Ticker

6/recent/ticker-posts

Vaksinasi Dosis Ke-2, Rutan Kelas IIB Dumai Gandeng Puskesmas Bumi Ayu dan Bukit Timah

DUMAI, NUANSA POST.

Setelah sebelumnya pada Rabu (16/06/2021), kali ini Rutan Kelas IIB Dumai kembali adakan Vaksinasi bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Mengambil tempat di Hall Rutan, Rabu pagi (30/06) Tim Medis dari Puskesmas Bumi Ayu 11 orang dan Bukit Timah 9 orang siap layani 1.085 WBP, gunakan 7 meja. Puskesmas itu sendiri merupakan bagian dari Tim Gugus Tugas Anti Covid-19 Kota Dumai.

Diantara peserta Vaksinasi, tampak Kepala Rutan Pance Daniel Panjaitan, A.Md.P, S.H., M.M. beserta istri. Pada Vaksinasi dosis kedua, dengan sasaran 73 pegawai lalu, mereka berdua tidak bisa karena tidak lolos screening kesehatan.

"Vaksinasi kita jalankan berdasarkan Keputusan Dirjen Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit, No: HK 02.02/4/1/2021, tentang Juknis Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka penanggulangan Pandemi Covid-19, tanggal 02 Januari 2021 dari Kementerian Kesehatan," terang Pance Panjaitan pada NUANSA POST.

Pantauan Jurnalis, teknis layanan, Paramedis mengutamakan WBP wanita dahulu, disusul WBP pria. Di tengah-tengah jalannya Vaksinasi, Camat Dumai Selatan Zulfahren, S.Sos di dampingi Lurah Bumi Ayu Heri Suprapto, S.Sos, M.IP., hadir memantau jalannya Vaksinasi.

Sekalipun jumlah WBP 1.000-an orang, namun menurut data riwayat kesehatan para WBP, hanya ±400-an yang layak terima Vaksin Sinovac 0,5 cc tersebut. Jadi Vaksinasi hanya berlangsung 1 hari saja. "Yang di data hanya 354 WBP, sisanya klterkendala tidak lolos screening karena ada penyakit bawaan dan tidak memiliki KTP," tambah Pance Panjaitan.

Ditambahkan Pance, bagi WBP yang tidak memiliki KTP, Rutan bekerjasama dengan Faskes dan Disdukcapil, agar para WBP tidak terhambat dalam menerima Vaksin. Rutan lebih mengutamakan Vaksinasi di dahulukan. Menurut data, saat ini Rutan Kelas IIB Dumai di huni 1.085 WBP, melebihi kapasitas normal yang seharusnya 256.

Dari total 1.085, WBP wanita berjumlah 32, di bawah umur 1 orang, selebihnya 1.062 pria dewasa. Jumlah kamar hunian pria 37, wanita 2 dan anak-anak 1 kamar. Ukuran kamar itu sendiri 4X4 meter. Vaksinasi berjalan dengan tetap mengedepankan Protokol Kesehatan Anti Covid-19.  (RHS)

Posting Komentar

0 Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA