Ticker

6/recent/ticker-posts

Inspektorat Enggan Limpahkan Lidik/Riksa Kades Sumbertani Ke APH

Lampung Utara – NUANSA POST.

Kebaikan Budi dan senyum manis KS, oknum Kepala Desa (Kades) Sumbertani Kecamatan Abung pekurun Kabupaten Lampung utara Di duga telah berhasil menutupi Dugaan Korupsi yang di alamatkan kepadanya. Senyum manis dan Budi baiknya juga, Diduga telah membuat oknum Aparat pengawasan Internal Pemerintah (APIP) lemah tak berdaya bahkan enggan untuk melakukan proses pemeriksaan terhadap Dugaan Tindak Pidana Korupsi anggaran Dana Desa (DD) yang dilakukanya sejak tahun Anggaran 2018 hingga tahun 2020, yang hingga kini tanpa ada Proses maupun Tindakan Hukum dari APIP dan APH seperti Lemah tak berdaya oleh Budi baik dan Senyumanya. Tanggapan dan Kecaman pedas bernada Canda ini di Lontarkan oleh Kordinator Daerah (Korda) Lembaga Anti Korupsi Indonesia Kabupaten Lampung utara, MA Jupri Arsil yang di dampingi Sekretaris Adly dan Katim Investigasi Imron di markasnya Jalan Jenderal Sudirman Bundaran Tugu Payan mas Pusat Kotabumi Lampung utara, senin (18/10/2021).

"Tidak berjalanya pemeriksaan dan mandeknya proses Hukum atas Tindak Pidana Korupsi pada anggaran Dana Desa (DD) Desa Sumbertani, yang Di duga kuat dilakukan oleh KS, semua hasil temuan telah kami Laporkan," Tetapi kami menduga, telah ada upaya Kongkalikong yang terjadi antara oknum APIP serta melibatkan oknum APH, untuk menjegal Proses Hukum terhadap KS, agar Kepala Desa tersebut Lolos jerat Hukum," Jelasnya jengkel.

Lanjutnya lagi," Hal ini dapat terlihat dari engganya Aparat pengawasan Internal Pemerintah (APIP), untuk melimpahkan proses Pemeriksaan dan penyidikanya kepada Aparat Penegak Hukum (APH), terkait Dugaan Korupsi yang di lakukan oleh KS, oknum Kepala Desa (Kades) Sumbertani, bahkan APIP terkesan sengaja menutupi, agar proses Hukumnya tak berjalan," terang Korda. Kecaman senada, juga di ungkapkan oleh Adly dan Imron, selaku Sekretaris dan Katim Investigasi LAKI secara bersamaan pada waktu dan tempat yang sama," Kami Duga semua terjadi, karena KS, oknum Kepala Desa (Kades) Sumbertani, memiliki jiwa Sosial tinggi dan kerap berbagi rezeki kepada para oknum yang dapat membantunya lepas dari jerat proses Hukum," Makanya semuanya jadi Terpedaya olehnya, terlebih lagi para oknum tersebut memang memiliki mental Rakus harta dan Penjilat yang rela menggadaikan Kehormatan dan sumpah jabatanya demi meraih keuntungan Pribadi," Hancur rusak Institusi dan marwah Hukum dibuat mereka kalau begini," ketus mereka Bersamaan.

Tambah mereka lagi, "Hal ini Diduga terjadi dan merasuki Para oknum APIP dan Oknum APH di Lampung utara. Mereka seakan lemah tak berdaya dalam melaksanakan Fungsi tugas kewenanganya untuk melakukan proses pemeriksaan terhadap Kepala Desa (Kades) tersebut, meskipun Temuan dan Bukti awal serta Laporan dari LAKI, telah menyatakan bahwa KS, oknum Kepala Desa (Kades) Desa Sumbertani, Diduga kuat telah melakukan perbuatan Tindak Pidana Korupsi Anggaran Dana Desa (DD), yang menimbulkan Kerugian mencapai Ratusan juta rupiah, bagi Kepentingan pribadinya dengan cara melanggar dan melawan Hukum. Mirisnya lagi, oknum Kepala Desa tersebut, juga ditengarai kerap mengkonsumsi Narkoba jenis Sabu-sabu, bersama Sekertaris Desa (Sekdes), menurut ketetangan sebuah sumber yang enggan di sebut namanya dalam tulisan.

"Mewakili Lembaga Anti Korupsi Indonesia (LAKI) dan Jajaran serta Rekan Lembaga penggiat Anti Korupsi lainya yang ada di Lampung utara, Kami minta kepada Bupati Budi Utomo untuk mengevaluasi Kinerja jajaranya di Bidang Pengawasan dan Pembinaan (Inspektorat), agar dapat meningkatkan kinerja APIP secara Profesional sesuai Fungsi dan Kewenanganya, serta memberikan tindakan dan Sanksi Tegas bagi Oknum yang terbukti menyalah gunakan Fungsi Jabatanya, serta memanfaatkan kewenanganya, untuk melakukan Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN), guna memperkaya diri pribadi maupun kelompok dengan melanggar Sumpah jabatan dan melawan Hukum," tegas mereka. (RIAN)

Posting Komentar

0 Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA