani di sini,"Keluh dia, pada Kamis (2/12/2021).

Lanjut dia, menurut DS tebusan pupuk bersubsidi di tengkulak (Kios) milik Edi untuk petani disini yang punya Rencana Definitif kebutuhan kelompok tani (RDKK) jenis pupuk urea 50kg Rp.135.000 persak dan bagi petani yang tidak punya RDKK Rp.165.00 persak, selain itu juga ada pupuk subsidi jenis NPK phonska, SP 36 untuk petani yang punya RDKK tebusan Rp.150.000 kalau tidak ada RDKK Rp.180.000 persak,"Papar dia.

Hal senada juga di ungkap oleh salah satu warga Mulyo Jadi yang Berinisial

BHR, Pupuk bersubsidi disini tebusannya sangatlah mahal harganya dan kwalitasnya juga tidak baik karna bukan dari Gresik tapi dari Palembang, seperti yang di katakan petani DS tetangga saya itu benar apa adanya dan hal sepeti ini sudah berjalan dalam waktu yang cukup lama di Tiyuh kami ini,"Ungkap dia.

Ditempat terpisah Pemilik kios pupuk Edi dan pemilik kios pupuk Bramantio ketika di jumpai awak media di kediamannya mengatakan, "Terkait penebusan pupuk bersubsidi ke petani jenis urea 50kg Rp.114.000 s/d Rp.114.500 persak, sesuai harga yang telah di tentukan dan saya juga membawahi dua Tiyuh yakni Tiyuh Mulyo Jadi dan Tiyuh Panca Marga  untuk menyalurkan pupuk subsidi untuk petani,"Kata dia.

Lebih jauh Edi, menjelaskan ada sedikit keuntungan dari segi ekonomi walau tidak besar dalam penyaluran pupuk subsidi ke petani dan  saya juga ada kawan pengecer kios pupuk milik Bramantio yang membawahi Tiyuh Setia Bumi, Tiyuh Terang Bumi, Tiyuh Terang Makmur dan sekarang ini saya sedang bongkar muatan pupuk subsidi jenis urea yg dikirim sebanyak 9 Ton untuk saya sendiri 4 ton dan untuk pak Bramantio 5 ton, pengiriman pupuk biasanya dalam satu bulan Dua kali pengiriman dari Distributor dan pupuk ini berasal dari kali Balangan Lampung Utara, Kios pupuk saya sendiri sudah berjalan selama 3 tahun dan kios Bramantio Sudah berjalan hampir 5 tahun,"Jelas dia.

 

keterangan hasil pantauan awak media bersama Kru media di dalam gudang kios milik Edi dan Bramantio pupuk subsidi menumpuk. (Robert)

Posting Komentar

0 Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA