Ticker

6/recent/ticker-posts

Serah Terima Pamsimas Tahun 2020 Bertempat di Aula Pemkab OKU Selatan


OKU Selatan, NUANSA POST

Mewakili Bupati OKU Selatan Popo Ali M.,B.Com., Sekretaris Daerah OKU Selatan H. Romzi, S,E., M.SI., hadiri acara Serah Terima Pamsimas Tahun 2020, Bertempat di Aula Pemkab OKU Selatan. Jum'at 18/12/20

Dalam acara di hadiri Kepala Balai Prasarana dan Pengembangan Wilayah, PC Roms Provinsi Sumatera Selatan, DC Roms OKU Selatan, Kepala Dinas PU TR, Kepala Bapenda Litbang, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas PMPD, Para Kepala Desa terkait yang mendapat undangan.

Kepala Dinas PU TR Farid Effendi S.T melaporkan, menyampaikan Program Pamsimas telah dilaksanakan dari Tahun 2008 sampai Tahun 2020 sebanyak 195 Desa, 184 Desa berfungsi baik, 4 Desa berfungsi sebagian dan 7 Desa tidak berfungsi. Desa yang berfungsi sebagian dan yang tidak berfungsi akan diperbaiki melalui program Hibah khusus Pamsimas (HKP) di Tahun 2021.


Program Hibah khusus Pamsimas merupakan bentuk kepedulian Pemerintah terhadap beberapa sarana dan prasarana air minum yang tidak berfungsi atau berfungsi, sebelumnya terdapat 18 Desa yang tidak berfungsi atau berfungsi sebagian, 14 desa sudah diperbaiki tahun 2019. Pemerintah saat ini sedang berkonsentrasi untuk mengurangi itu dengan sasaran 4 desa yaitu Desa Gunung Gare, Desa Sukabumi, Desa Tanjung Harapan, dan Tanjung Sari yang merupakan Sharing APBD tahun 2019 yang di Realisasikan Tahun 2020.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Selatan Achmad Irwan Kusuma, S.T.,M.T. menyamapaikan Program Pamsimas merupakan Stimulan bagi Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Desa, karena sesuai kebijakan otonomi daerah, bidang air minum dan sanitasi merupakan kewajiban Pemda. Selanjutnya keberfungsian dan keberlanjutan sarana SPAMS ini.


Program infrastruktur berbasis masyarakat dengan pola pendekatan pelaksanaan melalui pemberdayaan, telah memfasilitasi pembentukan kelembagaan, di tingkat desa dengan KKM ( Kelompok Keswadayaan Masyarakat), dan KPSPAMS (Kelompok Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi), di tingkat Kabupaten dengan asosiasi pengelola SPAMS perdesaan.

Dalam Sambutan Bupati OKU Selatan yang diwakili Sekretaris Daerah juga menyampaikan Seluruh Jajaran Pemerintah Daerah Berkomitmen terhadap Peningkatan Akses kepada layanan air minum dan sanitasi yang layak dan berkelanjutan. Adapun indikator Perwujudan akses 100% layanan untuk air minum, yaitu adanya 85 % populasi terlayani akses kepada air sejalan dengan prinsip 4K, (Kualitas, Kuantitas, Kontinuitas, dan Keterjangkauan ) dan 15% lainnya terlayani sesuai dengan layanan kebutuhan dasar. sedangkan untuk sanitasi yaitu tercapainya 100% layanan sanitasi, yang berarti 85% populasi akan terlayani sesuai dengan standar layanan, dan 15% populasi akan terlayani sesuai dengan kebutuhan dasar.

Untuk mendukung penyediaan layanan air minum dan sanitasi sesuai dengan target akses Universal, salah satu Program Pemerintah yang diunggulkan untuk penyediaan layanan air minum dan sanitasi di wilayah perdesaan adalah program Pamsimas. Program Pamsimas menyediakan dukungan baik untuk Investasi Fisik melalui pembangunan sarana dan prasarana, maupun investasi non fisik dalam bentuk dukungan teknis dan peningkatan kapasitas.

Atas nama Pemerintah OKU Selatan sangat Mengapresiasi kepada semua pemangku kepentingan yang telah bersusah payah untuk mewujudkan suksesnya program ini. ( BAS, /ROFI )

 

Posting Komentar

0 Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA