Ticker

6/recent/ticker-posts

Semarak Wisuda Angkatan Ke 3 dan Milangkala ke 7 Universitas Perjuangan Tasikmalaya


Kota Tasikmalaya NUANSA POST

Di tengah pandemi covid-19 yang belum memiliki tanda kapan segera berakhir, suasana pelaksanaan wisuda yang biasa ramai dengan selebrasi dari orang tua maupun kerabat para wisudawan wisudawati menjadi berubah.Pelaksanaan wisuda sebagai agenda sakral perkuliahan di kebanyakan universitas dilaksanakan secara daring (dalam jaringan). Namun berbeda dengan Universitas Perjuangan (UNPER) Tasikmalaya yang tetap melaksanakan upacara prosesi wisuda angkatan ke 3 tahun akademik 2020 – 2021  dan milangkala UNPER yang ke 7 tahun 2021 secara Luring (luar jaringan) dan Daring (dalam jaringan)  pada hari Sabtu 16 Oktober 2021di gedung baru kampus UNPER Tasikmalaya Jalan Bembela Tanah Air Kota Tasikmalaya

Hal itu disampaikan    Wakil Rektor 1 UNPER Tasikmalaya Prof.Dr.H.Dedi Heryadi M.Pd kepada LINTAS PENA  “Alhamdulilah hari ini bisa terlaksana sebagai jawaban dari kerinduan serta keinginan sebagian besar mahasiswa untuk merasakan atmosfer wisuda meskipun harus berurusan dengan protokol kesehatan ketat yang telah diatur oleh UNPER.Kedisiplinan kita dalam melaksanakan protokol kesehatan merasakan kunci utama untuk melawan pandemi covid-19 saat ini.”ujarnya

Prof.Dr.Dedi Heryadi M.Pd menjelaskan bahwa UNPER Tasikmalaya untuk tahun 2021 ini meluluskan dan resmi di wisuda sebanyak 505 yang terdiri dari Fakultas Ekonomi sebanyak 191 orang, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan sebanyak 94 orang, Fakultas Teknik Sipil 61 orang, Fakultas Kesehatan sebanyak 126 orang dan Fakultas Pertanian sebanyak 33 orang jelasny    a.


Sementara itu , Rektor UNPER Tasikmalaya Prof.Dr.H.Yus Darusman Drs.M.Si mengatakan dalam kata sambutannya, bahwa  wisuda ke 3 yang bersamaan dengan Milangkala ke 7 Universitas Perjuangan, bertemakan “Tepikeun hariring kuring sangkan nyaring berang jeung peuting".

Adapun jumlah mahasiswa UNPER sekarang ini ada 5150 orang, Usia UNPER kalau dihitung dari masa berdirinya sudah berumur 7 tahun, tetapi kalau dilihat dari masa operasionalnya baru berjalan 6 tahun, karena penerimaan mahasiswa baru dilakukan pada tahun 2015.  Di usia 7 tahun ini kita berupaya untuk melebihi standar mutu pendidikan nasional, karena kalau hanya mencapai standar nadional berarti hanya mencapai tandar minimum artinya C,jadi harus melebihi standar nasional ,walaupun tidak mudah Insyaa alloh pada tahun ini kita akan mengajukan reakditai setelah 3 tahun memperoleh  data kelulusan dan data pelacakan alumni.


Perguruan tinggi yang baik menurut IKU ( Indicator Kinerja Utama) PT diantaranya para lulusan memiliki mada tunggu sedikitnya 6 bulan setelah lulus kuliah dan bekerja sesuai dengan keahlian masing-masing dengan gaji minimum sebesar 1,2 X upah minimum Aabila tidak bekerja pada intansi/dinas/perusahaan dapat berwirausaha dengan penghasilan minimal 1,2 x upah minimum apabia UMR Kota Tasikmlaya 2juta maka upah minimum menurut IKU Sebesar 2,4 juta perbulan. Selanjutnya pada wisuda tahun ini Unper memilih 3 kategori wisudawan/wisudawati yang meliuti 1.Lulusan Terbaik Universitas yaitu Cici Nurul Azijah dari Prodi Manajemen dengan IPK 3,96 ; Ke 2.Lulusan Tercepat Univesitas yaitu Reni Nuraini dari Prodi Informatika dengan.mada studi 3 tahun ,9 bulan, 3. Lulusan Termuda Universitas yaitu Mariska Berlianti Juwanda dari Prodi Manajemen lulus pada usia 21 tahun 2 bulan 10 hari.

Adapun lulus terbaik fakultas antara lain FKIP oleh Lela Komalasari  dari Prodi PGSD,FEB oleh Cici Nurul Azijah dari Prodi Manajemen, FT oleh Melanda Tiara Komala Sutra dari Prodi Teknik Informatika, FIK oleh Rahmahdini Nurakhsani dari Prodi Farmasi,FP oleh Siti Nurlaeni Wulandari dari Prodi Agribisnis. papar Rektor UNPER Tasikmalaya.

            Prof.Yus Darusman. menambahkan“Mewakili sivitas akademika UNPER Tasikmalaya, saya mengucapkan selamat atas keberhasilan dalam menyelesaikan studi, saya do’akan semoga sukses dalam menjalani kehidupan baru di masyarakat. Hari ini menjadi awal untuk meraih sukses berikutnya. Kepada semua orang tua dan keluarga wisudawan dan wisudawati, saya ucapkan terimakasih atas kepercayaan   untuk membimbing belajar mahasiswa dan mengantarkannya hingga hari ini dapat dikukuhkan menjadi sarjana. Juga saya mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setingi-tingginya kepada para dosen dan tenaga kependidikan atas komitmen dalam melaksankan tugas sebagai pendidik, pembimbing dan fasilitator belajar bagi para mahasiswa hingga berhasil menjadi sarjana. ungkapnya.


Pada kesempatan  itu,  Ketua Pembina Yayasan Univesitas Siliwangi Letjen TNI (Purn) H.Endang Suwarya menyampaikan dalam kata sambutannya kami berpesan kepada para wisudawan/wisudawati bahwa; Gelar kesarjanaan bukanlah segalanya, kelulusan bukanlah akhir dari tujuan belajar, justru merupakan awal dari perjalanan hidup di dunia nyata, kalian akan menghadapi masalah-masalah yang rumit dan komplek. kalian harus berani menghadapi kenyataan dengan cara terus belajar untuk mengembangkan diri dimanapun kalian berada, Kalian harus tegar dan berpegang teguh kepada nilai-nilai kebenaran, kejujuran dan keagamaan, karena hanya itulah yang akan menyelamatkan kalian dari turbulensi moral yang kuat di masyarakat.

Sebagai umat Islam kita harus menjadi khalifatullah fil’ardh (wakil Allah di muka bumi). Kita harus berani tampil sebagai pandega bangsa. Kita harus senantiasa bersabar dan istiqomah dalam menegakan kebenaran serta bersikap dan berprilaku sebagai seorang sarjana yang profesional, sesuai dengan tugas profesinya masing-masing. Yakinlah bahwa keluhuran budi akan membawa kepada kebahagiaan dunia dan akhirat.

Selain berdoa dan meminta petunjuk Illahi, ingatlah selalu pada orang tua karena tidak ada sukses tanpa dukungan orang tua. Jangan lupa almamater. “UNPER Tasikmalaya  adalah kampus yang kita cintai, tempat dimana kita dibesarkan. Datanglah kembali ke kampus untuk saling berbagi, menyambungkan tali silaturahmi antara UNPER Tasikmalaya dengan alumni, UNPER Tasikmalaya  akan memberikan hasil kajian dan temuan inovatif kepada para alumni, sebaliknya alumni harus memberikan informasi, masalah-masalah dan tantangan yang terjadi pada dunia pekerjaan sebagai masukan untuk memperbaiki pembelajaran di Universitas, agar UNPER Tasikmalaya  selalu tampil sebagai menara air bagi kemakmuran masyarakat.  Tolong jaga nama baik UNPER Tasikmalaya.  Selamat jalan, selamat berjuang, bekerjalah dengan sungguh-sungguh, tunjukan integritasmu, ingat; nusa, bangsa menanti baktimu.”paparnya

 Humas UNPER Tasikmalaya Depy Muhammad Fauzi MM menambahkan bahwa kegiatan milangkala ke 7 dan wisuda ke 3 Berjalan dengan lancar  yang di mulai dari tanggal 11-15 0ktober kegiatan perlombasn bola voly antar prodi ,Lomba MTQ,Baksos hingga puncak acara yaitu pemberian piagam penghargaan bagi para juara dan penghargaan   bagi dosen dan karyawaan yang dianggap memiliki loyalitas dan pengabdian yang tinggi kepada lembaga juga di ahiri pemotongan tumpeung dan hiburan pentas seni bobodor kreatif  kemot group tuturnya singkat. (M.AKMAL)***

 

 

Posting Komentar

0 Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA