Ticker

6/recent/ticker-posts

Pemkab OKU Selatan

Pemkab OKU Selatan
Pemkab OKU Selatan

Penjabat Wali Kota Tasikmalaya Hadiri Ekspose Hasil Evaluasi Atas Penilaian Maturitas (PM) Sistem Pengendalian Interen Pemerintah (SPIP) Terintegrasi Tahun 2022 Pada Pemerintah Kota Tasikmalaya


JAKARTA
-Senin, 5 Desember 2022. Bertempat di Ruang Rapat Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Badan Pengawasan Keuangan dan  Pembangunan Republik Indonesia (BPKP RI), Penjabat Wali Kota Tasikmalaya, Dr. Cheka Virgowansyah, SSTP., M.E. menghadiri Ekspose Hasil Evaluasi  Atas Penilaian Maturitas (PM) Sistem Pengendalian Interen Pemerintah (SPIP) Terintegrasi Tahun 2022 Pada Pemerintah Kota Tasikmalaya. Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Deputi  Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah BPKP RI, Direktur Pengawasan Akuntabilitas Tata Kelola Pemerintah Daerah BPKP RI, Koordinator Pengawasan Akuntabiltas Pemerintah Daerah BPKP RI,  Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat, Inspektur Kota Tasikmalaya, Kepala Bappeda Kota Tasikmalaya, Kepala BPKAD Kota Tasikmalaya, Kepala Dinas UMKM dan Indag Kota Tasikmalaya, serta tamu undangan lainnya.

Dalam paparannya, Pj. Wali Kota Tasikmalaya menyampaikan apresiasi atas koherensi pencapaian kinerja yang telah dilakukan oleh OPD dengan dokumen yang disampaikan dalam proses penilaian SPIP. Beliau juga menambahkan bahwa tematik PM SPIP terintegrasi pada tahun 2022 Pemerintah Kota Tasikmalaya yaitu Pemulihan dan Percepatan Pertumbuhan Ekonomi melalui Sektor Perdagangan dan UMKM.

Disisi lain, Deputi  Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah BPKP RI,  Raden Suhartono, S. E, MAK, CA, CPA, QIA, CGCAE. menyampaikan bahwa terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penilaian SPIP diantaranya adalah tercapaianya tujuan atau sasaran program pembangunan, penyelenggaraan program yang efektif, efisien, ekonomis dan taat akan Undang-Undang, nilai akuntabilitas yang dilaporkan secara handal melalui laporan keuangan, serta aset pemerintah daerah yang dikelola secara aman.

Sebagai informasi, Penilaian Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah bertujuan agar penyelenggaraan pemerintah baik pusat maupun daerah sadar akan kebutuhan terhadap pembangunan dan pengendalian intern serta tercapainya indikator makro dalam program pembangunan. Pemerintah Kota Tasikmalaya terus konsisten serta berkomitmen untuk meningkatkan nilai SPIP sehingga pada tahun 2022 Pemerintah Kota Tasikmalaya mendapatkan penilaian PM SPIP sebesar 3,78 atas hasil evaluasi dan penilaian BPKP Provinsi Jawa Barat yang untuk selanjutnya akan dilakukan penilaian oleh BPKP Republik Indonesia.(HENDRA NOOR)****

 

 

Posting Komentar

0 Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA