Ticker

6/recent/ticker-posts

Dishub Kota Dumai Akhirnya Terbitkan Kir Dengan Teknologi BLUe , Setelah 7 Bulan Tidak Melayani


Dumai - NUANSA POST

Kalau selama 7 bulan lebih, kendaraan bermotor yang berlalu lalang di dan memasuki kota Dumai harus mengurus Kartu KIR ke kota Duri di Kabupaten Bengkalis (Tentunya menambah beban pelaku usaha transportasi dan supir), maka Kamis siang (11/02/2021) kabar gembira jadi sesuatu yang di tunggu-tunggu semua mereka.

Akhirnya Dishub Kota Dumai terbitkan Kir dengan teknologi BLU-e (Bukti Lulus Uji elektronik).Kir bukan singkatan. Asli nya berasal dari bahasa Belanda yaitu KEUR, yang berarti uji kendaraan bermotor. Pengujian dilakukan oleh Departemen Perhubungan, khususnya untuk kendaraan niaga atau angkutan barang.Sekalipun pelat hitam dan digunakan untuk mobil pribadi, Kir juga wajib untuk kendaraan bak terbuka termasuk double cabinKir merupakan sebagai syarat laik nya kendaraan bermotor di operasikan.

Dalam acara peresmian penerapan BLU-e, Kadis Perhubungan kota Dumai Asnar. S.P, M.Si mengatakan "Baru hari ini Dishub kota Dumai bisa menerapkan penggunaan teknologi Kir digital, yaitu BLU-e. Semua berkat dukungan semua pihak ke pemerintah pusat. Terimakasih buat Kementerian Perhubungan yang sudah memberikan kepercayaan kepada kami untuk menerapkan teknologi ini", ujar Asnar.


Kartu BLU-e bentuknya seperti KTP atau Kartu Kredit dan di dalamnya berisikan chip yang memuat data-data kendaraan.

Bukti Lulus Uji elektronik (BLU-e) resmi diluncurkan oleh Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi dan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi pada Jumat (23/08/2019) lalu.

BLU-e menggantikan bukti lulus uji Kir yang dulunya berbentuk buku. BLU-e terdiri dari dua sertifikat tanda lulus uji, dua stiker hologram dengan QR Code yang ditempel pada kaca depan kendaraan dan satu Smart Card dengan teknologi NFC.Data seperti identitas kendaraan, foto fisik kendaraan dari empat sisi, hingga data hasil pengujian berkala disimpan dalam format digital. Data-data tersebut dapat diakses dengan memindai QR Code pada stiker hologram. Bisa juga dengan menempelkan smart card ke smartphone yang sudah memiliki fitur NFC.

Sementara itu, Ardono ATD, MT Kepala BPTD Wilayah IV, Riau-Kepri dari Kementerian Perhubungan Pusat dalam sambutannya mengatakan "Digitalisasi data hasil uji Kir ini diharapkan dapat meminimalisasi praktik pemalsuan identitas kendaraan maupun hasil uji berkala yang kerap dilakukan pada kendaraan angkut. Dengan demikian kendaraan-kendaraan angkut yang Over Dimention Over Loading (ODOL) akan semakin terbatas ruang geraknya", terang Ardono, A.T.D, M.T, di sambut tepuk tangan undangan.

Oleh Pj. Walikota Dumai Jonli dalam ucapan sambutannya menyampaikan ""Dari sisi regulasi, telah diterbitkan Peraturan Dirjen Perhubungan Darat Nomor KP.1743/AJ.502/DRJD/2020 tentang Pedoman Penerbitan Bukti Lulus Uji elektronik (BLU-e). Dengan terbitnya Perdirjen ini dapat menjadi pedoman bagi Dinas Perhubungan Kabupaten/Kota untuk menerapkan BLU-e pada UPUBKB masing-masing," jelas mantan Kadisnaker Provinsi Riau ini.

Namun Pj Walikota Jonli juga menerangkan, sambil menunggu di keluarkannya Perda kota Dumai tentang penerapan BLU-e ini di UPT Pengujian Kendaraan, yang dilaksanakan oleh petugas Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor (UPUBKB), tidak ada beban biaya di kenakan kepada supir atau pelaku usaha transportasi.

Usai peresmian penerapan BLU-e, Pj Walikota Dumai Jonli, beserta Asnar, Ardono dan beberapa undangan terhormat, di lakukan pengecekan teknis pelaksanaan nya yang di lakukan petugas UPUBKB, di aula uji kendaraan bermotor yang di pandu Ka UPT PKB Effendi, A.Ma, P.K.B.

Kepala UPT PKB Dishub Kota Dumai Effendi, A.Ma, P.K.B saat di wawancara , mengatakan, syarat untuk pembuatan BLU-e yaitu:  foto copy STNK, buku Kir lama, foto copy Kir lama dan foto copy KTP.

Turut hadir dalam acara peresmian penerapan BLU-e tersebut perwakilan Kejari, perwakilan Pengadilan Negeri, perwakilan Polres Dumai, perwakilan Kodim 0320/Dumai, perwakilan DPRD kota Dumai, pengurus Organda, pelaku usaha angkTurut hadir dalam acara peresmian penerapan BLU-e tersebut perwakilan Kejari, perwakilan Pengadilan Negeri, perwakilan Polres Dumai, perwakilan Kodim 0320/Dumai, perwakilan DPRD kota Dumai, pengurus Organda, Ketua DPC APTRINDO Dumai Aeng danmandor angkutan PT. Mitra Wahyu Prakasa Elfian.

Pantauan jurnalis NUANSA POST, acara berlangsung dengan tetap mengedepankan Protokol Kesehatan Anti Covid-19.Pakai masker, cek suhu tubuh, cuci tangan dan jaga jarak dengan jumlah total yang hadir tak sampai 50 orang.(RAHMAT HIDAYAT)***

 

Posting Komentar

0 Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA