Ticker

6/recent/ticker-posts

Diduga Veteran, Tinggal Jauh Dari Kampung/Keluarga, Masa Tua Harus Di lalui Tak Berdaya

DUMAI, NUANSA POST

Bermula saat tim jurnalis mendapat informasi tayangan video dalam sebuah WhatsApp Group, tentang kisah seorang pria sepuh tak berdaya, yang di rawat oleh seorang pria muda, Minggu malam (18/04/2021). WhatsApp Grup beranggotakan berbagai profesi dari Sabang sampai Merauke. Dalam video berdurasi 4,46 menit tersebut di terangkan, pria sepuh tak berdaya yang di maksud bernama Samsuddin, beralamat tinggal di sebuah ruangan TPA Masjid Baiturrahim di RT. 05 Kel. Tanjung Penyembal Kec. Sungai Sembilan Kota Dumai. Saat itu juga, Jurnalis berkoordinasi dengan Lurah Tanjung Penyembal Ahmad, S,Sos di no WA 08127598XXX, dan Lurah Ahmad lewat 2 kali Chat WA membenarkan kebenaran informasi tersebut.

"Alhamdulillah lansia nya sudah di tangani, berkat kerjasama Peksos Dinas Sosial Kota Dumai, TKSK Kec Sungai Sembilan @TKSK Prayitno, PSM Kel. Tj. Penyembal, RT.05, Sahabat Ambulance, Puskesmas Sungai Sembilan, beserta masyarakat setempat," balas Ahmad beberapa menit kemudian pada Chat pertama. Di sambung lagi "Pak Samsudin alias Mbah Udin pada Minggu (18/04/2021) pukul 01.00 WIB, telah di lakukan pemeriksaan Rontgen oleh pihak RSUD kota Dumai. Hasil nya Mbah Samsuddin di ketahui terinfeksi penyakit paru-paru. Saat ini Mbah Samsudin sudah di ruangan Irna A lantai 2 (dua) nomor 205 untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut," chat kedua Lurah berkumis tebal ini pada Jurnalis.

Investigasi lanjutan NUANSA POST di ketahui, Mbah Samsuddin telah di tangani Pihak Dinsos, bahkan oleh kemurahan hati Kadis Sosial Hasan Basri ruangan Mbah Samsudin di pindahkan dari ruangan Irna kamar 205 (Sesuai Kepesertaan BPJS beliau, Kelas 3) ke ruangan Klas 1 kamar 209. Hal ini di benarkan petugas Dinsos Kabid Pelayanan Orang Terlantar, Nina, saat wawancara.

Di dampingi Ustadz Jafar Effendi (Pria yang terlihat merawat Mbah Samsuddin dalam video viral) dan Humas RSUD dr. Teguh Widodo, Nina menuturkan kronologi, mulai dari informasi video viral keberadaan Samsuddin di dapat lewat Kementerian Sosial Pusat pada Minggu malam jelang Tarawih, hingga di bawa ke IGD RSUD pukul ±23.30 WIB. "Ada banyak pihak yang mau membantu menemukan Mbah Samsuddin dengan keluarga nya," tambah Nina.

Sedemikian viral nya video, Anggota DPR RI yang juga mantan Gubernur Riau Ir. H. Arsyadjuliandi Rahman, MBA, no. Anggota 273, menyerahkan bantuan uang kepada Mbah. Turut mendampingi Gubernur Riau, Kadis Sosial Provinsi Riau, Anggota DPRD kota Dumai dan Walikota Dumai H. Paisal, SKM, MARS.

Di utarakan Nina berbagai Komunitas, Relawan, Kodim 0320/Dumai, Polres Dumai, Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Dumai, PMI, Dinsos Provinsi Riau sudah berkoordinasi dengan Pihak-pihak di Jawa Timur dan Kabupaten Kediri. Awalnya kami berkoordinasi dengan MitVetCad Untuk memastikan apakah Mbah Udin nya benar benar veteran apa tidak, Ternyata Mbah Udin Tidak terdaftar di daftar veteran yg ada di Dumai begitu juga veteran yang ada di Kediri, Namun pihak MitVetCad akan turut berpartisipasi membantu menulusuri pencarian keluarga Mbah Udin " urai Nina.

Oleh Ustadz Jafar Effendi ketika di tanya kondisi Mbah Samsuddin, menerangkan sudah membaik. "Alhamdulilah, di awalnya stamina fisiknya menurun bahkan drop hingga mengalami muntah, tapi berkat penanganan dokter saat ini sudah membaik," ungkap Ustadz Jafar. "Menurut dokter, ada 2 sakit Mbah, yaitu paru-paru dan ginjal," Ustadz Jafar Effendi.

"Saya belum koordinasi dengan dokter yang menangani, apakah sakit paru-paru Mbah tipe menular atau tidak," tutup dr. Teguh Widodo ketika di tanya tim media tipe sakit paru-paru yang di alami Mbah. (RH)

Posting Komentar

0 Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA