Ticker

6/recent/ticker-posts

Musdesus Penetapan Hasil Pendataan SDGs Tahun 2021 Desa Cikadu, Kec.Cisayong

 


Kab.Tasik. NUANSA POST

Pada hari Sabtu (19/06), Pemerintah Desa Cikadu mengundang Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Kepala Dusun (KASUN), tokoh masyarakat dan semua Enumerator pendataan SDGs Desa Cikadu. Musyawarah Desa Khusus (MUSDESUS) dalam rangka penetapan hasil pendataan SDGs Desa Tahun 2021.

PLT Kepala Desa Cikadu Saoban Muhamad Mildan Hamdani mengatakan bahwa Materi pembahasan MUSDESUS dalam penetapan hasil pemutakhiran data SDGs Tahun 2021, meliputi :

Servey Desa 1 : Meliputi data lokasi, pemerintahan desa, musyawarah desa, regulasi, APBDes, aset desa, layanan, kerjasama, lembaga kemasyarakatan desa, BUMDes, unit usaha BUMDes, insfrastruktur dan lainnya.

2. Survey Rukun Tetangga (RT): Jumlah RT yang telah didata sebanyak 22 RT dari 6 RW, yang terdiri dari data lokasi, pengurus RT/RW, lembaga ekonomi, industri, sarana ekonomi, fasiltas ekonomi, insfrastruktur, lingkungan, bencana, mitigasi bencana, sarana pendidikan, kesehatan, kejadian luar biasa, agama/sosbud, lembaga keagamaan, lembaga kemasyarakatan, keamanan, tindak kejahatan dan kegiatan warga.

3. Survey Keluarga:Jumlah keluarga yang telah didata sebanyak 905 keluarga, yang terdiri dari data lokasi dan pemukiman, akses pendidikan, akses kesehatan, akses tenaga kesehatan, akses sarana prasarana, dan lain-lain.

4. Survey Individu: Jumlah individu yang telah didata sebanyak 2640 jiwa/individu, yang terdiri dari data individu, pekerjaan, penghasilan, kesehatan, disabilitas dan pendidikan,ungkap Saoban Muhamad Mildan Hamdani  

Saoban Muhamad Mildan Hamdani menambahkan bahwa MUSDESUS berjalan kidmad dan mufakatSetelah dilakukan pembahasan dan diskusi terhadap materi, selanjutnya seluruh peserta musyawarah menyepakati hasil survey Desa, RT, Keluarga dan Individu, yang berketepatan menjadi kesepakatan akhir dari musyawarah desa khusus penetapan hasil pemutakhiran data SDGs Desa Tahun 2021,terangnya.

Saoban Muhamad Mildan Hamdani menambahkan bahwa Upload data SDGs diselesaikan selambat lambatnya 30hari dari tanggal berita Acara Musdesus yang dibuat,tetapi dengan catatan: sepanjang aplikasi dan dasboard SDGs Desa dari Pusdatin Kemendes PDTTBisa berjalan dengan baik katanya.

Dengan selesainya dan telah ditetapkannya hasil pemutakhiran data SDGs Desa Tahun 2021, diharapkan tujuan pembangunan berkelanjutan dapat segera diimplementasikan. Sehingga pembangunan desa berkelanjutan dalam upaya mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, desa peduli kesehatan, desa ekonomi tumbuh merata, desa peduli pendidikan, desa ramah lingkungan dan desa tanggap budaya dapat tercapai sesuai harapan.pungkasnya.(J.ROHANI)*

 

Posting Komentar

0 Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA