Ticker

6/recent/ticker-posts

Padepokan Padjadjaran Sukaraja Jadi Tuan Rumah Sawala Budaya Sunda dan Kebangsaan

 


KAB.TASIKMALAYA---Pada hari Minggu 04 September 2022,telah digelar acara Sawala Budaya Ke-IV di Padepokan Padjadjaran Sukaraja yang membahas Babad Sukapura Ngadaun Ngora, dengan pembicara Rd. H.Dicky Z Sastrakusumah yang mengupas silsilah berdirinya Soekapoera dan Dr.KH.Ujang Hidayatulloh,M.Si yang mengulas “Menghormati Leluhur Soekapoera , Tinjauan Akademis dan Agama”. Sedangkan penanggap Irjen Pol (Purn) Dr.H.Anton Charliyan,MPKN dan  Drs.H.Sani Natawijaya Kusumah,SH. Dengan moderator Ki Acep Aan

            Pada acara Sawala Budaya  yang mengupas silsilah atau Babad Soekapoera ini dihadiri para tokoh budaya, seni, pedepokan, dan peguyuban Tasikmalaya, Ciamis, Garut dan bahkan dari Cirebon dan Jawa Timur diantaranya Abah Dede Panjalu, mantan Wakil Ketua DPRD Kota Tasikmalaya Thonny T Easy, mantan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tasikmalaya Safari Agustin, Agung Pancaroba dari Padepokan Rongkad Jagat, Ki Lanang Sajagat, Cep Cilogak, Redi Mulyadi dari PT LINTAS PENA MEDIA, Bunda Rita, Ustadz Agus Rohmat, Rino Lesmana dari LAKRI, Laskar Macan Ali, Deden Rahmat, Wa Memet dari Karangnunggal, Hadi Permana dan lainnya.

            Dalam paparannya, Abah Anton panggilan akrab Anton Charliyan mengatakan, bahwa tujuan diadakan gelaran sawala budaya Sunda dan kebangsaan ini untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air serta semangat kebersamaan kepada para tokoh adat ,tokoh budaya dan tokoh seni di Tatar Sunda khususnya dan Indonesia pada umumnya .Sehingga ketika berbicara nasionalisme dan cinta tanah air ,agar masyarakatnya menjaga suatu kabuyutan ,Tempat suci,sebagai cinta kepada tanah air dan diharapkan ada dukungan dari pemerintah dalam menjaga dan melestarikan kebudayaan daerah . Dia mengatakan pula, bahwa hadirnya Sukapura tidak terlepas adanya kesinambungan yang berpedoman pada religius, nasionalis dan budaya.

“Sikap dan perilakunya orang Sunda yang harus ilmu Pare (Padi) dan cinta damai ( silih asah ,silih asih ,silih asuh) dengan membangun kekuatan dengan kedamaian , kerendahan hati ,etika sopan santun ,kita baru bisa kuat .Sehingga cinta terhadap Tanah Air yang terus menerus dikobarkan semangat di berbagai kalangan ,supaya jangan sampai ada permusuhan tetapi lebih untuk saling membantu. membina dan membimbing supaya kita kuat dan lebih maju dalam segala bidang tidak melupakan adat istiadat , Kebudayaanl kita yang terdahulu , tetapi harus d jaga dan di lestarikan bersama -sama supaya bisa menjadi warisan yang bisa membanggakan di kancah internasional,”paparnya.

            Abah Anton mengakui bahwa saat ini yang namanya persatuan dan kesatuan bangsa kembali dipertanyakan, oleh karena itu tujuan diadakan kegiatan Sawala Budaya dan Kebangsaan ini untuk menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa serta spirit kebersamaan kepada para tokoh adat, tokoh budaya, dan tokoh seni di Jawa Barat supaya bisa menjadi Garda terdepan untuk menumbuhkan jiwa yang cinta tanah air, serta menumbuhkan rasa nasionalisme dengan mengedepankan toleransi sesama manusia agar bisa menangkal faham radikalisme yang tidak sesuai dengan pancasila, Membangun kekuatan dengan kedamaian, membangun kekuatan dengan kerendahan hati, kita bisa kuat kalau damai karena bagaimana mungkin bisa bekerja kalau tidak damai seperti yang terjadi di negara-negara lain.

            “Sebagai orang Sunda wabil khusus masyarakat Sukapura, terutama kita yang lahir di kaki Gunung Galunggung agar berpegang teguh pada naskah Amanat Galunggung yang punya nilai luhur, terutama kaitannya dalam menjaga keutuhan negara kita NKRI.Kita tidak boleh mau diadu domba yang dapat merusak tatanan kehidupan masyarakat dan keutuhan NKRI,”tuturnya.

Seusai acara Sawala Budaya Sunda dan Kebangsaaan, Raden H Dicky Z Sastrakusumah menyematkan pin Soekapoera Pemuda Ngadaun Ngora kepada sejumlah tokoh budaya Sukapura yang eksis dan konsisten.(IRENIA SAKINAH)****

           

           

Posting Komentar

0 Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA