Ticker

6/recent/ticker-posts

Dinkes Kota Dumai Kembali Melakukan Vaksinasi Tahap II


Dumai - NUANSA POST

Setelah sukses melakukan vaksinasi bagi nakes RSUD kota Dumai tahap I, Dinkes kota Dumai kembali melakukan vaksinasi Tahap II, Vaksinasi di tahap II di mulai sejak 02 Februari dan akan berakhir 13 Maret 2021.

Proses vaksinasi di layani 25 orang petugas dalam 4 tahapan/meja, terdiri dari meja 1 registrasi, meja 2 skrining, meja 3 vaksinasi dan terakhir meja 4 observasi.

Penerima vaksin Sinovac nakes RSUD Dumai terdiri dari dokter, perawat, manajemen dan honorer lebih kurang berjumlah 700 orang.Dalam 1 hari ditargetkan dapat memvaksinasi 80 orang Nakes.

Pantauan NUANSA POST , Jumat pagi (05/03/2021) tampak ruang vaksinasi di lantai 2 RSUD masih ramai nakes yang mengikuti vaksinasi.

Terlihat beberapa nakes RSUD yang menunggu antrian di vaksin.Salah satu petugas medis yang bertugas mengatakan sejak awal vaksinasi tahap 2 tidak ada kendala, baik stok vaksin maupun gejala berlebihan dari tubuh nakes yang di vaksin.

"Semua nakes, Direktur, Manajemen, dokter dan perawat bersedia di vaksin", ungkap dokter yang tak bersedia di sebut identitas nya.

Demikian pula security yang telah menerima vaksinasi mengatakan tidak ada merasakan reaksi berlebihan atau penolakan tubuh terhadap vaksin yang di injeksi ke tubuh mereka."Nggak ada Bang.. nggak ada tuh gejala alergi", tutur Fauzan, petugas security bersemangat usai melewati masa observasi 30 menit.

Petugas vaksinasi hanya melayani sebanyak 80 orang per hari dan bergilir dengan jeda waktu 30 menit sebagai masa observasi.


Sebelumnya, diterangkan Kabag Umum dan Humas RSUD Yendra, vaksinasi anti Covid-19 tahap 1 untuk tenaga kesehatan (nakes) sudah di mulai sejak tanggal 04/02 dan akan berakhir hingga 18/02.

Dan jeda waktu vaksinasi tahap 1 ke tahap 2 setiap nakes harus pas 14 hari, tidak boleh lebih atau kurang.

"Sekalipun nakes di utamakan untuk di vaksinasi berdasarkan perintah Presiden, namun sesuai

SK Dirjen Nomor HK.02.02/4/1/2021 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19, ada beberapa kriteria orang yang tidak bisa divaksin", ungkap Nurbaity, Kabid P2P Dinkes kota Dumai.

Pantauan jurnalis vaksinasi berlangsung dengan tetap mengedepankan Protokol Kesehatan Anti Covid-19.

Petugas vaksinasi memakai masker, pakaian Hazard, face shield, cek suhu tubuh, cuci tangan, pakai sarung tangan karet dan jaga jarak.Demikian pula nakes yang di vaksin, tetap mengikuti Prokes.(RAHMAT HIDAYAT)

 

 

Posting Komentar

0 Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA