Ticker

6/recent/ticker-posts

Festival Lomba dan Rekor Melukis 2022 Payung Geulis di Kampus SMAN 10 Kota Tasikmalaya


Kota Tasikmalaya,NUANSA POST

Sejumlah siswa/siswi melukis payung geulis pada pada pagelaran Festival, Lomba Melukis dan Rekor Melukis 2022 Payung Geulis Se-Jawa Barat yang bertempat di kampus SMA Negeri 10 Kota Tasikmalaya, hari Sabtu (19/3/2022).

Melukis di payung geulis yang merupakan Warisan Budaya Takbenda (WBTb),dapat dipecahkan Rekor MURI nya dengan peserta sebanyak kurang lebih 2350 secara langsung dan daring sebagai peserta terbanyak dalam melukis payung geulis.

kepala SMAN 10 Tasikmalaya Dr H Yonandi, S.Si, MT menyampaikan ,di sekolahnya sudah melakukan konsep Program Kurikulum PKW, merupakan layanan pendidikan melalui kursus serta pelatihan untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan menumbuhkan sikap mental kewirausahaanya dalam mengelola potensi diri dan lingkungan yang nantinya menjadikan bekal untuk berwirausaha.

            Program PKW ini melibatkan bidang rekayasa, Pengolahan, Budidaya dan Kerajinan,dibidang kerajinan diselipkan pembuatan  payung geulis, bagimana cara membuat rangka payung, dibalut kain satin, dan setelah itu diserahkan kepada guru seni budaya untuk dilukis.Setelah itu digiring ke seni musik untuk menggoyangkan Payung Geulis tersebut,tadi sudah ada pertunjukan 100 siswa dan pemusik angklung sehingga ada kolaborasi payung geulis dan angklung. “Kegiatan Festival Payung Geulis ini merupakan kolaborasi dengan para pengrajin Payung Geulis yang berada di Kota Tasikmalaya sehingga melahirkan Rekor MURI. Kami ingin melestarikan serta meregenerasi payung geulis agar ikon Kota Tasikmalaya ini tidak terjadi kepunahan di kemudian hari. Karena itu siswa/siswi disini kurang lebih sebanyak 70 persen tidak melanjutkan ke tingkat selanjutanya maka dari itu kita akan mengarahkannya ke life skill, selain itu juga payung ini butuh dipromosikan lebih luas lagi agar dikenal di tingkat nasional maupun internasional,” ungkapnya

Dalam kesempatan yang sama salah satu peserta dari SMAN  9 Kota Tasikmalaya yang diwakili oleh guru seni budaya   Hendar mengatakan "Kami dari SMAN 9 Kota  Tasikmalaya menjadi pengalaman yang sangat berharga dalam mengikuti atau berpartisipasi dalam rangka lomba melukis payung geulis dan rekor MURI tahun ini di Kota Tasikmalaya yang mana berlokasi di SMAN 10 Kota Tasikmalaya .Alhamdulilah sangat luar bisa dalam pelaksana kegiatan kali ini berjalan tertib aman lancar antusias dari masyarakat maupun dari peserta lomba melukis ini sangat antusias sekali. Kami mengucapkan banyak berterima kasih kepada keluarga besar SMAN 10 Kota Tasikmalaya sudah memberikan kesempatan untuk menjadi bagian dari Festival Lomba dan Rekor Melukis 2022 Payung Geulis,peserta dari SMAN 9 berjumlah 20 orang ditambah guru pembimbing 3 orang. Kami di sini bukan menargetkan juara tetapi kami bagai berpartisipasi,kami sangat merasa bangga dengan adanya kegiatan seperti ini menjadikan pengalaman baru bagi kami."pungkasnya (DR4)

 

 

Posting Komentar

0 Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA