Ticker

6/recent/ticker-posts

Kades Sumber Tani Kebal Hukum, Tiga Tahun Dilaporkan LAKI ke APH Tidak Diproses


Lampung Utara -NUANSA POST

Berdasarkan data dan keterangan serta laporan dari Ketua umum (Ketum) Lembaga Anti Korupsi Indonesia (LAKI) Alian Arsil dan Kordinator Daerah (Korda) Lampung utara, MA Jupri Arsil kepada Aparat Penegak Hukum (APH), Bahwa pada Proyek kegiatan pembangunan Drainase siring pasang, Type 60 dengan Volume panjang 500 meter yang menggunakan Anggaran Dana Desa (DD) tahun 2019 dan peningkatan sarana Jalan tahun 2020 dengan Pagu anggaran Rp : 385.605.300 di Desa Sumber Tani Kecamatan Abung pekurun Kabupaten Lampung utara, diduga Fiktif dan merugikan Keuangan Negara, namun hingga kini Belum di proses dan terkesan Kebal (Imun) Hukum," jelas Ketum LAKI.

Meskipun telah dilaporkan kepada Aparat Penegak Hukum (APH) melalui Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres Lampung utara dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kotabumi, oleh Lembaga Anti Korupsi Indonesia (LAKI) Kordinator Daerah (Korda) Lampung utara, Namun hingga detik ini, Proses Hukumnya belum ada tindak lanjutnya, hingga oknum Kepala Desa (Kades) Sumber Tani, Kusnadi, tetap santai melenggang Bebas dengan Gagahnya," Tambah Ketum Alian Arsil geram.

Belum lagi dugaan penyelewengan anggaran pada kegiatan lainya, seperti pengadaan jasa layanan Internet yang tidak jelas Pagu Nilai serta keberadaan Unit layananya. Kesewenangan oknum Kepala Desa (Kades) Sumber tani, Kusnadi makin menjadi-jadi dengan Gaya congkaknya yang melaksanakan Pembentukan Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tanpa dihadiri Unsur TNI / Polri (Babinsa dan Bhabinkamtibmas) yang juga bagian dari Pemerintah dalam Fungsi Pembinaan wilayah Teritorial dan Pembinaan Keamanan ketertiban masyarakat.

Ditambahkan lagi oleh Kordinator Daerah (Korda) Lampung utara, MA Jupri Arsil," Sangat di sesalkan, Meski telah dilaporkan oleh Lembaga Anti Korupsi Indonesia (LAKI) Kordinator Daerah Lampung ke Unit Tpikor Sat reskrim Polres Lampung utara dengan Nomor Lp : 002 / Korda / LAKI/ IX / 2020. yang saat itu diterima langsung oleh penyidik Unit Tindak pidana Korupsi (Unit Tipikor) Sat reskrim Polres Lampung utara. Pada hari jumat tanggal 11/09/20 waktu setempat, namun tidak ada tindaklanjutnya, seakan-akan ada unsur pembiaran," Ini sangat disayangkan, secara tidak langsung telah membuktikan, bahwa Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Sat reskrim Polres Lampung utara, terkesan setengah hati dalam mengungkap dan memperoses Dugaan Tindak pidana Korupsi yang terjadi dan dilakukan oleh Oknum Kades Sumber tani, Kusnadi," Bahkan dapat juga dikatakan, Bahwa Unit Tipikor tidak mampu," kata MA Jupri arsil.

Pasalnya, sebelumnya, Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung utara, melalui Satuan Kerja (Satker) Inspektorat, selaku Pengawas dan pembinaan, telah melakukan pemeriksaan dan Monitoring terhadap Pengelolaan anggaran Dana Desa di Desa Sumber tani dan mendapati temuan adanya ketidak sesuaian Kegiatan sarana dalam Pelaporanya, menurut Data keterangan pihak Inspektorat," Telah terjadi perbuatan melawan Hukum, yang diduga dilakukan oleh Oknum Kepala Desa (Kades) Kusnadi," papar MA Jupri Arsil, Korda LAKI Lampung utara.

Aneh dan hebatnya lagi, Kepala Desa (Kades) Kusnadi itu, bertahun-tahun telah kami laporkan, Aneh Bin Ajaib," Sampai detik ini tidak di peroses, Bahkan masih Berambisi Maju dalam Pilkades.

Pada akhir tanggapannya, Ketua umum (Ketum) Lembaga Anti Korupsi Indonesia, Alian Arsil didampingi Kordinator Daerah (Korda) Lampung utara, MA Jupri Arsil dan seluruh jajaranya, mengatakan," Kami dari segenap jajaran Lembaga Anti Korupsi Indonesi (LAKI), meminta kepada Segenap Aparat Penegak Hukum (APH), baik Kepolisian maupun Kejaksaan, agar memperoses dan menindaklanjuti Laporan dari kami untuk segera mengambil langkah Tegas terhadap Dugaan Korupsi yang dilakukan Kepala Desa (Kades) Sumber tani, Kusnadi, Kalau terbukti bersalah," Tangkap dan berikan Sanksi tegas, sebagai bukti penegakan Hukum bagi pelaku Korupsi lainya," tegas Alian Arsil Ketua umum LAKI. (RIAN)

 

Posting Komentar

0 Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA