Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Musrenbang RKPD Kab.Cilacap Tahun 2022, Arah Kebijakan Untuk Peningkatan Kualitas Infrastruktur Wilayah


Cilacap,NUANSA POST

Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Cilacap Tahun 2022 telah dilaksanakan secara virtual dan dibuka oleh Bupati Tatto Suwarto Pamuji pada Selasa (16/3) di Aula Diklat Praja Cilacap. Pemkab Cilacap akan tekankan percepatan pembangunan infrastruktur wilayah untuk mencapai universal akses (sanitasi, kawasan kumuh, air minum) guna mendukung peningkatan derajat kesehatan masyarakat dan pemulihan perekonomian daerah.

Acara Musrenbang tersebut diikuti oleh Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman, Ketua DPRD Kabupaten Cilacap Taufik Nurhidayat, Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Farid Ma’ruf, Narasumber dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Bappenas Jayadi, Kepala Bappeda Pemprov Jateng yang diwakilkan Kabid Pemerintahan dan Sosial Budaya Edi Wahyono, Pimpinan Lembaga/Instansi Vertikal di Kabupaten Cilacap, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cilacap, Ketua Gabungan Organisasi Wanita, para Pimpinan BUMN/BUMD, para Pimpinan Perguruan Tinggi, para Ketua LSM, Organisasi Profesi dan Kemasyarakatan, Tokoh Agama serta jajaran Forkopimda lainnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Farid Ma’ruf menjabarkan bawah dari Visi dan Misi Kabupaten Cilacap, serta dengan memperhatikan Rencana Kerja Pemerintah, arah kebijakan, dan Pembangunan Prioritas Provinsi Jawa Tengah serta pokok-pokok pikiran DPRD Kabupaten Cilacap, maka arah kebijakan pembangunan daerah pada tahun 2022 yaitu dengan peningkatan kualitas infrastruktur wilayah mencapai universal akses (kumuh, sanitasi, dan air minum).

Sedangkan untuk target Sasaran Pembangunan Kabupaten Cilacap Tahun 2022 yaitu , Kemiskinan 12,94%, Pertumbuhan ekonomi 4,15% – 5,15%, Inflasi 3,5% – 5,5%, Indeks Pembangunan Manusia 69,30%, Indeks Pembangunan Gender 87.02%, Indeks Pemberdayaan Gender 63,71%, Tingkat Pengangguran Terbuka 5,5% – 5,9%.

“Mudah-mudahan banyak proyek-proyek di Cilacap, ada RJMP dan sebagainya. (Karena) biasanya seperti itu, ketika ada proyek skala nasional maka pengangguran di Cilacap turun drastis, namun ketika proyek selesai maka pengangguran semakin meningkat,” jelasnya.

Kepala Bappeda Provinsi Jawa Tengah melalui Kabid Pemerintahan dan Sosial Budaya Edi Wahyono secara virtual turut menjabarkan tentang Sasaran dan Prioritas Pembangunan Daerah provinsi Jawa Tengah Tahun 2022.  Sedangkan perihal kebijakan pendanaan pembangunan infrastruktur wilayah Jawa Tengah Bagian Selatan dan Pelaksanaan Pepres Nomor 79 Tahun 2019 disampaikan oleh Narasumber dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Bappenas Jayadi.

Sementara itu, menjelang hari jadi Kabupaten Cilacap ke 165, Bupati Tatto Suwarto Pamuji mengajak untuk berintrospeksi perihal pembangunan di Cilacap dari masa ke masa dan berharap agar nantinya dapat mewujudkan Cilacap yang lebih baik.“Yaitu bagaimana mengimplementasikan, menjabarkan cita-cita pendiri Cilacap yaitu dengan Bangga Mbangun Desa. Untuk itu, kita harus sama-sama bekerja dengan semangat walaupun sedang dalam masa pandemi Covid-19,” jelasnya.

Acara tersebut kemudian diakhiri dengan penandatanganan berita acara pelaksanaan hasil kesepakatan Musrenbang RKPD Kabupaten Cilacap Tahun 2022 oleh Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman dan Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Farid Ma’ruf serta dengan para undangan yang hadir dalam acara tersebut. (HARYANTI/KOMINFO)

 

Posting Komentar

0 Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA