Ticker

6/recent/ticker-posts

Kabupaten Ciamis Raih Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Madya



Ciamis,- NUANSA POST

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya merasa bersyukur walaupun dalam suasana pandemi covid-19, tapi kabupaten Ciamis masih mampu berprestasi hal ini dibuktikan dengan diraihnya penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 Kategori Madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  Republik Indonesia.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati dan di terima langsung Bupati Herdiat secara virtual dari ruang vidcon Setda Kabupaten Ciamis. Rabu, 13/10/21.

I Gusti Ayu Bintang mengatakan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak.

“Penghargaan ini sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian/lembaga dan  pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam strategi pengarusutamaan gender (PUG),” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Ciamis memberikan apresiasi kepada Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) yang telah menginisiasi diselenggarakannya Anugrah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2021 sebagai salah satu bentuk nyata penghargaan bagi pencapaian kesejahteraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak di daerah.

Beliau menyampaikan, Anugerah Parahita Ekapraya merupakan sebuah apresiasi yang diberikan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia kepada Pemkab Ciamis atas prestasi dalam pengarusutamaan gender berdasarkan Instruksi Presiden nomor 9 tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender Dalam Pembangunan Nasional.

" Saya mengucapkan syukur Alhamdulillah karena Pemerintah Kabupaten Ciamis pada tahun ini telah berhasil meraih Anugerah Parahita Ekapraya  kategori Madya, walaupun masih dalam situasi pandemi covid-19". ujarnya.

Menurut Bupati Herdiat, Pemerintah Kabupaten Ciamis dinilai memiliki komitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan dan keadilan gender yang diimplementasikan dalam pembangunan daerah. “Penghargaan ini merupakan keberhasilan kita semua yang melibatkan seluruh komponen dengan kolaborasi pentahelix,” ujarnya.

"Semoga anugerah ini dapat lebih memicu dan memacu motivasi kita agar pembangunan berbasis gender di Kabupaten Ciamis semakin lebih baik lagi di masa yang akan datang,” pungkasnya.

Lebih lanjut Kepala DP2KBp3A Kabupaten Ciamis, Dian Budiyana menerangkan bahwa penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya sebelumnya diraih Kabupaten Ciamis pada  tahun 2018 dengan kategori Pratama,  Selanjutnya berkat kerjasama yang baik dengan semua sektor dan komitmen yang kuat dari Pemerintah Kabupaten Ciamis, saat ini berbuah manis yaitu pada tahun ini kembali berhasil meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE) setingkat lebih tinggi dari tahun sebelumnya yaitu kategori madya.“Alhamdulillah pada tahun ini, Kabupaten Ciamis naik tingkat dari kategori Pratama ke kategori Madya,” jelasnya.

Terakhir, Kepala DP2KBp3A mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas keberhasilan meraih Predikat Madya tahun 2021.

Adapun program unggulan Kabupaten Ciamis dalam mendukung pembangunan pengarusutamaan gender antara lain :

1.Sistem Informasi Perencanaan Pengawasan Inspektorat, Inspektorat Kabupaten Ciamis;

2.Pekarangan Pangan Lestari, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis;

3.Wisata Pustaka Antariksa, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ciamis;

4.15 Menit Rindu Membaca, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ciamis;

5.Jempol Simanis, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis;

6.Aplikasi Pelaporan Kekerasan Terhadap Perempuan Dan Anak, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Ciamis;

7.Lembur Berseka, Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis;

8. Gemar Makan Ikan, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis.

“Semoga dapat menjadi motivasi untuk terus meningkatkan upaya pembangunan yang responsif gender di Kabupaten Ciamis,” tutupnya.(HENDRA NOOR/PROKOPIM)***

 



Posting Komentar

0 Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA