Ticker

6/recent/ticker-posts

LKM Makmur Sejahtera Kini Jadikan Sampah Bukanlah Barang Yang Menjijikan Lagi


Cilacap NUANSA POST

Kini saatnya sampah bukanlah barang yang menjijikan lagi atau barang yang sudah tidak terpakai lagi. Justru saat sekarang ini  sampah bukan lagi merupakan masalah lokal tetapi sudah menjadi idu global yang penanganannya harus dilakukan secara serius dan bersama sama.

            Memang waktu dulu, permasalahan sampah menjadikan momok yang sangat serius untuk ditangani. Tapi saat kini Pemerintah Kabupaten ( Pemkab ) Cilacap. Telah melakukan terobosan terobosan untuk  bekerja sama antara  Dinas Kebersihan Lingkungan Hidup Kabupaten Cilacap  dan PT Holcim Tbk  serta  investor dari mancanegara, mengolah sampah  untuk dijadikan Bahan Bakar pada pabrik semen PT Holcym Tbk. Sehingga bisa mengurangi angka pengangguran serta mengangkat  roda perekonomian masyarakat   

            Seperti apa yang telah dilakukan oleh LKM Makmur Sejahtera,  Kelompok Swadaya Masyarakat RW  10 Kelurahan Kebonmanis Kecamatan Cilacap Utara. Suatu Kelompok Masyarakat yang saat sedang giat memberdayakan  sampah di lingkungan tersebut, guna mensejahterakan  para nasabah  disekitar wilayah RW 10 Kelurahan Kebonmanis.

            Suatu bukti nyata dari hasil kerjanya LKM Makmur Sejahtera, yakni dengan menggelar  Bakti Sosial dengan Tagline " SAMPAH MEMBAWA BERKAH " yang digelar di Lapangan  volly Perum Bumi  Ketapang Damai RT.06 RW. 10. Kelurahan Kenon manis Cilacap Utara. Senin (12/4)  yang baru lalu.

            Hadir dalam acara tersebut, Ketua LKM Makmur Sejahtera Narjo SPd.MPd., Lurah Kebonmanis, Camat Cilacap Utara Sunarti, dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cilacap Hj  Teti  Rohatiningsih yang juga pembina  LKM Makmur Sejahtera.

           Dalam sambutanya Ketua LKM Makmur Sejahtera  Narjo memaparkan " Kalau nanti kami bisa mengelola sampah Organik  di wilayah Perumahan bisa habis, maka nanti  tidak ada lagi sampah, dimana  yang Organik langsung kita bawa ke rumah Kompos. Dan Masyarakat di lingkungan  Perumahan Ketapang ini  tahu bagaimana cara memilah sampah didapurnya sendiri.

          Masih dengan Narjo " Anggota kami terdiri dari 11 orang,  kani bermitra dengan dengan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cilacap, dan Bu Teti adalah sebagai pembina pada LKM Makmur Sejahtera. Tandas Narjo.

           Pada kesempatan itu pula, Pembina LKM. Makmur Sejahtera, yang juga  Anggota DPR. RI Hj Teti Rohatiningsih dalam sambutanya mengatakan "  Dalam sehari Sampah di Kabupayen Cilacap  bisa mencapai 140 ton  yang dikelola oleh SBI  dengan RDF- nya di  Tritih lor Kecamatan Jetulegi.

         Ditambahkan lagi oleh Teti " Tentu saya akan memotivasi terus, kalau kita mau  dan mampu, pasti ada jalannya sampah itu kalau diberdayakan  dan dibikin inovasi  ternyata berguna juga " imbuh Teti.

          Dalam Kegiatan Bakti Sosial  dengan membagikan 50 paket sembako dan santunan  kepada sekitar 10 anak yatim dan piatu yang diserahkan langsung oleh istri Orang nomer 1 di Kabupaten Cilacap Bupati Cilacap H. Tato Suwarto Pamuji. ( HARYANTI SUSILO )***

 

Posting Komentar

0 Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA