Ticker

6/recent/ticker-posts

Datuk Seri Syarudin Husin Ketua Umum DPH LAM Riau Dumai Pimpin Langsung Apel Siaga Block Rokan

DUMAI, NUANSA POST.

Ketua Umum DPH LAM RIAU Dumai Datuk Seri Syarudin Husin bersama Panglima Muda Datuk Jailani Ridwan dan Timbalan Panglima serta para Pemangku dan anggota Penggawa Adat LAM Riau BKO Kota Dumai pimpin langsung Apel Siaga Penetapan Pemegang Saham B to B Blok Rokan. Di ketahui, LAM Riau akhirnya menerima 39% saham, melalui proses lelang lewat Badan Usaha Milik Adat (BUMA) PT. Negeri Melayu Bertuah (NMB).

Dalam apel siaga Rabu (14/07/2021) di area Lapangan Junk Yard PT. Chevron Pacific Indonesia (CPI) Bukit Batrem Kecamatan Dumai Timur, Penggawa Adat LAM Riau BKO Kota Dumai menyampaikan hal-hal:

1. Masyarakat Hukum Adat Kota Dumai meminta kepada Pemerintah melalui PT. PERTAMINA Pusat mengikut sertakan Masyarakat Adat dalam pemilikan saham B to B partner Lembaga Adat Melayu Riau;

2. Mendukung LAM Riau untuk memiliki Saham di Block Rokan;

3. Tanah Ulayat Bumi Melayu yang telah dikuras minyak hampir 100 tahun, maka kami meminta PANCUNG ALAS dari minyak kami yang telah dikuras dari perut bumi kami;

4. Sejak tahun 1958, diresmikan pelabuhan Export Minyak CALTEX di Kota Dumai, minyak mengalir deras, tapi tak setetespun yang kami dapat;

Wahai PERTAMINA jika pipa-pipa yang melintas di Dumai tidak ada manfaat bagi Masyarakat Dumai, maka bawa aja pipa-pipa tersebut ke Pusat. Kami tidak butuh pipa-pipa. Ingat..! Minyak yang di ekplorasi dari perut bumi Riau, menjadi duit jika sudah sampai ke Dumai, dimasak di Dumai dan langsung di ekspor dari Dumai.  Kami meminta Hak..! Kembalikan hak kami Masyarakat Adat Kota Dumai..! Kami meminta DBH atas MIGAS, karena hasil Produksi Pertamina Hulu melintas di Dumai, dan hampir 70 tahun kami tidak mendapatkan apa-apa.

Dalam alu-aluannya Datuk Seri menyampaikan terima kasih kepada Penggawa Adat LAM Riau Kota Dumai, yang siap berjuang tuk mendapatkan Hak-hak. Dari depan, Datuk Seri Syarudin Husin berjanji akan menyampaikan keinginan Penggawa Adat kepada LAM Riau dibawah Pimpinan Datuk Seri Al azhar dan Datuk Seri Syahril Abu Bakar beserta seluruh Pemangku LAM Riau.

Ditekankan Beliau, Masyarakat Adat tidak boleh menjadi penonton di negeri sendiri. "Orang tua-tua mengingatkan, apabila rumah tidak berpintu, maka angin lalu tempias lalu," ungkap Datuk Seri. Beliau juga mengingatkan "Negeri ini ada Penghulunya, rumah ini ada Tuannya, maka jangan meraja-raja dikampung Raja, jangan menghulu-hulu dikampung Penghulu".

Kepada para Penggawa Adat disampaikan, bahwa Penggawa Adat merupakan pasukan Adat yang bertugas menjaga Negeri. "Jika kita sepakat NKRI harga MATI, maka BLOK ROKAN juga harga MATI..!!," tutup Datuk Seri di akhir petuah, disambut tepukan gemuruh hampir 100 orang Penggawa peserta Apel Siaga. (RHS)

Posting Komentar

0 Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA