Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Tingkatkan Kualitas dan Selamatkan Pasar Sagu Meranti, Bupati Irwan Gagas Kerjasama Dengan PT. BAA

 


Meranti, NUANSA POST

Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si, melakukan kunjungan ke PT. Bangka Asindo Agri (BAA), kunjungan ini dalam rangka menciptakan pasar Sagu Meranti yang lebih luas sekaligus Sharing teknologi pengolahan Sagu menuju Sagu Meranti berkualitas tinggi dan berstandar ekspor, Bangka Belitung, Senin (14/12/2020).

            Kunjungan Bupati Irwan ke PT. BAA didampingi Kadis Perkebunan T. Effendi, Kadis Perindag John Hendri, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan M. Arif, Kasubid Industri Miftah diterima langsung oleh Owner PT BAA Fidrianto.

            Seperti diketahui, Pandemi Covid-19 saat ini juga berdampak pada menurunan permintaan hasil produksi Sagu Meranti, akibatnya hasil produksi Sagu menumpuk dan harga menjadi lebih murah. Jika kondisi ini dibiarkan berlarut-larut maka ekonomi ribuan masyarakat Meranti yang menggantungkan hidupnya pada berkebun Sagu akan semakin tertekan. Agar hal ini tidak terjadi Pemkab. Meranti dalam hal ini Bupati Drs. H. Irwan M.Si, terus memutar otak untuk memperluas pasar Sagu Meranti seperti yang saat ini dilakukan dengan mengunjungi PT. BAA salah satu perusahaan Sagu yang memiliki teknologi pengolahan Sagu tercanggih standar ekspor yang berpusat di Bangka Belitung. 

            Dalam pertemuan itu Bupati Kepulauan Meranti Drs. Irwan M.Si, mejelaskan kepada manajemen PT. BAA, sebagai salah satu produsen sagu terbesar di Indonesia yang telah menjalankan usahanya lebih 100 tahun Meranti belum memiliki teknologi pengolahan Sagu yang berkualitas tinggi dan berstandar BPOM seperti yang dimiliki oleh PT. BAA yang dinilai memiliki terobosan teknologi inovasi satu langkah lebih maju dari daerah lainnya.

            Dan salah satu tujuan kedatangan dirinya dan rombongan adalah untuk mencari tahu tentang teknologi ini.“Jadi kedatangan kami di pabrik PT Bangka Asindo Agri ini sekaligus untuk Sharing informasi bagaimana cara pengolahan dan produksi berkualitas tinggi terutama tepung Sagu,” jelas Irwan.

            Sejauh ini dikatakan Irwan, Kabupaten Meranti sudah mampu memproduksi makanan dan minuman berbahan baku Sagu sebanyak 369 varian tetapi produk yang dibuat belum memenuhi standar dari BPOM.“Dan ternyata PT BAA telah berhasil melakukan riset dengan menghasilkan produk turunan sagu yang kualitas hasilnya telah standar BPOM. Apalagi dengan adanya Sago Mee ini membuktikan kualitas pengolahan sagu di PT BAA ini sangat bagus dan canggih," jelasnya.

            Sementara itu, Harry Pujiansyah Businnes Development Manager PT Bangka Asindo Agri mewakili Owner PT BAA menyampaikan siap bekerjasama dengan daerah lainnya salah satunya Kabupaten Kepulauan Meranti dalam menjadikan Sagu sebagai salah satu alternatif bahan pangan lokal yang prospeknya menjanjikan. Diharapkan kunjungan Bupati Meranti ini dapat ditindaklanjuti dengan studi balik ke Kabupaten Kepulauan Meranti.

            "Untuk dapat saling bersinergi dengan daerah lainnya dalam menangani tentang krisis pangan dan ketahanan pangan nasional, kita harus saling mendukung. Kita sangat merasa senang sekali atas kunjungan yang dilakukan oleh Bupati Kepulauan Meranti dan jajarannya, mudah mudahan nantinya kami dapat berkunjung kesana," pungkasnya. 

            Selanjutnya Bupati Irwan juga berharap dari komunikasi yang dilakukan dengan PT. BAA ini dapat menyelamatkan pasar Sagu Meranti dimana PT. BAA dalam mengolah produk turunan Sagu dapat mengambil bahan baku dari Meranti, sehingga harga Sagu masyarakat tetap stabil dan yang tak kalah penting PT. BAA sebagai sebuah perusahaan pengolah bahan baku Sagu menjadi berbagai produk turunan berkualitas tinggi yang bersertifikat BPOM ini bersedia sharing teknologi sehingga kedepannya Meranti juga memiliki Brand Sagu Lokal yang berkualitas tinggi yang siap dieskpor ke Manca Negara.

            Dari hasil komunikasi antara Bupati Irwan dengan PT. BAA, seperti dijelaskan Kasubid Perindustrian Disperindagkop Meranti Miftah, untuk tahap awal perusahaan tersebut bersedia menampung bahan baku Sagu dari Meranti karena dengan tingginya produksi PT. BAA membutuhkan banyak bahan baku Sagu. Bahkan  jika kerjasama nanti berjalan baik PT. BAA siap mengembangkan sayapnya dengan mendirikan perusahaan pengolahan Sagu di Pekanbaru Riau.“Tentunya ini sangat menguntungkan kita karena hasil produksi Sagu Meranti yang melimpah dapat ditampung oleh PT. BAA dengan begitu harga jual akan kembali stabil,” ujar Miftah.

            Selain itu dalam pertemuan tersebut juga disebutkan PT. BAA, yang memiliki sistem pengolahan Sagu terintegritas, mulai dari teknologi pengolahan tepung sagu yg bersetandar industri, inovatif produk , bio gas, dan perternakan sapi siap berbagi teknologi pengolahan Sagu yang dimilikinya kepada Meranti, dengan memanfaatkan Centra Industri Sagu Meranti di Desa Sungai Tohor yang saat ini dikelola oleh Koperasi Harmoni.“Dan mereka juga bersedia Sharing teknologi dengan kita sehingga kedepan Meranti mampu memiliki Brand Lokal berkualitas ekspor,” harapnya.

            Adapun dari hasil peninjauan Bupati Irwan dan rombongan mendapati hasil produksi turunan Sagu oleh PT. BAA memiliki kualitas tinggi, salah satunya produk andalan yang diberi nama Sago Mee dan tepung sagu yang berwarna putih bersih bebas bahan kimia. (MC MERANTI/HUMAS/AMIRUDIN).****

Posting Komentar

0 Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA