Ticker

6/recent/ticker-posts

Terkait Tumpahan Palm Stearin PT Kreasi Jaya Adhi Karya, Begini Kata DLH..!!


Dumai, NUANSA POST

Terkait kejadian tumpahan minyak turunan CPO PT Kreasi Jaya Adhi Karya pada Senin (8/11/2021) malam lalu, Kabid IV Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Dumai Anton Budi Darma, menyayangkan kejadian tersebut.

Kadis DLHK Dameria, melalui Kabid Anton sesalkan sikap perusahaan yang tidak mengikuti SOP saat loading. "Tidak ada koordinasi ke kami saat akan memulai loading ke MT Santos," ujar Anton, di konfirmasi Media ini, Senin (22/11/2021), di kantor nya.

Menurut Anton, seharusnya PT Kreasi Jaya Adhi Karya (Masuk Kelompok Usaha KLK), sebelum loading, melakukan koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK), KSKP, KSOP dan Pelindo 1).

"Pihak Polres bertanya ke kami 22.30 WIB, makanya kami tahu. Besoknya, Selasa pagi kami turun lapangan, tampak sisa Palm Stearin di jalan dermaga, sekitar selang (hose) yang pecah," terang Anton.

Ditambahkan Anton, pengamatan di lapangan (Dermaga B), yang tampak hanya sisa tumpahan saja lagi. "Begitu juga di perairan dan pantai, tidak tampak sisa Palm Stearin," lagi Anton. Selang karet 4 Inchi yang pecah diduga penyebab tumpahan Stearin tergeletak di sisi dermaga. Sementara pipa besi dari pabrik ke selang karet loading tergeletak sepanjang dermaga.

Namun diakui Anton, pihak perusahaan diwakili Humas Yogi Rinanda sudah di BAP. Anton sempat menunjukkan BAP kepada Media ini. Tampak tandatangan para pihak, termasuk Dinas LHK Provinsi."Untuk sampel, hasil laboratoriumnya kami masih menunggu dari Laboratorium PUPR Provinsi Riau," ujar Anton.

Ketika Media ini konfirmasi ke Dinas Lingkungan Hidup Provinsi lewat Kabid Penataan Lingkungan Alfian Hardiman, SH., dijawab beliau "Kami juga masih menunggu".Kedepannya, Anton berharap kepada perusahaan PT Kreasi Jaya Adhi Karya yang merupakan bagian dari PT Kuala lumpur Kempong (KLK), agar melakukan koordinasi sebelum melakukan loading."Kami tahu nya mereka loading karena kejadian ini. Berarti, seandainya tidak kejadian tidak tahu dong..?," tutup Anton.(RHS)

 



Posting Komentar

0 Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA