Ticker

6/recent/ticker-posts

Tutup Kegiatan BBGRM, Bupati Ciamis Ajak Masyarakat Budayakan Kembali Tradisi Gotong Royong

 


Ciamis,NUANSA POST

Bupati Ciamis Dr.H.Herdiat Sunarya,MM menutup kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke XVIII Tingkat Kabupaten Ciamis tahun 2021 di halaman Desa Pusakasari Kecamatan Cipaku, kamis (30/09/2021).

BBGRM merupakan implementasi terhadap upaya pemeliharaan dan pengembangan semangat kegotongroyongan masyarakat dalam pembangunan desa kelurahan, sebagaimana diamanatkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 42 Tahun 2005.

Dalam kegiatan tersebut Bupati Ciamis mengajak masyarakat untuk membudayakan kembali tradisi budaya gotong royong sebagai salah satu warisan leluhur. "Apresiasi pada masyarakat Desa Pusakasari yang masih tetap memelihara budaya gotong royong yang merupakan warisan leluhur kita yang harus dilestarikan," ungkap Bupati.

Bupati berpesan agar budaya gotong royong jangan sampai hilang dan harus tetap dikembangkan di Tatar Galuh Ciamis. "Pemerintah, baik itu Bupati sampai Kepala Desa tidak bisa apa-apa tanpa dukungan dan gotong royong masyarakat, "ucapnya.

Beliau menerangkan, akibat adanya pandemi ini anggaran banyak terrefocusing sehingga pembangunan di Kabupaten Ciamis menjadi sedikit terhambat, dan satu-satunya yang dapat memecahkan masalah ini adalah dengan gotong royong, bahu membahu antar masyarakat.

"Kami sangat mengapresiasi masyarakat Tatar Galuh Ciamis, yang dalam kondisi saat ini pun masih mau gotong royong membangun desa, " Tuturnya.

"Insyallah sesulit apapun kondisi kita saat ini, kalau dilaksanakan bersama-sama pasti akan selesai, " Pungkasnya.

Sementara itu Kepala DPMD Ciamis, Ape Ruswandana mengatakan BBGRM merupakan salah satu program Gubernur yang diberikan pada Kabupaten Ciamis khususnya Desa Sukasari Kecamatan Cipaku.

Pencanangan program BBGRM di mulai pada tanggal 26 Agustus 2021, dan ditutup pada hari ini secara langsung oleh Bupati Ciamis.

"Maksud dari kegiatan ini yaitu diantaranya melestarikan budaya gotong royong, meningkatkan peran aktif masyarakat baik mental, spritual dan pembangunan, meningkatkan kemitraan antara masyarakat dan pemerintah, meningkatkan rasa memilki masyarakat terhadap hasil pembangunan dan menciptakan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap gotong royong, " Paparnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, perwakilan Kepala DPMD Jawa Barat, Unsur Forkopimda, Camat Cipaku, Kapolsek, Danramil, Ketua MUI Cipaku, Ketua Apdesi dan Para Kepala Desa Se Kecamatan Cipaku. (HENDRA NOOR/ PROKOPIM)****

Posting Komentar

0 Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA