Ticker

6/recent/ticker-posts

Pemkab OKU Selatan

Buka Seleksi Wawancara Bakal Calon Kepsek, Bupati Ciamis Titipkan 3 Hal


Ciamis, Nuansapost.
 

Sebanyak 174 orang peserta mengikuti seleksi wawancara bakal calon kepala sekolah jenjang Sekolah Dasar (SD) lingkup Dinas Pendidikan Ciamis pada Kamis (27/10) di Aula BKPSDM Ciamis.

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya membuka secara resmi kegiatan tersebut dengan didampingi Sekretaris Daerah dan Kepala Dinas Pendidikan Ciamis.

Dalam sambutannya, Bupati Ciamis menitipkan tiga hal kepada para peserta yang akan mengikuti seleksi, diantaranya pantang menyerah, membina dengan kasih sayang serta memiliki sikap visioner.

"Jadi Kepsek harus memliliki sikap pantang menyerah, membina anak didik dengan penuh rasa kasih sayang dan yang terpenting harus visioner, sehingga dengan visi tersebut bapak ibu dapat bekerja dengan profesional," Ucapnya.

Selanjutnya, Bupati menyebutkan saat ini motivasi untuk menjadi Kepala Sekolah di Kabupaten Ciamis sangat kurang, padahal Kepala sekolah mempunyai tugas dan peran yang sangat besar dalam memanage sekolah.

"Seolah-olah tidak ada motivasi menjadi kepsek, sementara Kepsek mempunyai tugas yang sangat besar, dalam memanage sekolah baik sarana prasarana, memanage siswa, guru dan lingkungan sekolah, " Jelasnya.

Tercatat saat ini di Kabupaten Ciamis terdapat sebanyak 191 Kekosongan Kepala sekolah untuk jenjang Sekolah Dasar.

Menanggapi hal tersebut, Bupati mengaku Pemerintah Daerah kedepan akan lebih memperhatikan kesejahteraan Kepala Sekolah sebagai motivasi dalam melaksanakan tugasnya sebagai Kepala sekolah.

"Kesejahteraan Kepsek tentu menjadi perhatian kita semua, kami pemda tentu akan berusaha dan berupaya, meski disesuaikan dengan kemampuan anggaran yang ada, " Tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Ciamis Asep Saeful Rahmat mengatakan tujuan kegiatan tersebut untuk menilai kemampuan kekuatan kesanggupan atau daya kepemimpinan yang dimiliki bakal calon kepala sekolah.

"Dengan kegiatan seleksi ini diharapkan mendapatkan calon-calon kepala sekolah yang memiliki rekomendasi profesional tentang 5 kompetensi kepala sekolah dan pengembangan keprofesiannya sebagai kepala sekolah, " Terangnya.

Kadisdik menerangkan sasaran kegiatan seleksi ini adalah guru-guru potensial yang dimunculkan koordinator wilayah bidang pendidikan Kecamatan berdasarkan rekomendasi kepala sekolah dan pengawas sekolah jenjang SD di lingkungan Dinas Kabupaten Ciamis. (IRWAN)

Posting Komentar

0 Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA