Ticker

6/recent/ticker-posts

Pemkab OKU Selatan

Kecamatan Mesuji Timur Menggelar Penyuluhan Hukum,Demi Meningkatkan Kesadaran Hukum di Masyarakat


Mesuji- NUANSA POST

Kecamatan Mesuji Timur adakan Pelatihan Penyuluhan Hukum untuk perangkat Desa dan Badan Permusyawaratan Desa Se-Kecamatan Mesuji Timur Kabupaten Mesuji.

Turut Hadir dalam acara, Dyah Ambarwati selaku Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Menggala beserta rombongan, Asisten 1 Drs Indra Kesuma Wijaya,M.M. Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa(PMD), Kadis Kominfo, Camat Se-Kabupaten Mesuji, Perangkat Desa dan Badan Permusyawaratan Se-Kecamatan Mesuji Timur serta Aparatur Desa sebagai penyelenggara pemerintah desa, tentu lebih awal mengetahui tentang aturan-aturan hukum sebelum aturan itu diterapkan di tengah-tengah masyarakat.

Hal ini disampaikan Asisten 1 Drs Indra Kusuma Wijaya,M.M,yang mewakili Bupati Mesuji H.Saply.TH, dalam rangka membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyuluhan Hukum Aparat Desa Se–Kecamatan Mesuji Timur, yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna (GSG) Taman Kehati Mesuji, desa mekar jaya kecamatan mesuji ,Kabupaten Mesuji,Kamis (16/12/2021).

Indra mengatakan, Bimtek ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran hukum di masyarakat.“Didalam Bimtek ini, tentu harus disampaikan kepada masyarakat melalui kepala desa, BPD, maupun sekdes agar masyarakat akan tahu apa yang menjadi hak dan kewajibannya kepada desa, kecamatan, kabupaten maupun negara,” ujarnya.

“Nah, diharapkan dengan mereka mengetahui apa yang menjadi hak dan kewajiban mereka, tentu ini akan terjadi peningkatan kesadaran hukum,” tambah Indra Kusuma Wijaya.

Indra berharap, kepada peserta Bimtek ini, apa yang didapatkan didalam pelatihan ini, benar-benar nanti diaplikasikan ditengah-tengah masyarakat. Sebab tidak ada gunanya apa yang didapat itu, untuk kemudian tidak dilaksanakan di tengah-tengah masyarakat.

“Jadi dengan penyuluhan hukum kepada aparat desa, khususnya Kecamatan Mesuji Timur paling tidak bisa menekan sekecil mungkin pelanggaran-pelanggaran yang bisa muncul ditengah-tengah masyarakat kita,” harapnya.

Lanjut Indra, dengan penyuluhan ini nanti APBD desa itu akan lebih cepat, karena salah satu materi penyuluhan tersebut mengenai APBD desa.“Jadi desember ini, APBD Desa seluruh Desa Se- Mesuji Timur, semua sudah dibahas dan bisa diketuk akhir Desember. Sehingga diawal Januari tahun 2022 sudah bisa melaksanakan APBD secara serentak,” kata Indra.

Terakhir Indra juga menambahkan, untuk kedepan penyuluhan hukum ini agar tetap dilaksanakan disemua kecamatan yang ada di Kabupaten Mesuji dan diikuti semua aparat terutama para kepala desa "tutupnya, (RANDI)

 

Posting Komentar

0 Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA