Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Rutan Klas IIB Dumai Adakan Vaksinasi


Dumai - NUANSA POST

Dalam rangka penanggulangan Pandemi COVID-19 tidak hanya dilaksanakan dari sisi penerapan ProtokolKesehatan, namun juga harus di lakukan intervensi dengan cara vaksinasi

sebagai bagian dari upaya pencegahan dan Pengendalian COVID-19.

Dan keharusan vaksinasi massal rakyat Indonesia, terutama PNS di tuangkan dalam Keputusan Dirjen Pencegahan Dan Pengendalian PenyakitNo: HK.02.02/4/1/2021tentang Juknis Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka penanggulangan Pandemi Covid-19, tanggal 02 Januari 2021 di tandatangani Muhammad Budi Hidayat.

Menanggapi hal tersebut, Rutan Klas IIB Dumai di bawah kepemimpinan Ka Rutan Pance Daniel Panjaitan, A.Md.P, S.H, M.M mengadakan vaksinasi tahap pertama (1) khusus bagi pegawai nya, Selasa pagi (23/03/2021).


Ada 70 pegawai PNS dari total 73 yang mengikuti vaksinasi. 3 orang pegawai tidak bisa mengikuti vaksinasi karena pernah terkonfirmasi positif Covid-19 dan menjalani isolasi.

Sebanyak 13 orang petugas Puskesmas Bumi Ayu terdiri dari 2 dokter, 4 perawat, 4 bidan, 1 Kesling dan 2 orang bagian administrasi melayani Vaksinasi dan di kawal 2 Personil Polres Dumai.Seluruh pegawai PNS Rutan di vaksin di aula halaman dengan cara bergilir, menghadap 4 meja petugas medis.

Pada meja pertama (Administrasi), pegawai akan di data berdasarkan kartu identitas, bisa KTP atau SIM. Selesai pendataan pegawai akan di beri "Kartu Vaksinasi Anti Covid-19" kemudian menghadap ke meja kedua.


Pada meja kedua (Screening), pegawai akan di ajukan sebanyak 15 pertanyaan seputar riwayat kesehatan nya.

Berdasarkan jawaban, petugas akan menentukan apakah seorang pegawai tersebut layak menerima Vaksin, ditunda atau tidak boleh divaksin.

Jika boleh, pada meja ke-tiga (Suntikan/Injeksi), pegawai kemudian akan menerima Vaksin Sinovac Anti Covid-19.

Tampak beberapa pegawai, harus di jeda tuk menjalani Vaksinasi, karena faktor kesehatan, seperti darah tinggi, darah rendah dan riwayat penyakit. Termasuk Ka Rutan Pance Daniel Panjaitan.

Usai menjalani suntikan/injeksi di meja ketiga, pegawai akan menjalani Observasi/Pengamatan selama 30 menit, pada meja ke empat.

Pantauan jurnalis NUANSA POST , pegawai PNS Rutan pertama yang menjalani Vaksinasi di mulai dari Humas Rutan, Agung Maulana di lanjutkan Komandan Pengaman Rutan (KPR) Pandu A.Md.P, S.Tr.Pas.

Usai di Vaksin, Humas Agung Maulana memotivasi sesama rekan pegawai, dengan berteriak girang "Ayo Vaksin. Nggak ada tuh rasa sakit," di sambut tepuk tangan rekan-rekan pegawai lainnya.

Ka Rutan Pance Daniel Panjaitan saat di mintai tanggapan terkait proses Vaksinasi, kepada NUANSA POST berkata "Rutan Klas IIB Dumai mendukung program Pemerintah, dalam hal kegiatan vaksinasi, sebagai upaya mendukung kinerja aparatur sipil negara sebagai pelayan publik dalam memberikan dedikasi terbaik. Diharapkan dengan Vaksinasi, Indonesia sehat, ekonomi bangkit, tingkat kriminalitas menurun. Serta mampu memutus rantai penyebaran Covid-19 di Rutan Kelas IIB Dumai," ujar pria berdarah Batak ini santai, disela-sela Vaksinasi..(RH)

 

 

Posting Komentar

0 Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA