Ticker

6/recent/ticker-posts

Wamen ATR/BPN Dr. Surya Tjandra, SH., LL.M. Kunker, Walikota Dumai H. Paisal, SKM., MARS., Sampaikan Dilema Tata Ruang dan Agraria


Dumai-NUANSA POST

Wakil Menteri (Wamen) Agraria, Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN)

Dr. Surya Tjandra, SH., LL.M. lakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kota Dumai, Selasa (22/06/2021) dengan agenda menampung persoalan dan masalah Agraria dan Tata Ruang dari Walikota Dumai.

Kedatangan Wamen beserta rombongan Pusat dan Provinsi di Bandara Pinang Kampai, disambut Walikota H. Paisal, SKM., MARS., Kakan BPN/ATR Robert Hasudungan Sirait, SH, ST, M.Si, Pimpinan instansi terkait, Dandim 0320/Dumai, Wakapolres dan Ketua LAM Dumai.

Rapat dilaksanakan di ruang rapat Wan Dahlan Ibrahim, Jln. Putri Tujuh no: 56 Kel. Teluk Binjai Kec. Dumai Timur.

Dalam sambutannya Wali Kota Dumai menyampaikan selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Wamen."Saya ucapkan selamat datang kepada Wakil Menteri ATR/BPN Surya Tjandra beserta rombongan Pusat, anggota DPD RI dari Riau Fernando Sinaga didampingi Gubernur Riau dan rombongan. Pertemuan ini merupakan momentum strategis dan penting, dalam upaya menyelesaikan permasalahan Agraria klasik di Dumai," ucap H. Paisal.

Kepada Wamen, Walikota menyampaikan bagaimana kompleksnya persoalan Agraria dan Tata Ruang di Dumai."BUMN PT. Pertamina RU II dan Perusahaan Swasta Nasional PT. Chevron Pacific Indonesia (CPI) mendominasi hampir sebagian lahan Kota Dumai," buka Paisal.


Paisal menerangkan, bagaimana saat ini masyarakat sudah banyak yang tinggal, beranak cucu dan menguasai lahan milik Perusahaan tersebut. Bahkan ada fasilitas Publik dan Pemerintah didirikan di atasnya. Lahan inilah yang kerap di sebut "Lahan Konsesi".

"Dilema nya adalah penataan ruang dan sertifikat lahan yang di kuasai masyarakat, kawasan hutan, lahan 100 meter kanan-kiri dari as Jalan Soekarno-Hatta milik CPI dan lahan-lahan konsesi lainnya," curhat Paisal.

H. Paisal berharap, dengan kedatangan Wamen Dr. Surya Tjandra dapat langsung berkoordinasi secara teknis,  langkah-langkah yang harus di persiapkan, terkait data dan dokumen pendukung agar bisa diproses sesuai aturan dan perundangan yang berlaku.

"Kami juga berharap agar tanah di Kota Dumai baik milik pemerintah, swasta, atau masyarakat memiliki kejelasan status peruntukan dan kepemilikannya, serta tidak tumpang tindih. Upaya ini dilakukan untuk mengurangi konflik dan sengketa lahan di Kota Dumai," tambahnya.

Wamen dalam arahannya mengatakan, laporan tertulis persoalan tersebut telah di terima nya dari Kabupaten/Kota yang ada di Riau."Kita telah pahami hambatan-hambatan ini. Nantinya laporan akan diteruskan kepada Menteri ATR/BPN RI Sofyan Djalil, untuk mendapatkan solusi apa yang bisa kita lakukan terkait urusan agraria, tata ruang, dan pertanahan di Riau," ungkap Dr. Surya Tjandra.

Beliau juga menyampaikan untuk menyelesaikan permasalahan agraria di Kota Dumai harus melibatkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)."Hal ini dikerenakan ada penggunaan lahan lain yang kemudian menjadi kawasan hutan atau ditetapkan sebagai Peta Indikatif Penundaan Pemberian Izin Baru (PIPPIB). Ini merupakan kewenangan KLHK. Kita hanya mempunyai datanya, baik data penguasaan, data yuridis dari tanah itu," sebutnya.

Terkait dengan ini, Dr. Surya Tjandra mengatakan berdasarkan aturan di Peraturan Pemerintah No. 43 Tahun 2021, untuk hal seperti ini, lahan yang di maksud bisa dilepas."Tapi ada prosedur yang harus di laksanakan. Kita mohon prosedurnya itu yang dipermudah dan dipercepat. Dan tentunya perlu kerjasama yang baik dari Pemprov dan Pemda agar urusan ini dilancarkan," katanya.

Turut hadir dalam kesempatan, Gubri Drs. H. Syamsuar, M.Si., Kakanwil BPN Riau M. Syahrir, A. Ptnh., SH., MH., Para Asisten, Kepala Instansi Vertikal terkait, Kepala OPD terkait se Kota Dumai, Camat se Kota Dumai, Pengurus IPPAT, LAMR, Ketua Kadin, BMPD Kota Dumai, serta undangan lain.(Diskominfo/RHS)

 

 

Posting Komentar

0 Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA