Ticker

6/recent/ticker-posts

Pemkab Garut Launching Penyaluran Bantuan Bagi Masyarakat Tahun 2022


 


Garut,- NUANSA POST

Bertempat di Alun-Alun Garut, yang berlokasi di Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Kamis (14/3/2022), Bupati Garut, Rudy Gunawan, secara resmi me- launching Penyaluran Bantuan Program Sembako (BLT Minyak Goreng) melalui penebalan dan perluasan bantuan sosial  Sembako kepada masyarakat Kabupaten Garut Tahun 2022.

Dalam kesempatan ini, Bupati Garut didampingi unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Garut, juga menyerahkan secara simbolis bantuan sebesar 500 ribu rupiah kepada masyarakat sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Dia mengungkapkan, bantuan ini merupakan salah satu bukti kepastian kepada masyarakat dari pemerintah di tengah mahalnya harga minyak goreng. Ia berharap bantuan yang diterima oleh para KPM bisa tepat sasaran dengan dibelikan kebutuhan sembako khususnya minyak goreng.

"Tapi uang ini harus tepat sasaran belikan minyak goreng, tapi dalam 3 bulan ini pemerintah berjanji untuk menstabilkan harga minyak goreng lagi, karena sekarang tidak stabil karena berbagai macam hal," ucapnya.

Ia menjelaskan, bantuan sebesar 500 ribu itu merupakan bantuan subsidi minyak goreng dan juga bantuan bagi penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) juga Program Kelurga Harapan (PKH).

"Nggak (dibelikan minyak goreng semua) yang 200 ribu BPNT biasa, yang 300 ribunya adalah untuk 3 bulan masing-masing bulan April, Mei, Juni itu untuk membeli minyak goreng kurang lebih 5 liter," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Garut, Aji Sukarmaji, menuturkan, ada sekitar 230 ribu lebih KPM Kabupaten Garut yang akan menerima bantuan sebesar 500 ribu rupiah ini.

"Ya untuk penyaluran bantuan program sembako dan penebalan sembako BLT minyak goreng untuk Kabupaten Garut KPM yang menerima sebanyak 234.443 KPM, dan disalurkan mulai dari tanggal 14 sampai 21 April 2022 di 421 desa dan 21 kelurahan," tutur Aji.

Senada dengan Bupati Garut, Aji mengimbau agar uang bantuan tersebut dibelikan sembako sesuai kebutuhan masyarakat. Sementara berkaitan dengan bantuan BPNT, pembelian sembako bisa di mana saja atau tidak ditetapkan tempatnya.

"Untuk penerima sembako (BPNT) bulan Mei itu sebesar 200 ribu rupiah silakan belanjakan untuk sembako dan belanjanya bebas, mau di pasar, mau di warung sembako, mau di e-warung silakan saja, itu kebebasan dari para KPM," ucapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Kantor Pos Garut, Depi Darpian, selaku pihak yang menyalurkan bantuan tunai, menjelaskan, untuk penyaluran bantuan ini, pihaknya menyiapkan tiga pola yaitu pola komunitas di kantor desa, pola komunitas di kantor pos, dan terakhir pola antaran bagi KPM yang sakit atau yang sudah jompo.

Untuk penyaluran pola komunitas di kantor desa, imbuhnya, pihaknya akan bekerja sama dengan pemerintahan desa setempat, yang dijadikan tempat penyaluran bantuan.

"Kalau untuk tempat kita bekerja sama dengan desa, karena mungkin kan kita coba mendekatkan kepada warganya langsung, jadi supaya warga juga tidak keberatan untuk jarak yang cukup jauh mungkin kalau misalkan harus ngambil ke Kantor Pos seperti itu." tandasnya.(Wahyu/Cep K)***

 

 

Posting Komentar

0 Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA