Ticker

6/recent/ticker-posts

Palm Stearin Tumpah, PT Kreasi Jaya Adhi Karya Diduga Lalai

DUMAI, NUANSA POST
Terkait tumpahan minyak turunan CPO Palm Stearin PT Kreasi Jaya Adhi Karya pada Senin (8/11/2021) malam lalu, Kabid IV Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Dumai Anton Budi Darma, menyayangkan kejadian tersebut. Tumpahan Palm Stearin terjadi setelah 2 jam loading ke atas kapal MT Santos, tujuan Belanda.

"Menurut Anton, seharusnya PT Kreasi Jaya Adhi Karya (Masuk Kelompok Usaha PT. KLK), sebelum loading, melakukan koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) dan pihak terkait lainnya," ujar Kabid IV, saat di konfirmasi NUANSA POST, Jum'at (22/11/2021), di kantor nya.

Dijelaskan Kabid ramah tersebut, pihaknya mengetahui peristiwa tumpahan Palm Stearin karena di hubungi Polres, Senin (8/11) malam 22.30 WIB. "Bukan dari pihak Perusahaan. Seolah-olah kami di anggap tidak ada oleh Perusahaan," kesal Kabid Anton.

"Kami tahu nya mereka loading karena kejadian ini. Berarti, seandainya tidak kejadian tidak tahu dong..?," tutup Anton. Bahkan Humas PT Kreasi Jaya Adhi Karya Yogi Rinanda telah di BAP oleh Dinas LHK. Senada, begitu pula tanggapan salah satu petugas di KSOP Syahbandar Dumai."
"Jika disandingkan dengan Peraturan Menteri Perhubungan RI No: PM 39 Tahun 2021, tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Perhubungan No: PM 58 Tahun 2013, tentang Penanggulangan Pencemaran di Perairan dan Pelabuhan, yang intinya wajib lapor ke otoritas, dapat di simpulkan PT Kreasi Jaya Adhi Karya (KLK Group) lalai sehingga terjadi tumpahan minyak," ungkap petugas yang membidangi. (RHS)

 

Posting Komentar

0 Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA