Ticker

6/recent/ticker-posts

JPK Korda Lampura Tuding APIP Tidak Serius Dukung Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi


Lampung Utara – NUANSA POST

Jaringan Pemberantasan Korupsi (JPK) Koordinator daerah Kabupaten Lampung utara, tuding Aparat pengawasan Internal Pemerintah (APIP) tak serius dukung Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, yang marak terjadi dan meningkat Intensitasnya di Sektor Pelayanan Publik hingga pada Pemerintahan, yang proses Hukumnya banyak tak jelas. Bahkan JPK juga menilai Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) telah gagal menjalankan Fungsi Pembinaan dan pengawasan pada Program anggaran Dana Desa yang banyak terjadi Tindak pidana Korupsi, namun prosesnya kami duga tak sampai ke penindakan Hukum lantaran 86 (Selesai di tempat).

Hal ini diungkapkan oleh Kordinator Daerah Jaringan pemberantasan Korupsi (Korda JPK) Lampung utara Alian arsil di markas Tugu payan mas Jalan Jenderal Sudirman Pusat Kotabumi Kabupaten Lampung utara, senin (01/11).

" Makin Meningkatnya Tindak pidana Korupsi yang terjadi pada beberapa sektor di Lampung utara, terutama pada anggaran Dana Desa (DD) yang banyak terjadi Korupsi dan menyeret oknum Kepala Desa sebagai tersangka, semuanya dapat dipastikan akibat dari lambanya penanganan dari APIP yang secara tidak langsung turut pula menghambat Proses penindakan dari Aparat penegak Hukum atas terjadinya Tindak Pidana Korupsi yang terjadi. Hal ini juga membuktikan, bahwa gagalnya pembinaan dan pengawasan yang dilaksanakan Aparat pengawasan Internal Pemerintah, menjadi peluang yang di manfaatkan oknum Kepala desa serta oknum lainya untuk melakukan Korupsi," terang Korda JPK.

Padahal, Fungsi dan kewenangan Aparat pengawasan Internal Pemerintah (APIP), seharusnya mampu menjadi Garda terdepan, dalam upaya dini pencegahan dan pemberantasan, bukan malah menciptakan peluang terjadinya Korupsi. pasalnya Fungsi pembinaan yang lebih diutamakan dari pada Sanksi Penindakan, kerap dimanfaatkan dan dijadikan kesempatan oleh oknum tertentu, untuk meraup keuntungan pribadi maupun kelompok melalui persekongkolan, untuk menutupi Tindak pidana Korupsi yang terjadi dengan dalil pembinaan. sehingga proses selanjutnya jarang dilimpahkan kepada Aparatur penegakan Hukum (APH), meskipun ada Bukti awal telah terjadi Tindak pidana Korupsi yang dilakukan," paparnya.

Seperti contoh yang terjadi dan dialami mantan Kepala Desa Way melan, Desa Beringin dan Desa Gunung besar, yang tersangkut Tindak pidana Korupsi pada pengelolaan anggaran Dana Desa (DD). ketiganya baru pada tahun ini dilakukan penahanan dan menjalani proses Hukum, padahal Korupsi Dana Desa yang mereka lakukan, terjadi pada Tiga tahun lalu," Jadi, apa saja kinerja Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) selama ini, apa hasil Pembinaan pengawasan (Binwas) dan Monitoring Evaluasi (Monev), yang mereka lakukan selama ini, masa setelah tiga tahun baru ada temuan, apa mereka cuma Piknik ke Desa, Atau ada yang mereka terima dari oknum Kepala Desa sebagai imbalan Balas budi dari Pembinaan yang mereka lakukan.

Tambahnya lagi, belum lagi Desa-desa lainya, yang juga telah dilaporkan atas dugaan Terjadi Korupsi anggaran Dana Desa (DD), seperti Desa Sumbertani, masak sudah Tiga tahun dilaporkan, sampai saat ini belum juga ada prosesnya," Ada apa ini, apa yang terjadi sesungguhnya, Kalau memang mereka tak mampu mengungkap dan meperosesnya, kenapa tidak mereka Limpahkan saja proses Hukumnya kepada Polres Lampung utara, Saya menduga ada oknum APIP, mendua hati dan memanfaatkan kewenanganya untuk bersekongkol bersama oknum Kepala desa tersebut, untuk menutupi Korupsi yang mereka lakukan," ketus Alian arsil jengkel.

Pada akhir tanggapanya, Korda JPK Lampung utata Alian arsil melontarkan kegeramanya," Kami Jaringan Pemberantasan Korupsi, sampai kapanpun sampai manapun, akan terus mengawal dan mengungkap Kebobrokan yang dilakukan oleh oknum-oknum yang telah menghianati rakyat dan akan menyeret mereka ke muka Hukum," Yakinlah kebenaran pasti akan terungkap," JPK akan slalu ada selama Korupsi masih ada," Berantas Korupsi Harga mati," tegas Korda JPK Alian arsil optimis.(RIAN)****

 

Posting Komentar

0 Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA