Ticker

6/recent/ticker-posts

Walikota Launching Aplikasi e-money/E-Smart Retribusi UPT. Perparkiran


Dumai - NUANSA POST

Walikota Dumai, H. Paisal, SKM.,  MARS., hadiri agenda Launching Aplikasi e-mOney/E-SMART Retribusi Tempat Parkir Khusus, bertempat di UPT. Perparkiran, Jl. Soekarno-Hatta, Kecamatan Dumai Selatan, Rabu (01/09/2021).

Penggunaan aplikasi e-money  bertujuan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan mempermudah proses penerimaan retribusi parkir yang efektif, efisien, serta terarah sehingga mencegah terjadinya kebocoran retribusi parkir khusus.

Plt. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Eko Wardoyo, dalam laporan menyampaikan, pemungutan retribusi tempat khusus parkir non tunai atau e-money berdasar Perwako No. 25 Tahun 2021 Tentang Penunjukan Pelaksanaan Perda No. 7 Tahun 2014.

Sebelumnya Pemerintah Kota (Pemko) Dumai melalui Dinas Perhubungan Kota Dumai telah melakukan penandatanganan kerja sama dengan Bank Riau Kepri (BRK) dan Bank Mandiri pada Jumat, 27 Agustus lalu.

"Untuk tempat pelaksanaan pemungutan retribusi non tunai dilaksanakan di 4 tempat, yaitu  Tempat Parkir Khusus (Eks Terminal Barang) UPT. Perparkiran, Pos Pemungutan Retribusi Bukit Timah Km. 6, Pos Checking Bukit Timah Km. 7, dan Pos Pemungutan Retribusi Rawa Panjang, Kecamatan Bukit Kayu Kapur," ucap Eko Wardoyo.

Dalam sambutannya, Walikota Dumai apresiasi Dishub sebagai User sekaligus operator Pembayaran Non-Tunai/E-Money,    serta sebagai OPD pelaksana terkait Perjanjian Kerja Sama Sistem Pembayaran Elektronik.

Mandiri E-Money.

"Apresiasi juga saya sampaikan pada Bagian Kerja Sama Setdako, sebagai bagian yang memfasilitasi dan administrator seluruh kerja sama yang dilaksanakan oleh OPD dengan pihak ketiga," ucapnya.

Beliau mengungkapkan, selama ini pemungutan retribusi secara manual dirasa kurang efektif, dan bahkan sangat rawan kecolongan sehingga tidak memberikan gambaran sesungguhnya hasil pungutan PAD yang disetor ke kas daerah.

"Untuk mengantisipasi hal tersebut, hari ini kita luncurkan metode pembayaran non tunai dengan menggunakan kartu e-money, dimana pengguna jasa tidak perlu melakukan transaksi konvensional. Cukup tempelkan kartu, transaksi langsung di record di rekening kas daerah," pungkasnya.

Terkait penerapan e-money, beliau tekankan sebaik apa aplikasi yang dibuat, secanggih apapun IT terpasang, tetap saja operator berperan penting."Kepada Dishub, kami tekankan untuk memberikan pengertian kepada petugas dilapangan pentingnya kejujuran. Untuk memajukan Kota, mari bekerja cerdas, tuntas dan ikhlas," pungkasnya.

Turut hadir dalam kesempatan ini, Forkopimda Kota Dumai, Direksi Bank Riau Kepri, Kadishub Provinsi Riau, Kepala BPTD Wilayah IV Riau Kepri, Inspektur Kota Dumai atau yang mewakili, Kepala OPD dilingkup Pemko Dumai, serta Pimpinan Perusahaan CPO dan Perusahaan Transportasi atau yang mewakili.(DISKOMINFO/RHS)

 

Posting Komentar

0 Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA