Ticker

6/recent/ticker-posts

Warga Pesisir Pantai Selatan Pangandaran Gelar Hajat Laut 2021 di Tengah Pandemi Covid 19


Pangandaran,NUANSA POST

Warga pesisir di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat menggelar hajat laut dengan melarung sesaji. Mereka menerapkan protokol kesehatan ketat, seperti membatasi jumlah peserta dan wajib mengenakan masker. Meski pesta hajat laut kali ini tanpa kirab perahu dan dongdang atau sesaji, namun tradisi syukuran nelayan di pesisir pantai selatan tersebut, tetap mengundang kerumunan masyarakat. Hajat laut dilaksanakan serentak di beberapa titik, salah satunya Pantai Barat, Pangandaran.

Hajat Laut Pangandaran 2021 di selenggrakan secara khidmat dan sederhana di karenakan masa pandemi yang berkepanjangan yang melanda seluruh indonesia maupun dunia .tapi tidak menutup untuk melanjutkan budaya yang turun temurun sebagai rasa syukur kepada illahi maka acara tersebut di laksanakan dengan sangat sederhana dan di persingkat untuk menjaga penyebaran virus c19,

Peristiwa budaya pesisir Pangandaran diselenggarakan setiap bulan Muharam itu ditujukan sebagai ungkapan rasa syukur dan berharap kebaikan. Iring-iringan puteri dengan dayang serta dongdang diarak menuju bibir pantai dan menaiki perahu yang sudah disediakan.

Menggunakan puluhan perahu motor, puteri dan dayang serta dongdang diiringi warga Pangandaran jauh ke tengah lautan, untuk seterusnya dongdang dilarung (dibuang) kelaut. “Maksud dan tujuan dari seluruh rangkaian Hajat Laut ini tiada lain untuk meujudkan rasa syukur kami akan limpahan rejeki yang kami dapat di lautan dari yang Maha Kuasa," ujar Edi Rusmiadi sebagai salah satu penggerak budaya karuhun yang ada di pangamdaran.

            Kita akan terus bersukur walaupun waktu dan keadaan yang sangat tidak memungkinkan tapi budaya dan tatakrama harus kita jalankan dan tidak melupakan dan mengesampingkan protokol kesehatan yang ketat. Mudah mudahan dengan acara syukuran hajat ini do'a kita cepat terkabul dan pangandaran khususnya indonesia umumnya segera terbebas dari masa pandemi yamg berkepanjangan ini...pungkasnya. (SUNAR)***

 

Posting Komentar

0 Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA