Ticker

6/recent/ticker-posts

BPKN RI Adakan Sosialisasi Perlindungan Konsumen di Pangandaran


Pangandaran, NUANSA POST

Sejumlah pelaku usaha di Kabupaten Pangandaran mengikuti kegiatan Edukasi Perlindungan Konsumen yang diadakan oleh Badan Perlindungan Konsumen Nasional Republik Indonesia (BPKN RI). Kamis, 17/6/2021, bertempat di Aula Setda Kabupaten Pangandaran.

            Hadir Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata, Ketua Komisi Komunikasi dan Edukasi BPKN-RI Ir. Johan Efendi, M.Si, Wakil Ketua Komisi Komunikasi dan Edukasi BPKN-RI Dr. Firman Turmantara Endipraja, S.H., S.Sos., M. Hum, Anggota Komisi Komunikasi dan Edukasi BPKN-RI Heru Sutadi, S.T., M.I.Kom, Kepala Dinas Perdagangan dan Koperasi UMKM Kabupaten Pangandaran Drs. Tedi Garnida serta beberapa pejabat lingkup Kabupaten Pangandaran.

            Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata menyampaikan beberapa hal yang dilakukan berkaitan dengan perlindungan konsumen.“Suatu kehormatan dan kebanggaan dengan adanya kegiatan ini, tentu mempunyai dampak yang luar biasa. Ada beberapa hal yang sudah kita lakukan berkaitan dengan perlindungan konsumen diantaranya pemantauan harga, pemantauan barang dan lain sebagainya,” ujarnya.

            Lanjut, beliau sedang mencari jalan bagaimana melindungi konsumen tetapi juga melindungi pergerakan ekonomi masyarakat.“Perlindungan konsumen secara substansi adalah mereka mendapatkan barang dengan harga terjangkau. Saya sedang memikirkan satu persoalan bagaimana melindungi konsumen tetapi juga melindungi pergerakan ekonomi masyarakat," Lanjutnya.

            Ia menegaskan peran Pemerintah menjadi media agar masyarakat mendapatkan barang dan harga yang sama serta terjangkau." Tentu kita sedang memikirkan bagaimana peran Pemerintah agar masyarakat mendapatkan barang yang sama seperti di toko modern dengan harga sama dan terjangkau, tetapi ekonomi masyarakat juga bergerak dengan bagus. Ini yang sedang kita pikirkan, tentu tidak mudah tapi saya yakin bisa," tegasnya.

            Sementara itu Ketua Komisi Komunikasi dan Edukasi BPKN-RI Ir. Johan Efendi, M.Si mengajak semua stakeholder untuk bersama-sama melakukan perlindungan konsumen.“Pada kesempatan ini kami ingin mengajak kita semua untuk bersama-sama melakukan perlindungan konsumen, karena ini perlu disadari bahwa konsumen Indonesia itu setara dari jumlah penduduk Indonesia. Sangat tidak mungkin diambil alih atau dibebankan kepada Pemerintah khususnya BPKN untuk melakukan perlindungan edukasi konsumen dari sabang sampai merauke. Sangat tidak mungkin kalau kami tidak membuka jaringan untuk mengajak, bersama kita melindungi konsumen,” ajaknya.

            Dalam hal ini, beliau mnjelaskan Tugas utama BPKN yaitu melihat situasi perlindungan konsumen secara nasional untuk dijadikan masukan serta rekomendasi kepada kementerian atau lembaga negara. “Dengan harapan ini nantinya tingkat indeks pemberdayaan konsumen yang ada pada level mampu saat ini konsumen mampu. Tugas utama dari BPKN yaitu melihat situasi isu perlindungan konsumen secara nasional yang akan menjadi masukan bagi BPKN untuk memberikan rekomendasi kepada Kementerian atau Lembaga Negara terkait,” jelasnya.(SUNAR)***

 

Posting Komentar

0 Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA