Ticker

6/recent/ticker-posts

Bupati Cilacap Dukung Gerakan Literasi Sekolah Bangkit


Cilacap – NUANSA POST

Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat Kabupaten Cilacap, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji hadiri acara Gerakan Literasi Sekolah Bangkit Tingkat Kabupaten Cilacap yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Maos pada Rabu (24/11/21).Turut hadir dalam giat tersebut Kepala Dinas P dan K Cilacap Sadmoko Danardono, Kepala Sekolah SMP N 2 Maos Edy Sukamto, Camat Maos Trias Handayani, Ketua PGRI Cilacap Sutikno, unsur Forkopimcam Maos serta para staf dan siswa siswi SMP Negeri 2 Maos.

Kegiatan diawali dengan penanaman pohon yang dilakukan oleh Bupati Cilacap, Kepala Dinas P dan K serta Camat Maos. Acara dibuka dengan pembacaan parade puisi untuk Bupati Cilacap serta story telling dari siswa siswi di Kabupaten Cilacap.

Kepala Sekolah SMP N 2 Maos selaku Ketua Penyelenggara dalam laporannya mengatakan bahwa meski kegiatan literasi di sekolah sempat terhambat dikarenakan adanya pandemi Covid-19 namun sudah saatnya untuk mengembalikan semangat membaca dan menulis bagi para siswa dan siswi di sekolah.

“Meski hampir 2 tahun lamanya terhambat akibat pandemi Covid-19, kini saatnya bangkit dan kembali dengan Gerakan Literasi Sekolah Bangkit yang harapannya Bupati Cilacap selaku Bapak Literasi Cilacap dapat terus membimbing dan mengarahkan,” ungkapnya.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa sebagian besar proses pendidikan bergantung pada kemampuan dan kesadaran literasi. Budaya literasi yang tertanam dalam diri peserta didik mempengaruhi tingkat keberhasilan baik di sekolah maupun dalam kehidupan bermasyarakat.

“Oleh karena itu, sangatlah penting untuk menumbuhkan gemar membaca pada peserta didik. Hal ini tentunya sejalan dengan adanya gerakan literasi dan gemar membaca di sekolah, maka untuk meningkatkan minat baca masyarakat, Pemerintah Kabupaten Cilacap memiliki program Cilacap Cerdas Dengan Memberdayakan Perpustakaan melalui gerakan Cilacap Gemar Membaca,” ungkapnya.

Bupati juga menyebutkan bahwa dengan adanya Gerakan Literasi Sekolah Bangkit dapat mempersiapkan next young generation dengan cara terapkan budaya membaca buku kepada anak–anak penerus masa depan Kabupaten Cilacap.

“Anak–anak ini dikasih budaya, budaya baca. Tetapi jangan hanya membaca (pesan) WhatsApp, baca buku. Kalau sudah mau baca berarti dia mau maju, anak ini berarti punya masa depan. Maka dibudayakan dulu. Harapannya budaya literasi akan terus diperbaiki untuk kedepannya,” ucapnya.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan juga pemberian cinderamata karya siswa siswi SMP N 2 Maos dilanjutkan dengan pengukuhan Bupati Cilacap sebagai anggota K’Gum serta launching buku karya Guru dan siswa bertajuk Kilas Berkas Menuju Pentas. Acara ditutup dengan menyaksikan pameran dan bazaar buku oleh Bupati Cilacap. (HARYANTI)

 

Posting Komentar

0 Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA