Ticker

6/recent/ticker-posts

Pemkab OKU Selatan

Abah Anton Charliyan Hadiri Acara Milangkala Sunda Ngahiji Ka-5


TASIKMALAYA
--Mantan Kapolda Jabar Irjen Pol ( Purn)  DR Drs H Anton Charliyan MPKN yang akrab dipanggil Abah Anton, hadir sebagai Dewan Pembina di acara Milangkala Yayasan Sunda Ngahiji Ke-5, asuhan H Elfan yang Ketua Umumnya, Abah Kayat & Kilanang Sajagat..

Hadir dalam acara yang dilaksanakan di Situ Cibeureum Tasikmalaya tsb, para tokoh sesepuh Kasundaan se Jawa Barat al : Ki Agung Pancaroba Rongkat Jagat, Ki Danu Panjalu, Ki Kabayan , Ki Aan Citiis Galunggung, Ki Sanca Pancasila, Ustadz Okik Suryalaya, Ustadz Agus Rohmat Batu Ampar, Ustadz Erick ,Ustadz Indra Mama Kudang, Ustadz Cecep Cilogak, Ketua LSI Tasik Ki Asep, Ketua Manggala Garuda Putih Tasik ,Bunda Elis, Jamparing Galunggung Ki Eman,  bahkan hadir Panglima Dayak Merah Jakarta, masyarakat Gunung Dieng dll.Acara berlangsung meriah dan penuh kekeluargaan

Dalam Kesempatan  tersebut,  Anton  tokoh budaya  Mantan Kapolda mengatakan bahwa : Orang Sunda harus bisa lebih bangga dari suku suku lain yang ada di Nusantara karena budaya dan peradaban Sunda sudah lahir semenjak 26 ribu tahun silam yang dibuktikan dengan hasil lab Gunung Padang sebagai Artefak Peninggalan Budaya Tertua Didunia, lebih tua dari Budaya Piramid Mesir maupun Budaya Suku Maya yang selama ini dianggap sebagai budaya tertua di dunia. Artinya, budaya Sunda merupakan budaya tertua  di dunia.


Demikian pula dengan existensi peradabanya, sebagaimana disampaikan Plato bahwa pernah lahir Puncak Tertinggi Peradaban Manusia yakni peradaban yang ada di Atlantis Kuno  , yang ternyata menurut Prof Dr Santos peneliti Brazil, dalam bukunya yang berjudul The lost Atlantis, Negeri Atlantis Kunon itu Ada di Kawasan Sunda Land ( Sunda Besar + Sunda Kecil ) atau Nusantara atau yang dikenal sebagai Negeri Hind sejak zaman Nabi, yang pusatnya ada di Tatar Sunda Galunggung dimana menurut Naskah Fragmen Carita Parahyangan, Galunggung di sebagai tarajunya Jawa Dwipa, Sehingga dengan demikian pusat peradaban tertinggi yang disebut Atlantis tsb ada di yanah Sunda.


Selanjutnya, kenapa masyarakat Sunda sudah punya peradaban tinggi, karena ternyata dari sejak zaman nenek moyang Sunda dilahirkan urang Sunda itu sudah beragama, bahkan agamanya pun Samawi ( Agama yang berasal dari Allah SWT & dibawa para Nabi ), karena hanya orang Sunda yang sejak dulu mengakui punya Nabi & Rosul yaitu Sang Hadama atau yang lebih dikenal sebagai Nabi Adam As. Hal ini selaras dengan Suku Baduy yang menganut Agama buhun yang bernama Slam Sunda yang bersyahadat dan berbaiat kepada Nabi Adam. Mungkin satu satunya suku adat yang mempunyai Nabi. Hal ini dikuatkan dengan Naskah Amanat Galunggung yang mengatakan : Samurnakeun Ageman tapi ulah mopohokeun Adat Tradisi para Leluhur ( Sempurnakan Agama tapi jangan melupakan warisan adat Tradisi Nenek Moyang yang sudah ada ) 

Dari tiga bukti bukti tsb diatas, sudah jelas bahwa masyarakat Suku Sunda mempunyai peninggalan budaya tertua, memiliki peradaban paling unggul serta sudah menganut Agama Samawi yang berkeTUHANan Yang Maha Esa ,sejak awal Nenek Moyang Sunda ada.

Maka dengan demikian   ini orang Sunda harus bangga telah terlahir sebagai urang Sunda yang luar biasa ,sehingga sering disebut Turunan Maung ( Titisan Manusia Unggul ). Maka jika ada orang Sunda yang lebih bangga dengan budaya budaya Import baik Budaya Barat, budaya  China apalagi Budaya Timur Tengah. Bisa digolongkan sebagai irang Sunda yang belum tahu jati diri sebagai Ki Sunda yang sebenarnya, Justru dengan keunnggulan keunggulan Budaya Sunda , seluruh elemen budaya dan peradaban Seyogyanya bisa bercermin terhadap budaya Sunda. Semoga kita semua urang asunda bisa jadi Ki Sunda anu Nyunda.  (REDI MULYADI)***

 

Posting Komentar

0 Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA