Ticker

6/recent/ticker-posts

RSUD Kota Dumai Laksanakan Vaksinasi Anti Covid-19 Bagi Nakes


Dumai - NUANSA POST

"Kota Dumai telah ketibaan vaksin Anti Covid-19 (Sinovac), setelah sebelumnya tiga dinas kesehatan di provinsi Riau, yakni Kabupaten Kampar, Kabupaten Pelalawan, dan Kota Pekanbaru," kata Kepala  RSUD kota Dumai dr Ridhonaldi pada media , Senin pagi (08/02/2021) saat di temui di ruang kerjanya.

Ditambahkan dr Ridhonaldi "Pemprov Riau sudah mendapatkan kiriman 20.000 ampul vaksin Sinovac pada awal Januari lalu, yang merupakan pengiriman tahap pertama untuk pelaksanaan vaksinasi anti Covid-19 yang digelar serentak di Indonesia", terang dr Ridhonaldi ramah.

            Kota Dumai kebagian Vaksin Sinovac sebanyak 3.960 vial.Kesemua vaksin tersebut saat ini disimpan di tempat khusus (cool box) dengan kapasitas 5000 vial di Kantor Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Kota Dumai, jalan Kesehatan kelurahan Teluk Binjai, kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai.

Diterangkan Kabag Umum dan Humas RSUD Yendra, vaksinasi anti Covid-19 tahap 1 untuk tenaga kesehatan (nakes) sudah di mulai sejak tanggal 04/02 dan akan berakhir hingga 18/02.


Menurutnya, alokasi vaksinasi dari Kementerian Kesehatan Pusat setiap RSUD hanya kebagian 700 ampul vaksin Sinovac, termasuk kota Dumai."Dalam teknik pelaksanaan, setiap hari petugas hanya melayani vaksinasi sebanyak 80 orang. Dan setiap nakes yang sudah menjalani vaksinasi akan dipantau perkembangan dan reaksi badan nya selama 30 menit. Setelah dipastikan aman, baru bisa dilanjutkan vaksinasi kepada nakes berikutnya", urai Yendra.

Yendra juga menerangkan, bahwa setiap nakes yang sudah menjalani vaksinasi tahap 1 akan menerima vaksinasi tahap 2 nantinya, adalah nakes yang sudah di vaksinasi setelah 14 hari terhitung sejak tanggal ia menerima vaksinasi.

"Sekalipun nakes di utamakan untuk di vaksinasi berdasarkan perintah Presiden, namun sesuai

SK Dirjen Nomor HK.02.02/4/1/2021 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19, ada beberapa kriteria orang yang tidak bisa divaksin", ungkap Nurbaity, Kabid P2P Dinkes kota Dumai.

Pantauan jurnalis, selama berlangsungnya vaksinasi kepada nakes RSUD kota Dumai, Prokes tetap diutamakan dan berjalan lancar.(RAHMAT/RILIS)

 

Posting Komentar

0 Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA