Ticker

6/recent/ticker-posts

Tersangka Pelaku Aniaya Wartawan Tak Terjerat UU Pokok Pers No 40 ,Korban Kecewa


Lampung Utara – NUANSA POST

Tersangak JB, oknum pelaku Penganiayaan dan Perampasan Camera terhadap Korban Ardi Yoehaba, seorang Jurnalis Kontributor Televisi Nasional yang tengah melakukan Tugas kerjurnalisanya dalam meliput Pertandingan Sepak bola Bupati Cup di Stadion Sukung Kotabumi Lampung utara, yang juga menjadi Tempat Kejadian Peristiwa (Tkp) peristiwa tersebut pada beberapa bulan lalu,kamis (04/02/2021).

Namun sangat disayangkan, penanganan Perkara tersebut terkesan sangat lamban dan membuat Korban Ardi Yoheaba serta beberapa Lembaga Profesi insan Pers merasa sangat Kecewa atas Kinerja jajaran Aparatur penegak Hukum dalam menangani Perkara Penganiayaan yang menimpa Korban Ardi Yoheaba saat sedang menjalankan Tugas Profesinya sebagai Jurnalis dan dilindungi oleh Undang-undang UU Poko Pers No 40 tentang Wartawan Memilik Hak melakukan Peliputan.

Pasal Kekecewaan terhadap Lambanya Kinerja Aparatur penegak Hukum (Aph) dalam menanagani perkara ini, terlihat dari, baru dilakukanya Reka ulang (Rekonstruksi) adegan oleh Tim Kejari dan Penyidik Polres Lampung utara, dan hanya menetapkan satu pasal kepada Tersangka pelaku.

Seperti yang diungkapkan oleh Korban Ardi Yoehaba pada Transmetronews, usai mengikuti Reka Ulang (Rekonstruksi) adegan," Peristiwa yang saya alami, telah terjadi Lima bulan lalu, tetapi Penanganan Perkaranya baru sampai pada tahap Reka ulang adegan," Saya sangat kecewa dan nyaris Putus asa dengan Laporan pengaduan saya kepada APH," Sepertinya, saya kesulitan untuk mendapatkan Kepastian Hukum dalam mencari Keadilan," ujarnya Kecewa.


Lanjut Ardi lagi," Terlebih saat dilakukan Reka ulang (Rekonstruksi)," Saya menduga, Reka ulang adegan yang dilakukan sangat tidak sesuai dengan Kejadianya dan terkesan ada Upaya-upaya untuk mengaburkan Fakta sebenarnya," tambahnya.

Selanjutnya," Pengenaan Pasal kepada Tersangka, seperti penjelasan yang disampaikan oleh, Ipda. M.Anton Prabowo selaku Kepala unit Pidana umum (Kanit Pidum) Polres Lampung, Bahwa Tersangka Juanda Basri (JB) akan dijerat pasal 351 ayat 1, dan akan melakukan Pengkajian serta pendalaman terlebih dahulu dalam menentukan Pasal berlapis," Saya merasa sangat Kecewa sekali mendengarnya," Karena dalam menjalankan Tugas Profesi, saya berpegah teguh dan mantaati UU pokok Pers No 40 Pasal 8 tentang Hak tugas untuk Meliput dan tetap Menjunjung tinggi Kode Etik Profesi," tegas Ardi.

Ardi Yoehaba juga menambahkan," Saya hanya berharap, Agar tersangka, jangan hanya dijerat dengan pasal 351, tetapi harus dikenakan pasal berlapi, Karena saat melakukan Tugas Kerjunalisan, saya membawa dan menjaga Nama dan Marwah Profesi insan Pers, dan setiap Tugas Pers di lindungi oleh Undang-Undang pokok Pers.

" Saya hanya berharap, Kedepanya , peristiwa seperti yang saya alami, tidak terjadi lagi dan menimpa Rekan Profesi di mana saja, Kami hanya ingin memberikan Pengetahuan dan Informasi yang terbaik bagi Publik," Saya hanya ingin semuanya berproses secara Hukum tanpa ada yang di Tutupi atau Interpensi dalam saya mencari Keadilan.(RIAN/H)

 

 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA