Ticker

6/recent/ticker-posts

Pertemuan Lanjutan Mengenai Blok Rokan , "Dumai Dapat Apa ?" Masyarakat Bersama Anggota DPRD Kota Dumai (Part 2)


Dumai — NUANSA POST

Pakar migas Agung Warsudi dalam presentasi terkait Blok Rokan menyampaikan "Geostrategis

dalam konstelasi bisnis Migas Blok Rokan di bagi berdasarkan anatomi dan reposisi".

Dalam pandangan Agung Warsudi yang sudah berpengalaman dan pernah terlibat bekerja di Blok Rokan, ada 7 poin penting, mengapa Dumai harus mendapat keuntungan dalam bisnis Blok Rokan.

1. Global Isu. Minyak bukan saja menjadi sumber kekayaan tapi

juga sumber kekuasaan. Siapa yang menguasai dan

mengontrol minyak, dia akan memperoleh keduanya

(Michael T Klare, Rising Powers, Shrinking Planet:

The New Geopolitics of Energy, November 2008).

2. Geo energi. Dumai adalah gerbang perdagangan internasional dekat dengan Selat Malaka. Fakta Malacca Dilemma. Siapa pun yang mengendalikan Selat Malaka akan memiliki cengkraman pada rute energi Cina. (China Youth Daily, 15 Juni 2004.

3. Geo Politik. Dumai menjadi bagian yang tak terpisahkan dari lintas "Sea Lanes Communication" (SLOC). Jalur pelayaran yang secara politik dan ekonomi sangat strategis karena menyangkut kelangsungan hidup banyak negara. Ia menjadi jalur energi dunia.

4. Geo Strategis Obyek Vital Nasional. Posisi strategis Dumai bisa dipisahkan

dengan Geo Politik jalur pipa (Geo Politic Of Pipelines). Titik serah dan simpul integrasi industri hulu dan hilir Migas Riau, yang menjadi tulang punggung produksi minyak Nasional.

5. Tol Permai. Jalan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) adalah salah satu dari 11 proyek strategis Nasional yang ada di Riau. Berdasarkan Perpres no: 58 Tahun 2017, sebagai perubahan atas Perpres no: 03 tahun 2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

6. Point of View. Media GNFI.Com mencatat, kota Dumai sebagai kota terkaya nomor 2 di Indonesia, dengan PDRB perkapita sebesar Rp 117,19 juta/tahun. Dumai merupakan markas dari beragam perusahaan-perusahaan raksasa, seperti Pertamina, Wilmar Group, Asian Agri Group, Sinar Mas Group hingga PT. CPI.

7. Magnet Ekonomi. Dumai makin strategis MK karena memiliki magnet ekonomi yang sangat potensial. Posisi Dumai kedepan di tentukan paradigma baru, merebut peluang ditengah pergeseran, dan realitas desentralisasi asimetris yang di rasakan daerah pengolah Migas.


Agung Warsudi dalam presentasi bahkan sampai menekankan "Paradigma Baru dalam alih kelola Blok Rokan dari PT. Chevron Pacifik Indonesia (CPI) ke PT. Pertamina Hulu Rokan (PHR) pada 09 Agustus 2021 nanti, merupakan momentum strategis yang tak terulang 20 tahun kedepan", tekan Agung Warsudi.

Ditambahkan Agung "Oleh karena pemaparan pemerintah Provinsi Riau dalam RDP rapat progres Blok Rokan di Komisi VII, tanggal 09 Februari 2021, tidak satupun pemaparan menyebut pentingnya dan/atau terintegrasi nya kota Dumai sebagai bagian strategis dari industri Migas di Riau bukan hanya jadi berujung Dumai Dapat Apa..?", ungkap Agung.

Tapi Agung Warsudi dalam presentasi nya lebih menekankan "Dumai Mau Apa..!?".

1. Dengan alasan Dumai sebagai gerbang perdagangan Internasional tentu harus mendapat manfaat langsung dan signifikan dari aktivitas perdagangan, ekspor dan impor.

2. Sebagai daerah penyangga utama. Industri Migas Nasional terkait transisi Blok Rokan , Dumai harus mendapat bagian dari hak Participating Interest (PI) 10% di BUMD Provinsi Riau.

Usai presentasi, berikutnya Ketua Lembaga Laskar Melayu Bersatu (LLMB) Datuk HM. Danial Effendi menambahkan "Kita bangsa Melayu hanya dijadikan penonton di tengah-tengah perputaran dollar. Saat peralihan Blok Rokan Agustus nanti, kami ingin dilibatkan", tuntut Datuk berapi-api.

Bagaimana tanggapan politis DPRD kota Dumai terkait perjuangan tokoh masyarakat terhadap Blok Rokan...?

Bagaimana pula Walikota H. Paisal, SKM, MARS menyikapi..?Bersambung...

(RAHMAT HIDAYAT)

 

 

Posting Komentar

0 Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA