Ticker

6/recent/ticker-posts

Hanguskan 8 Unit Rumah, Si Jago Merah Lalap Permukiman Warga,


Dumai, NUANSA POST

Setelah sebelumnya pada Juli 2021, si jago merah lalap pemukiman padat warga, kali ini Kamis (16/09/2021) kembali si jago merah hanguskan 8 unit rumah di perkampungan yang sama, Jln. Cendrawasih Ujung RT.03 Kel. Laksmana Kec. Dumai Kota.

 Kebakaran di Dumai, kobaran api yang terjadi di kawasan Kampung Wisata, Kelurahaan Laksamana, Kecamatan Dumai Kota, sekitar pukul 15:15 Kamis (1/7), menghanguskan sekitar tujuh rumah dan satu masjid.Informasi pertama kali di dapat petugas piket BPBD UPT Damkar, 17.58 WIB, dari salah seorang warga setempat via telpon darurat Damkar dan telpon Rahmat Fitra warga Jln. Bangun Sari Gg. Nenas Kel. Tanjung Palas Kec. Dumai Timur via WA.

Gerak cepat petugas piket dibawah Komando Komandan Regu (Danru) Budiyono, kerahkan peralatan Fire Truck 010, PTO 09, 011 dan 012, Water Suplay Mobile 05 dan 08, Fire Mobile 04 serta Fire Jeep 07.

Tiba di lokasi 18.00 WIB, sebelum Adzan Magrib. Keterangan saksi mata, api pertama kali terlihat dari rumah kosong milik almarhumah Siti. Angin kencang yang berhembus, picu api berkobar cepat.

Dikarenakan permukiman rapat dan padat, seketika api meluas dan sambar rumah disekitar, yang mayoritas terbuat dari papan berusia tahunan."Saya melihat api pertama kali dari rumah kosong milik almarhumah Siti. Angin kencang membuat api cepat berkobar dan  menyambar rumah yang mayoritas terbuat dari papan,"  ungkap Warga.

Selain dari Damkar, bantuan Unit dari PT Pertamina RU II Dumai juga tiba di lokasi berupa 1 Unit Fire Truck. Sementara dari PT Pelindo 1 berupa 1 Unit Water Suply.

Dalam melakukan pemadaman, petugas mendapat hambatan, berupa; 1. Pemukiman padat penduduk dan berpagar tinggi (menyulitkan saat pemblokiran nyala api). 2. Banyaknya kendaraan yang parkir di pinggir jalan (menganggu akses jalan petugas).3. Angin kencang (menyebabkan asap yang berputar-putar menghalangi pandangan petugas.

Pendataan petugas, ada 8 unit rumah permanen dan semi permanen hangus terbakar; Baidah 70 thn, Khaidir 45, Mariyatun 80, Liza 35 (mengontrak), Zulhelmi 28 (mengontrak), Ajo Sosis Iwan 40 thn (mengontrak), Amir 48 dan Yani 80 thn.

Setelah 1,5 jam petugas berjibaku, akhirnya api berhasil dipadamkan. Selanjutnya dalam tahap pendinginan.Armada tiba di Rimbang 20.45 WIB dalam keadaan sehat waalfiat tanpa kekurangan suatu apapun.

Tidak ada korban jiwa. Informasi di dapat dari Kapolsek Dumai Kota Iptu Hardiyanto, SE., M.Si., saat berita naik, kerugian material dalam tahap penghitungan, dan belum ada indikasi penyebab kebakaran di sebabkan oleh seseorang.

Pada kebakaran awal Juli lalu, di lokasi berdekatan, Jln Cendrawasih, Kampung Wisata Kelurahan yang sama hanguskan tujuh rumah dan satu Masjid.(RHS)

 

Posting Komentar

0 Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA